Comscore Tracker

Intip 5 Fakta Menarik Seputar Sumpit, Alat Makan Khas Asia Timur

Kamu suka pakai alat makan yang satu ini gak?

Siapa yang tidak mengenal alat makan yang satu ini? Rasanya hampir semua orang di luar Asia Timur telah mengenal alat makan unik ini.

Sumpit memang telah terkenal sebagai salah satu alat makan yang biasa digunakan masyarakat Asia Timur sekaligus sebagai identitas dari bangsa mereka sebab setiap negara umumnya memiliki varian sumpit yang berbeda meski pada fungsinya tentu saja sama.

Dibalik keunikan dari sumpit, sudah tahukah kamu fakta menarik seputar sumpit yang jarang orang ketahui? Simak yuk daftarnya berikut ini!

1. Terbuat dari kayu maupun logam

Intip 5 Fakta Menarik Seputar Sumpit, Alat Makan Khas Asia Timurarticture.com

Memang pada umumnya kita melihat bahwa ada beragam jenis varian sumpit yang berbeda, bahkan jika dibandingkan satu negara dengan negara lainnya.

Tiongkok umumnya menggunakan sumpit kayu, namun beberapa juga menggunakan bahan logam maupun plastik. Sementara Jepang dan Korea menggunakan sumpit logam agar dapat digunakan kembali.

Kemudian perbedaan mencolok ada pada sumpit Jepang yang cenderung lebih pendek sebab warganya yang memiliki kebiasaan mendekatkan mangkuk saat makan dan juga lebih lancip pada ujung agar bisa digunakan untuk memisahkan duri dari ikan.

2. Manfaat menggunakan sumpit

Intip 5 Fakta Menarik Seputar Sumpit, Alat Makan Khas Asia TimurUnsplash/Lily Banse

Dibalik keunikannya sebagai salah satu gaya hidup seseorang, sumpit ternyata memiliki segudang manfaat baik yang dapat berguna bagi kita khususnya untuk kalian yang memiliki niat untuk menurunkan berat badan.

Sumpit mampu melatih kita untuk tidak rakus saat makan sehingga mengoptimalkan kinerja lambung. Selain itu sumpit mampu mengontrol jumlah makanan yang kita konsumsi.

Baca Juga: Ini, Lho Bedanya Sumpit Jepang, China, dan Korea. Sudah Tahu?

3. Sejarah sumpit

Intip 5 Fakta Menarik Seputar Sumpit, Alat Makan Khas Asia TimurUnsplash/Square

Sumpit ternyata dikenal oleh masyarakat Tiongkok sekitar 3.000 hingga 5.000 tahun yang lalu. Alasan mengapa sumpit digunakan adalah karena bangsa Tiongkok menganggap bahwa alat makan tajam tidak boleh digunakan saat makan bersama karena akan merusak tali kekeluargaan bersama. Oleh sebab itu, sumpit dikenal sebagai identitas dari Asia Timur.

4. Cara menggunakan sumpit yang baik

Intip 5 Fakta Menarik Seputar Sumpit, Alat Makan Khas Asia TimurUnsplash/Chang Duong

Memang pada umumnya orang-orang di luar Asia Timur merasa bahwa menggunakan sumpit adalah sesuatu yang cukup sulit sehingga perlu adaptasi terlebih dahulu. Namun, sebenarnya menggunakan sumpit mirip seperti dengan menggunakan pensil dengan, yaitu melibatkan ibu jari, telunjuk, dan jari tengan. Jangan lupa, pPastikan batang sumpit diletakkan secara sejajar.

5. Sumpit penuh dengan etika dalam menggunakannya

Intip 5 Fakta Menarik Seputar Sumpit, Alat Makan Khas Asia TimurUnsplash/Marisa Harris

Tidak seperti alat makan lain, sumpit memiliki etika yang cukup banyak ketika menggunakannya. Beberapa etika tersebut adalah dengan melarang menggunakan sumpit untuk memukul-mukul meja, mendorong makanan, ditancapkan pada nasi, maupun untuk menusuk makanan meski pada beberapa menu seperti kimchi dengan porsi besar diperbolehkan untuk menusuknya.

Nah, 5 fakta unik seputar sumpit di atas dapat menjadi informasi bagi kamu tentang dunia kuliner. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Etika Menggunakan Sumpit yang Selama Ini Sering Diabaikan

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You