Comscore Tracker

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahui

Mulai dari UFO hingga masyarakat rahasia

Nazi Jerman adalah raksasa militer di masanya, di mana pasukannya yang terkenal, Wehrmacht, menjadi momok yang menakutkan bagi pasukan sekutu. Namun 74 tahun sejak jatuhnya Reich Ketiga, para sejarawan masih mencari penyebab "lonjakan" kekuatan militer Nazi.

Beberapa dari mereka mengajukan teori-teori yang masuk akal, sedangkan yang lain mengajukan ide-ide absurd yang lebih condong ke teori konspirasi. Walau tidak masuk akal, bagaimanapun, teori konspirasi ini mungkin telah menarik kepercayaan khalayak umum pada zamannya.

Dari UFO hingga masyarakat rahasia, berikut 10 teori konspirasi tentang Nazi yang harus kamu ketahui.

1. Insiden Hutan Hitam

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahuideviantart.com

Menurut berbagai laporan, sebuah pesawat telah mendarat di Hutan Hitam dekat Frieberg, Jerman pada tahun 1936. Tak lama setelah mendarat, pesawat itu langsung ditemukan oleh pasukan SS. Dikatakan bahwa pesawat itu berbentuk piring.

Benda itu diduga dibawa ke Kastil Wewelsburg, markas utama Reich Ketiga, tempat para ilmuwan terbaik Nazi membuat berbagai penemuan inventif. Banyak spekulasi tentang pesawat tersebut, salah satunya adalah kemungkinan bahwa itu adalah pesawat alien.

Bahkan sebuah artikel yang muncul pada tahun 2013 mengklaim bahwa ada "penumpang" yang selamat dari kecelakaan itu, tetapi langsung ditembak mati oleh SS. Artikel ini juga mengklaim bahwa pesawat itu bukan kendaraan alien, tetapi mesin waktu yang membawa manusia dari masa depan.

2. Haunebu Disc

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahuisquadron.com

Sejak tahun 1935, para ilmuwan Nazi telah memulai proses pengembangan piring terbang bertenaga antigravitasi. Piring terbang ini diduga diuji dan dikembangkan di barat laut Jerman, tepatnya di Kota Hauneburg, sehingga disebut Haunebu Disc, BETA Nazi atau piring terbang Nazi.

Pada tahun 1942, tiga tahun setelah uji penerbangan Haunebu pertama dilakukan, Haunebu II mulai dikembangkan. Haunebu II sedikit lebih besar dari model pertamanya, dan perbedaan utama di antara mereka adalah daya tahan penerbangannya.

Dikatakan bahwa Haunebu II dapat terbang selama 55 jam, sedangkan Haunebu I hanya sanggup bertahan selama 18 jam.

Kebenaran dari eksistensi Haunebu mungkin masih menjadi misteri, tetapi fakta bahwa para ilmuwan dan insinyur Nazi bereksperimen dengan sistem antigravitasi menunjukkan bahwa percobaan itu mungkin dianggap terlalu sulit untuk direalisasikan.

Baca Juga: 7 Teori Konspirasi Paling "Gila" yang Sempat Menghebohkan Dunia Musik

3. Die Glocke

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahuicommons.wikimedia.org

Dalam buku The Truth About The Wonder Weapon yang terbit pada tahun 2000, penulis Igor Witkowski mengklaim bahwa ia berhasil menerjemahkan dokumen-dokumen milik perwira SS, Jakob Sporrenberg, mengenai senjata rahasia Nazi.

Menurut Witkowski, dokumen-dokumen itu diberikan kepadanya oleh orang dalam dinas intelijen Polandia yang tidak disebutkan namanya. Dia diizinkan menerjemahkannya tetapi tidak diizinkan membuat salinan darinya.

Dokumen-dokumen itu merujuk pada Die Glocke — juga dikenal sebagai Nazi Bell, dan menjelaskan dengan sangat rinci bagaimana cara kerja dan kemampuannya. Bertempat di fasilitas militer bernama Der Riese, Die Glocke memiliki tinggi sekitar 5 meter dan lebar 3 meter.

Lonceng raksasa ini terletak di di bawah struktur batu bundar yang disebut "The Henge," yang masih ada sampai sekarang. Dikatakan bahwa lonceng ini juga memiliki simbol kuno seperti hieroglif di bagian bawahnya.

Ketika Die Glocke bergerak, diklaim bahwa penglihatan masa lalu dapat dilihat pada permukaannya yang seperti cermin. Beberapa orang bahkan menyatakan bahwa teknologi anti-gravitasi di dalamnya dapat membelokkan waktu dan ruang, dan inilah kegunaan sebenarnya dari Die Glocke. Singkatnya, itu adalah mesin waktu.

Die Glocke memang belum ditemukan, tetapi sebuah insiden tahun 1965 di kota Kecksburg, Pennsylvania, telah memancing para ahli konspirasi untuk membenarkan keberadannya. Laporan awal menyatakan bahwa benda yang berbentuk seperti lonceng tersebut telah jatuh di hutan dekat kota, dan memiliki simbol hieroglif yang aneh di bawahnya.

4. Ahnenerbe dan ambisi Himmler untuk menemukan peninggalan bangsa Arya

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahuiallthatsinteresting.com

Dikatakan bahwa Hitler terobsesi dengan peninggalan, teks-teks dan filosofi kuno, dan bahwa ia mengerahkan upaya ekstra untuk membawa benda-benda kuno yang sangat sakral seperti Cawan Suci, Tabut Perjanjian, dan Tombak Takdir.

Namun Heinrich Himmler lah yang memulai pencarian akan warisan leluhur bangsa Jerman lewat Ahnenerbe, kelompok yang terdiri dari para sarjana dan ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu akademik. Alasan kelompok ini dibentuk adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang ras Arya yang diyakini Himmler dulunya adalah penduduk Atlantis.

Tak hanya itu, Himmler juga mengklaim bahwa orang yang selamat dari bencana Atlantis telah melarikan diri ke utara, dan bahwa orang Jerman sejati adalah keturunan dari ras ini (Nordik). Secara pribadi, Himmler merasa bahwa bukti ini akan membuka jalan baginya untuk membangun agama Arya baru yang akan menggantikan agama Kristen.

Di bawah arahan Himmler, Ahnenerbe menjelajahi wilayah di seluruh dunia, termasuk Skotlandia, Islandia, Prancis, Afrika Utara, dan India. Lewat penelitiannya, Himmler percaya bahwa ia akan menemukan bukti bahwa orang-orang Tibet adalah keturunan asli dari bangsa Arya. 

Ia pun melakukan ekspedisi ke Tibet pada tahun 1939, mengamati penduduk setempat dan melakukan prosedur aneh seperti mengukur kepala seseorang untuk menentukan ras mereka yang sebenarnya.

Setelahnya, Himmler kembali ke Jerman dan merasa puas karena ia telah membuktikan teorinya. Ia merasa yakin bahwa keturunan ras Arya telah melemah karena sudah bercampur dengan penduduk asli Tibet.

5. Mencari pengetahuan dalam teks Sanskerta Kuno

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahuidetechter.com

Untuk membentuk ideologi mereka sendiri, Hitler dan Nazi beralih ke berbagai kepercayaan kuno dan pemikiran okultisme, salah satunya adalah teks-teks Sansekerta kuno.

Bahkan swastika, simbol ikonik yang berhubungan dengan simbol Nazi Jerman, "dicuri" dari budaya kuno tersebut. "Swastika" sebenarnya berasal dari bahasa Sanskerta, karena Nazi menyebut lambang mereka dengan nama Hakenkreutz.

Nazi sangat tertarik pada teks-teks Hindu kuno di India, karena mereka yakin bahwa ras Arya kuno telah menyerang negara itu pada zaman dahulu dan membuat sistem kasta di sana. Perlu dicatat bahwa mayoritas sejarawan sepenuhnya menolak gagasan ini dan menyatakan bahwa peradaban Arya tidak pernah ada.

Himmler juga dikatakan cukup mahir dalam membaca dan menerjemahkan teks-teks Sanskerta. Sebagai contoh, ia percaya bahwa rujukan pada "petir" dalam teks-teks ini sebenarnya berbicara tentang senjata kuno bangsa Arya, sebuah teknologi yang sangat ingin ia peroleh dan kuasai.

Baca Juga: 7 Pesan Moral yang Bisa Diambil dari Pemerintahan Nazi

6. Masyarakat Vril

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahuipinterest.com

Masyarakat Vril adalah sebuah komunitas rahasia, di mana Adolf Hitler dan anggota Nazi berpangkat tinggi lainnya masuk di dalamnya. Nama masyarakat dan filosofi mereka berasal dari buku fiksi ilmiah tahun 1871, The Coming Race karangan Bulwer Lytton.

Buku itu bercerita tentang peradaban yang sangat maju (Arya) yang dapat memanfaatkan Vril — inti energi alam semesta — dan menggunakannya untuk tujuan mereka sendiri. Masyarakat Vril, yang percaya bahwa mereka adalah keturunan langsung dari ras Arya, juga percaya bahwa mereka dapat menguasai dan memanfaatkan medan energi ini. 

Dikatakan pula bahwa Masyarakat Vril telah mendorong Hitler dan orang-orang berpengaruh lainnya di Partai Nazi untuk memulai pencarian mereka akan peninggalan dan teknologi kuno milik bangsa Arya.

7. Ekspedisi rahasia ke wilayah Antartika

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahuineverwasmag.co

Pada tahun 1938, Nazi mengirim kapal Schwabenland ke Antartika barat, dan pada saat yang sama mengklaim Swabia Baru sebagai wilayah mereka. Hal ini dilakukan untuk mengamankan wilayah perburuan ikan paus.

Namun bagi sebagian orang, ekspedisi ini telah menimbulkan banyak perdebatan tentang tujuan Nazi sebenarnya. Mereka percaya bahwa niat awal Nazi adalah untuk mendirikan pangkalan militer bernama Pangkalan 211 di Antartika. Nazi juga diduga sedang mencari jalan masuk ke "Bumi bagian dalam" yang mereka yakini sempat dihuni oleh ras Arya.

Hal ini semakin menarik, ketika seorang pria Alaska bernama Joe Watson baru-baru ini mengklaim memiliki surat dari seorang anggota kru Jerman yang menaiki kapal selam U-209.

Dalam surat itu, anggota kru mengklaim bahwa tujuan misi mereka adalah untuk menemukan lokasi Bumi bagian dalam. Catatan Jerman menunjukkan bahwa U-209 ada di daerah ini pada tahun 1943, tetapi kapal selam tersebut menghilang pada awal bulan Juli 1943.

Pada tahun 1943, Karl Donitz, yang bertanggung jawab atas armada U-Boat Jerman, menyatakan bahwa Jerman telah membangun kembali kapal selam mereka di bagian lain dunia — tanah Shangri-la, sebuah benteng yang tak akan tertembus oleh apa pun.

Beberapa bahkan mengklaim bahwa Hitler melarikan diri ke pangkalan Nazi di Antartika dan sama sekali tidak bunuh diri di dalam bunkernya di Berlin. Sementara klaim ini hampir pasti tidak benar, ada catatan resmi aktivitas Nazi di Antartika selama beberapa minggu sebelum mereka menyerah kepada pasukan Sekutu.

8. Mendapat bantuan dari Alien

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahuiexpress.co.uk

Pasukan Nazi mungkin cukup unggul dari pasukan Sekutu dalam hal teknologi dan persenjataan. Fakta ini membuat beberapa orang mengklaim bahwa mereka telah mendapat bantuan dari alien.

Memang terdengar gila, tetapi kisah-kisah itu sudah ada sejak Perang Dunia II berakhir. Kisah serupa diceritakan pada tahun 1970 oleh peneliti UFO, Allen Greenfield. Greenfield mengatakan bahwa dia telah bertanya kepada Dr. Wernher von Braun, yang menjelaskan bagaimana Jerman "meninggalkan" musuh-musuh mereka selama Perang Dunia II.

Menurut Greenfield, von Braun menjawab bahwa Nazi Jerman telah mendapat bantuan dari "mereka." Untuk klarifikasi, Greenfield bertanya apakah yang dimaksud adalah bantuan makhluk luar angkasa, dan von Braun langsung membenarkan pendapat itu.

Hermann Oberth, insinyur Jerman lainnya, juga membuat komentar serupa dalam buku Did Spacemen Colonize The Earth karya Robyn Collins. Oberth menyatakan bahwa Nazi tidak dapat mengambil kredit untuk kemajuan mereka di bidang ilmiah karena mereka telah dibantu oleh "orang-orang dari dunia lain."

Tentu saja, baik von Braun dan Oberth sudah lama meninggal, jadi tidak mungkin untuk memverifikasi salah satu dari klaim mereka.

9. Hitler telah dirasuki oleh Iblis

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahuiexpress.co.uk

Hermann Rauschning, penulis buku Hitler Speaks, menyebutkan bahwa pemimpin Reich Ketiga adalah media untuk roh-roh jahat atau bahkan Iblis sendiri. Hal ini terlihat saat Hitler akan berpidato, di mana ia terlihat seperti "kesurupan." August Kubizek, salah satu teman masa kecil Hitler, juga membuat sindiran serupa.

Dalam bukunya, The Young Hitler I Knew - The Memoirs Of Hitler's Childhood Friend, ia mengingat sebuah percakapan di mana Hitler berbicara tentang ambisinya untuk mengembalikan Jerman ke era kejayaan bangsa Arya. Kubizek menjelaskan bahwa seolah-olah ada orang lain yang berbicara dari dalam tubuh Hitler.

Bahkan dikatakan oleh beberapa anggota Gereja Katolik bahwa Paus Pius XII berusaha mengeksorsis Hitler, tetapi gagal. Baru-baru ini, tepatnya pada tahun 2006, Pastor Gabriele Amorth mengklaim bahwa Hitler hampir pasti dirasuki oleh Iblis.

10. Hitler berhasil lolos ke Amerika Selatan

10 Teori Konspirasi Menarik tentang Nazi yang Wajib Kamu Ketahuibusinessinsider.com

Pada tahun 2014, dokumen-dokumen FBI yang tidak diklasifikasikan menyatakan bahwa Adolf Hitler tidak bunuh diri di Berlin, tetapi berhasil melarikan diri ke Argentina. Dikatakan bahwa dia mendarat di Amerika Selatan dua minggu setelah Berlin jatuh ke tangan Sekutu.

Dokumen yang dideklasifikasi tersebut menyatakan bahwa FBI diberi tahu oleh seorang informan yang mencari suaka politik di Amerika Serikat. Diduga dibantu oleh pemerintah Argentina, Hitler menetap untuk sementara waktu di sebuah desa dekat Pegunungan Andes.

Sayangnya file-file itu menyimpulkan bahwa informasi yang mereka miliki tidak cukup untuk melanjutkan penyelidikan tersebut. Namun selang beberapa minggu sebelum file-file ini dirilis ke domain publik, sebuah foto yang diguga mirip Hitler ditemukan di internet.

Foto itu dirilis oleh seorang pemburu Nazi dan penulis yang percaya bahwa Hitler telah pergi ke Paraguay dari Argentina, sebelum akhirnya menetap secara permanen di Brasil. Foto ini diduga diambil pada tahun 1984, memperlihatkan Hitler tanpa kumis ikoniknya. Kemungkinan besar foto ini diambil dua tahun sebelum kematian Hitler pada usia 95 tahun.

Pada tahun 2009, arkeolog Nicholas Bellantoni diizinkan untuk melakukan tes DNA pada salah satu fragmen tengkorak Hitler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel DNA yang dianggap sebagai Hitler tidak cocok dengan fragmen tengkorak yang dimiliki oleh Rusia, yang diambil dari bunker-nya di Berlin. 

Nah, itu tadi 10 teori konspirasi tentang Nazi yang harus kamu ketahui. Walau belum terbukti benar dan kemungkinan besar adalah hoaks belaka, teori-teori di atas nampaknya cukup meyakinkan kita. Percaya atau tidak, semua dikembalikan lagi kepada para pembaca sekalian.

Baca Juga: 6 Angkatan Bersenjata Nazi yang Jadi Mesin Militer Hitler

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You