Comscore Tracker

5 Fakta Unik Cecak, Diam-diam Merayap hingga ke Penjuru Dunia

Ada di rumahmu, kan?

"Cecak cecak di dinding, diam-diam merayap..." Rasanya, orang Indonesia hafal dengan lagu anak-anak terkenal yang membahas tentang cecak itu. Ya, si reptil kecil mirip tokek ini memang sudah sejak lama menjadi "penghuni tetap" di rumah-rumah sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan sampai dibuatkan lagu khusus!

Kamu pun pasti sudah sering melihat, bahkan mungkin mengamati cecak berkeliaran di dinding rumahmu. Namun, apakah kamu sudah tahu beberapa fakta unik soal mereka? Kalau penasaran, baca ulasan berikut ini, yuk!

1. Spesies hewan apakah mereka?

5 Fakta Unik Cecak, Diam-diam Merayap hingga ke Penjuru Duniaflickr.com

Pertama-tama, mari kita cari tahu mereka sebenarnya spesies hewan apa? Secara taksonomi, cecak termasuk ke dalam famili Gekkonidae alias keluarga tokek. Genus mereka yaitu Hemidactylus yang terdiri dari beberapa spesies. Namun, spesies yang hidup di rumah-rumah manusia yaitu Hemidactylus frenatus.

Dalam bahasa inggris, cecak disebut house gecko alias tokek rumah. Sementara, sebutan bahasa Indonesia mereka yaitu cecak yang dipercaya berasal dari suara cak cak cak yang mereka keluarkan. Kamu mungkin hafal suara itu, kan?

2. Kenapa mereka membuat suara itu?

5 Fakta Unik Cecak, Diam-diam Merayap hingga ke Penjuru Duniawilsonperformancelab.com

Kebanyakan hewan reptil gak berisik, bahkan gak bersuara sama sekali. Lantas, kenapa cecak mengeluarkan suara yang cukup keras? DIlansir laman Reptile Follower, suara tersebut dikeluarkan cecak jantan untuk menandai wilayahnya dan untuk menarik perhatian betina.

Cecak juga terkadang akan mengeluarkan suara ini setelah menangkap mangsa. Tujuannya untuk mengusir cecak lain yang mungkin ingin merebut hasil buruannya. Kamu mungkin pernah melihat dua ekor cecak berantem sambil mengeluarkan suara berisik, kan?

Baca Juga: 12 Hewan Tidak Biasa Ini Dapat Dijumpai di Korea Selatan, Unik Banget

3. Punya kaki dan mata yang unik

5 Fakta Unik Cecak, Diam-diam Merayap hingga ke Penjuru Duniasciencesource.com

Beberapa bagian tubuh cecak juga mempunyai fakta yang cukup unik. Kaki mereka, misalnya, bisa menempel pada dinding dengan sangat mudah. Mungkin, kamu mengira itu karena ada semacam zat lengket di telapak kaki mereka, tapi sebenarnya bukan.

Dilansir laman Live Science, kaki cecak bisa menempel karena terdapat ratusan helai bulu halus yang disebut setae di telapaknya. Setiap helai setae tersebut lalu terbagi lagi menjadi ratusan helai spatulae yang lebih kecil lagi.

Memanfaatkan gaya tari elektromagnetik antara elektron di spatulae dan elektron di dinding, cecak pun bisa menempel dengan kuat.

Mata cecak juga unik karena tidak memiliki kelopak. Namun, sebagai gantinya, mata mereka memiliki sisik bening untuk melindunginya. Cecak juga bisa menjulurkan lidahnya untuk membersihkan matanya dari kotoran. Wow!

4. Ekornya yang bisa lepas merupakan tempatnya menyimpan cadangan makanan

5 Fakta Unik Cecak, Diam-diam Merayap hingga ke Penjuru Duniaaustraliangeographic.com.au

Kamu mungkin tahu bahwa cecak memiliki kemampuan untuk autotomi alias melepaskan ekornya ketika menghadapi bahaya dari predator. Cecak yang melepas ekornya bisa selamat dari predator, tapi mereka tetap mengalami kerugian besar.

Itu karena ekor cecak merupakan tempat mereka menyimpan cadangan makanan. Makanya, berdasarkan ukuran ekornya, kamu bisa melihat apakah seekor cecak cukup makan atau tidak. Di alam liar, cadangan makanan itu sangat berguna saat musim dingin ketika makanan sulit dicari.

5. Invasif, mereka kini tersebar di hampir seluruh dunia

5 Fakta Unik Cecak, Diam-diam Merayap hingga ke Penjuru Duniaflickr.com

Merupakan spesies asli dari Asia Tenggara, cecak kini telah tersebar di hampir seluruh dunia. Dilansir laman Animal Spot, mereka telah tersebar di Australia, Meksiko, Afrika Timur, Brasil, Amerika Serikat, dan lain-lain. Ya, cecak-cecak di dinding kini telah diam-diam merayap ke hampir seluruh bagian dunia!

Itulah lima fakta unik cecak yang mungkin belum kamu tahu. Gimana, sudah makin kenal dengan hewan yang sehari-hari kamu lihat berkeliaran di dinding rumahmu ini, kan?

Baca Juga: 5 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya