Comscore Tracker

Fungsi Trakea Sebagai Organ Pernapasan

Membuat proses pernapasan lancar

Fungsi trakea sebagai organ pernapasan pada manusia sangatlah penting, yakni mengalirkan udara menuju paru-paru. Trakea merupakan salah satu organ pernapasan bagian bawah, bersama dengan paru-paru, bronkus, bronkiolus, dan alveoli. 

Trakea terlihat seperti tabung panjang berbentuk U yang menghubungkan laring (kotak suara) ke paru- paru. Trakea juga sering disebut sebagai batang tenggorokan. Ukuran trakea kira-kira sekitar 11 cm dengan lebar 2,5 cm. 

Lalu, apa saja fungsi trakea sebagai organ pernapasan tubuh? Simak artikel berikut ini.

1. Membawa udara ke paru-paru

Fungsi Trakea Sebagai Organ Pernapasanilustrasi trakea (pixabay.com/kalhh)

Fungsi trakea yang utama ialah membawa udara ke paru-paru. Trakea berfungsi sebagai saluran utama yang dilalui udara dari saluran pernapasan bagian atas ke paru-paru.

Dilansir Kenhub, selain itu trakea juga melindungi saluran pernapasan dengan menghangatkan dan melembabkan udara dan mendorong partikel asing ke atas menuju faring untuk dikeluarkan.

 

2. Mengatur suhu udara di paru

Fungsi Trakea Sebagai Organ Pernapasanilustrasi paru-paru (pixabay.com/OpenClipart-Vectors)

Selain membawa udara ke paru-paru, trakea juga berfungsi untuk mengatur suhu udara yang akan masuk ke paru-paru. Dilansir Very Well Health, saat udara mengalir ke trakea selama inhalasi, udara akan dihangatkan dan dilembabkan oleh trakea sebelum memasuki paru-paru.

Saat cuaca panas, trakea akan menghangatkan udara yang masuk. Sementara ketika cuaca dingin, trakea akan mendinginkan udara yang masuk ke paru-paru.

3. Membantu menyaring benda asing

Fungsi Trakea Sebagai Organ Pernapasanfungsi trakea menyaring benda asing (Freepik.com/macrovector)

Sebagai organ pernapasan manusia, trakea juga melakukan banyak pekerjaan di waktu yang bersamaan. Cincin tulang trakea dilapisi oleh sel-sel yang memproduksi lendir. Selain itu, bagian ini juga dilapisi oleh silia (rambut-rambut kecil).

Dilansir Medical News Today, lendir di trakea tersebut membantu menangkap mikroorganisme seperti virus dan bakteri berbahaya sebelum udara masuk ke paru-paru. Hal tersebut yang membuat paru-paru tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Mudah Dilakukan

4. Membantu proses batuk

Fungsi Trakea Sebagai Organ Pernapasanilustrasi batuk (freepik.com/8photo)

Fungsi trakea selanjutnya adalah membantu proses batuk. Seperti yang sudah diketahui, saat batuk kita akan mengeluarkan lendir dan benda asing yang mengiritasi saluran pernafasan.

Dilansir Physiopedia, kontraksi otot polos dapat mempersempit diameter trakea. Saat batuk, tindakan tersebut menyebabkan udara bergerak lebih cepat melalui trakea yang membantu mengeluarkan lendir dan benda asing.

Penyempitan diameter trakea tersebut akan menaikkan tekanan udara sehingga udara bergerak lebih cepat dan terjadilah batuk.

5. Membantu sistem pencernaan tubuh

Fungsi Trakea Sebagai Organ Pernapasanilustrasi sistem pencernaan manusia (pixabay.com/bodymybody)

Selain fungsi-fungsi yang sudah disebutkan di atas, trakea juga berfungsi untuk membantu sistem pencernaan tubuh, loh. Trakea akan membantu sistem pencernaan manusia dari berbagai zat yang masuk ke dalam tubuh. Zat tersebut dihasilkan dari makanan yang telah dicerna sebelumnya. 

Dilansir aido health, ketika proses mencerna makanan terjadi, terdapat makanan yang bisa tersumbat di trakea. Karena hal tersebut seseorang akan merasa tersedak dan secara alamiah makanan tersebut dapat keluar dengan sendirinya melalui mulut.

Selain itu, tulang rawan berbentuk cincin memungkinkan trakea menciptakan ruang besar bagi kerongkongan untuk dapat mengembang, hal ini membuat kamu jadi lebih mudah menelan makanan. 

Itulah fungsi trakea sebagai organ pernapasan pada manusia. Karena fungsinya sebagai organ pernapasan sangat penting, kamu harus menjaga sistem kesehatan trakea, paru-paru, dan seluruh sistem pernapasan dalam tubuh.

Baca Juga: Cuci Hidung Ampuh Melindungi Saluran Pernafasan? Cek Faktanya  

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya