Comscore Tracker

5 Galaksi Terbesar di Alam Semesta, Kamu Harus Tahu!

Ukurannya ribuan kali lebih besar dari Galaksi Bima Sakti!

Alam semesta memiliki bagitu banyak galaksi bahkan belum semua galaksi di alam semesta ini dapat ditemui oleh para peneliti. Jika kita biasanya hanya mengetahui Galaksi Bima Sakti, tempat di mana bumi kita berada yang memiliki diameter sekitar 100 ribu tahun cahaya, ternyata beberapa galaksi ini memiliki ukuran ribuan kali lebih besar darinya yang besarnya di luar nalar manusia.

Berikut 5 galaksi terbesar di alam semesta yang harus kamu tahu!

1. IC 1101

5 Galaksi Terbesar di Alam Semesta, Kamu Harus Tahu!parsseh.com

IC 1011 diketahui menjadi galaksi terbesar di alam semesta dengan diameter 4 juta tahun cahaya dengan jarak 1.045 miliar tahun cahaya dari bumi. Galaksi eliptis super raksasa di pusat gugus Abell 2029 ini diperkirakan sekitar 2000 kali lebih besar dari Galaksi Bima Sakti, dan juga memiliki lubang supermasif terbesar yang diketahui manusia.

2. Hercules A

5 Galaksi Terbesar di Alam Semesta, Kamu Harus Tahu!nasa.gov

Hercules A dikenal sebagai objek pemancar radio paling terang di konstelasi Hercules, Hercules A memancarkan hampir 1 miliar kali lebih banyak kekuatan dalam panjang gelombang radio daripada matahari.

Galaksi Hercules A memiliki diameter 1,5 juta tahun cahaya dengan jarak 2,1 miliar tahun cahaya dari bumi. Diketahui juga Galaksi Hercules A lebih dari 1.000 kali lebih besar dari Galaksi Bima Sakti.

Baca Juga: Ini 5 Misteri Galaksi Bima Sakti, Tempat Tinggal Kita di Alam Semesta

3. Abell 2261

5 Galaksi Terbesar di Alam Semesta, Kamu Harus Tahu!spacetelescope.org

Abell 2261 atau biasa juga disebut A2261-BCG merupakan galaksi elips besar dan paling terang di cluster Abell 2261. Galaksi Abell 2261 diperkirakan memiliki diameter 1 juta tahun cahaya dengan jarak 3 miliar tahun cahaya dari bumi.

4. ESO 306-17

5 Galaksi Terbesar di Alam Semesta, Kamu Harus Tahu!spacetelescope.or

ESO 306-17 merupakan galaksi elips raksasa kelompok fosil di konstelasi Columba. Galaksi ini berdiameter 1 juta tahun cahaya dengan jarak 0,5 miliar tahun cahaya dari bumi.

5. UGC 2885

5 Galaksi Terbesar di Alam Semesta, Kamu Harus Tahu!spaceinfo.com.au

UGC 2885 merupakan galaksi spiral yang berlokasi 313 juta tahun cahaya di konstelasi Perseus. Galaksi ini memiliki diameter 832 ribu tahun cahaya, sekitar 8 kali dari diameter Galaksi Bima Sakti. UGC 2885 memiliki jarak sekitar 313 juta tahun cahaya dari bumi.

Itulah 5 galaksi terbesar di alam semesta yang sudah ditemui oleh para peneliti sampai saat ini.

Baca Juga: Suka Menyendiri, Karakter 5 Galaksi Ini Layaknya Jomblo Berkualitas

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You