Comscore Tracker

5 Fakta Comic Sans, Font yang Paling Banyak Dibenci di Internet

Sebagian orang menyebut font ini kekanak-kanakan

Sedari kecil, kita telah mengenal berbagai jenis font, mulai dari Times New Roman, Arial, Helvetica, Calibri sampai Comic Sans. Namun, di antara semua jenis font, mungkin hanya Comic Sans yang paling banyak dibenci. Font ini dibuat oleh Vincent Connare, seorang mantan karyawan Microsoft.

Mengapa font Comic Sans dibenci oleh banyak orang dan apa alasan di baliknya? Tuntaskan rasa penasaranmu dengan membaca artikel ini!

1. Dibuat untuk Bob, game Microsoft untuk anak-anak

5 Fakta Comic Sans, Font yang Paling Banyak Dibenci di Internettaat.pl

Bagaimana sejarah terciptanya Comic Sans? Mari kita mundur ke tahun 1995, di mana Bill Gates meminta ke Vincent Connare untuk menciptakan font yang tepat untuk Bob, game Microsoft untuk anak-anak.

Sebelumnya, game ini memakai font jenis Times New Roman, yang tergolong kaku dan terlalu serius untuk ukuran game anak-anak. Sehingga, perlu font baru yang lebih dinamis, santai, fun dan lebih sesuai untuk usia mereka.

Vincent Connare terinspirasi dari novel grafis seperti Batman: The Dark Night Returns. Inilah inspirasi terbesarnya dalam membuat font Comic Sans. Comic Sans menitikberatkan pada gaya handwritten, playful dan santai. Pada akhirnya, Comic Sans tidak dipakai di Bob, game Microsoft, tetapi justru menjadi lebih sukses dari yang Connare pikirkan.

2. Membantu para orang yang mengalami disleksia

5 Fakta Comic Sans, Font yang Paling Banyak Dibenci di Internetdonnedwards.openaccess.co.za

Menurut Lauren Hudgins dalam laman The Cut, Comic Sans adalah salah satu font terbaik untuk penderita disleksia. Lebih lanjut, Lauren menceritakan saudara perempuannya yang mengalami ketidakmampuan belajar, merasa terbantu dengan adanya font Comic Sans ini. Hasilnya, saudaranya berhasil meraih gelar dalam bidang biologi kelautan.

Bukan hanya itu, Comic Sans mendapat pengakuan dan rekomendasi dari Asosiasi Disleksia Inggris dan Asosiasi Disleksia Irlandia. Menurut mereka, ini adalah font terbaik untuk penderita disleksia karena memiliki disambiguasi karakter dan variasi ketinggian huruf.

Maka dari itu, membenci Comic Sans tanpa alasan adalah sebuah bentuk ketidakpedulian pada jutaan orang yang mengalami disleksia.

Baca Juga: 8 Fakta Sejarah Komik, Asal Muasal Gambar Bercerita yang Fenomenal Ini

3. Comic Sans sangat populer pada awal kemunculannya

5 Fakta Comic Sans, Font yang Paling Banyak Dibenci di Internetm.eldiario.es

Sebelum bervariasinya font seperti sekarang, Comic Sans cukup populer di awal kemunculannya. Orang-orang memakai Comic Sans untuk komik, kartu ulang tahun hingga video games untuk anak-anak.

Saat semakin populer, mereka bahkan memakai Comic Sans sebagai font di batu nisan neneknya dan banner komersil berukuran besar, ungkap Casper van Alfen dalam laman Medium miliknya.

Alasannya adalah dulu Comic Sans termasuk font yang gratis yang tersedia di Microsoft. Kebanyakan orang di masa itu memiliki pekerjaan yang membosankan dan ingin memberi sedikit keceriaan lewat font ini.

Mereka bosan dengan font yang terlalu serius, sehingga memakai Comic Sans untuk email dan laporan pekerjaan. Namun, hal ini menuai kritik karena tidak sesuai dengan penempatan dan tujuan awal font ini diciptakan.

4. Menurut para desainer, Comic Sans melanggar aturan tipografi

5 Fakta Comic Sans, Font yang Paling Banyak Dibenci di Internetmichoncreative.co.uk

Ada alasan tersendiri mengapa Comic Sans menerima banyak kritik. Salah satunya adalah font ini dianggap melanggar aturan tipografi. Berbeda dengan font Arial atau Helvetica yang geometris dan simetris, Comic Sans cenderung asimetris. Selain itu, banyak orang yang tidak bisa menempatkan Comic Sans sesuai porsinya.

Misalnya, Comic Sans cocok digunakan sebagai laporan tingkat sekolah dasar atau kartu ulang tahun anak-anak, tetapi tidak pantas dipakai untuk tujuan yang serius.

Contohnya, seperti resep dokter atau kartu tanda belasungkawa. Ini karena Comic Sans dianggap sebagai font yang santai, menyenangkan dan terkesan kurang serius. Kamu harus bisa membedakan penggunaan font ini sesuai situasi, kondisi dan konteksnya, ya!

5. Vincent Connare pun merespon ketidaksukaan orang-orang terhadap font ciptaannya

5 Fakta Comic Sans, Font yang Paling Banyak Dibenci di Internetcampaignlive.co.uk

Ada banyak kritik dan caci maki yang ditujukan orang-orang terhadap Comic Sans. Misalnya, menurut kampanye Ban Comic Sans Manifesto, menyebut bahwa Comic Sans terlihat konyol, kekanak-kanakan, naif, tidak dewasa dan tidak sopan, ungkapnya dalam laman Independent. Sementara, menurut Holly Combs yang juga seorang desainer grafis, font ini terlihat seperti tidak didesain dengan baik.

Lalu, Vincent Connare pun merespon balik atas anggapan publik terhadap Comic Sans. Dalam pernyataannya di laman The Wall Street Journal, ia mengatakan bahwa "Jika Anda menyukainya, (berarti) anda tidak tahu banyak soal tipografi. Jika Anda membencinya, Anda tidak tahu banyak tentang tipografi dan Anda harus mencari hobi lain."

Nah, itulah 5 fakta menarik tentang Comic Sans, font yang paling banyak dibenci oleh orang-orang di internet. Semoga informasi singkat ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Ketika Membeli Mouse Komputer

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya