Comscore Tracker

Kucing 101: Kenapa Kucing Menyukai Kardus? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Ada alasan mendalam di balik perilaku sepele itu

Jika kamu memiliki kucing di rumah, kamu pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk mereka. Mulai dari makanan, rumah, hingga mainan. Ada berbagai macam mainan kucing yang dijual di pet shop. Mulai dari tikus karet, bola, mainan bulu, hingga sinar laser untuk dikejar. 

Begitu mainan baru disodorkan, eh, si kucing justru lebih tertarik pada kardus mainan itu. Hayo, kamu juga pernah mengalami masalah ini juga, gak? Kira-kira apa, sih, yang membuat kardus begitu menarik di mata kucing? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Kardus memberikan rasa aman pada kucing

Kucing 101: Kenapa Kucing Menyukai Kardus? Ini Penjelasan Ilmiahnya!catster.com

Kamu pasti tahu kan, kalau kucing dulu tinggal di hutan? Di satu sisi, mereka adalah predator bagi mamalia dan serangga kecil. Namun di sisi lain, mereka adalah mangsa bagi hewan-hewan buas lainnya. 

Itulah kenapa kucing memiliki insting bersembunyi yang kuat. Mereka harus bersembunyi ketika ingin mencari mangsa dan bersembunyi ketika berhadapan dengan predator. Untuk melakukan itu, mereka membutuhkan tempat tertutup. 

Naluri tersebut masih terbawa hingga saat ini. Walaupun sudah menjadi hewan rumahan, kucing tetap menemukan rasa aman di dalam wadah tertutup yang dalam hal ini berupa kardus. 

2. Kardus membantunya mengatasi stres

Kucing 101: Kenapa Kucing Menyukai Kardus? Ini Penjelasan Ilmiahnya!staticflickr.com

Ketika merasa stres, salah satu cara kucing untuk mengatasinya adalah dengan masuk ke dalam kardus. Hewan rumahan itu tidak memiliki strategi untuk mengatasi konflik, sehingga reaksi pertama mereka adalah lari dan bersembunyi. 

Seperti pada poin pertama, masuk ke dalam kardus memberikan rasa aman pada kucing. Mereka merasa bisa mengontrol masalah, terlindungi, dan lebih tenang di dalam sana. 

“Jika merasa berada dalam masalah, mereka akan datang ke tempat yang aman dan tertutup, di mana mereka bisa mengamati tapi tidak terlihat,” kata Marilyn Krieger, konsultan kucing di The Cat Coach. 

Baca Juga: Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Dunia

3. Kardus membantu kucing beradaptasi

Kucing 101: Kenapa Kucing Menyukai Kardus? Ini Penjelasan Ilmiahnya!catster.com

Studi tahun 2014 dari University of Utrecht menemukan bahwa kardus bisa membantu kucing beradaptasi dengan lebih baik. Mereka membandingkan reaksi kucing saat berada di lingkungan baru dengan kardus dan tanpa kardus. 

Hasilnya, kucing yang berada di lingkungan baru yang diberi tumpukan kardus bisa beradaptasi dengan lebih cepat dan baik. Kok bisa, ya? Peneliti tidak tahu apa alasannya. Namun sepertinya, ini ada hubungannya dengan rasa aman pada poin pertama. 

4. Kardus memberikan kehangatan

Kucing 101: Kenapa Kucing Menyukai Kardus? Ini Penjelasan Ilmiahnya!mobsocmedia.com

Berikutnya, kucing menyukai kardus karena kotak tersebut mampu memberikan kehangatan untuk mereka. Dilansir dari PetMD, suhu normal kucing berkisar antara 38 hingga 39 derajat celsius. 

Wadah yang terbuat dari karton, tertutup, dan kecil bisa memberikan kehangatan yang mereka butuhkan. Kucing yang bertubuh kurus, kecil, dan berbulu tipis lebih menyukainya daripada yang bertubuh besar dan berbulu lebat. Itulah kenapa kamu sebaiknya menaruh anak kucing di dalam kardus. 

5. Tempat terbaik untuk tidur

Kucing 101: Kenapa Kucing Menyukai Kardus? Ini Penjelasan Ilmiahnya!ultimatesindulge.com.au

Kardus juga merupakan tempat terbaik untuk tidur dan beristirahat di siang hari bagi kucing. Mereka tidak akan khawatir diganggu, merasa aman, dan hangat di sana. Maka jangan heran jika kucingmu menghabiskan banyak waktu di dalam kardus. 

Jika kamu ingin memberikan kenyamanan ekstra untuk mereka, kamu bisa tambahkan handuk tipis sebagai alas. Hal sederhana itu akan membuat mereka bahagia. 

Ternyata kucing gak perlu rumah dan mainan yang macam-macam kok. Cukup berikan kardus untuknya, mereka pun akan merasa aman, nyaman, dan terbebas dari stres. 

Baca Juga: Kucing 101: Ini 12 Ras Kucing Paling Langka yang Ada di Dunia

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya