Comscore Tracker

Cara Berbelanja Aman di Tengah COVID-19, Terbebas dari Virus Corona 

Apakah semua belanjaan harus didisinfeksi?

Di tengah wabah virus corona ini, terdapat peralihan gaya hidup pada masyarakat. Jelas saja, sebelumnya kita bisa ke mana-mana tanpa merasa waswas. Sedangkan saat ini, semua warga diimbau untuk melakukan physical distancing dan tetap berada di rumah kecuali jika ada kepentingan yang mendesak. 

Salah satu peralihan tersebut berada pada cara berbelanja atau grocery shopping. Kini banyak warga yang memilih untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online. Namun karena satu dan lain hal, kita masih perlu untuk berbelanja di pasar dan swalayan. Terutama untuk membeli makanan segar seperti sayur, buah, atau bahkan ikan.

Lalu bagaimana cara berbelanja yang aman walaupun kita keluar dari rumah? Apakah semua belanjaan harus disemprot cairan disinfektan begitu tiba? Yuk, simak penjelasannya berikut ini dilansir dari keterangan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) serta sumber lainnya!

1. Ketahui hal ini sebelum pergi ke pasar dan swalayan

Cara Berbelanja Aman di Tengah COVID-19, Terbebas dari Virus Corona oureverydaylife.com

Salah satu jalur penularan virus corona adalah melalui kontak dengan permukaan benda yang terkontaminasi. Namun penularan utama berasal dari kontak antarmanusia, menurut CDC. Jadi, kita masih bisa pergi keluar untuk berbelanja tapi kurangilah intensitasnya. 

Jika sebelumnya kamu harus belanja setiap hari, sekarang jadikanlah seminggu atau dua minggu sekali. Begitulah rekomendasi dari ahli nutrisi dan sains University of Washington, Anne Marie Gloster kepada Vox. Sekali keluar, beli semua kebutuhanmu agar cukup selama waktu tersebut. 

Selain itu, ketika kamu berbelanja, sebaiknya pergilah sendiri. Jangan ajak anak-anak maupun lansia. Semakin sedikit orang yang berkumpul di pasar atau swalayan, semakin baik. Kamu juga harus menjaga jarak minimal dua meter dengan orang lain.

2. Gunakan masker ketika pergi berbelanja

Cara Berbelanja Aman di Tengah COVID-19, Terbebas dari Virus Corona pexels.com/Anna Shvets

Seperti rekomendasi CDC, pemerintah, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), semua orang wajib mengenakan masker ketika berada di tempat publik. Masker yang direkomendasikan adalah yang terbuat dari kain. 

Pastikan kamu menaati anjuran ini, ya! Dengan menggunakan masker kamu lebih terproteksi dari droplet, meminimalkan sentuhan pada wajah, dan secara keseluruhan mencegah penularan COVID-19. 

Namun perlu diingat bahwa kamu tidak perlu berlebihan soal proteksi diri ini. Tak perlu sampai menggunakan alat perlindungan diri (APD) tenaga medis dan handscoon (sarung tangan lateks). Sebab tenaga medis lebih membutuhkannya daripada kita.

3. Tas belanja vs tas plastik, mana yang lebih baik?

Cara Berbelanja Aman di Tengah COVID-19, Terbebas dari Virus Corona earth.com

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang yang lebih memilih membawa tas belanja sendiri. Ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik. Namun apakah itu pilihan terbaik di tengah wabah seperti ini?

Menurut Environmental Protection Agency (EPA), lembaga perlindungan lingkungan AS, tas belanja masih menjadi pilihan yang terbaik. Namun mereka mengatakan bahwa kita harus mencucinya dengan air dan deterjen setelah pulang dari pasar atau swalayan. Jangan malas, ya!

Baca Juga: Virus Corona Bermutasi? Ini 7 Gejala Tak Biasa COVID-19 dari WHO

4. Cashless lebih baik

Cara Berbelanja Aman di Tengah COVID-19, Terbebas dari Virus Corona rediff.com

Jika kamu berbelanja di swalayan, sebaiknya hindari penggunaan uang tunai. Sebagai gantinya, bertransaksilah dengan kartu atau aplikasi e-wallet. Kenapa demikian? WHO sempat mengumumkan bahwa uang tunai mungkin menjadi salah satu cara penyebaran virus corona. Dengan mengurangi penggunaannya, kamu pun lebih terlindungi. 

Namun beda cerita jika kamu berbelanja di pasar tradisional. Kalau pasar yang kamu kunjungi sudah bisa menggunakan e-money atau sistem barcode, sebaiknya gunakan itu. Kalau tidak, tidak apa-apa menggunakan uang tunai, namun pastikan kamu cuci tangan dengan air dan sabun setelah sampai di rumah. Selama itu, jangan sentuh wajahmu, ya!

5. Haruskah kita mendisinfeksi belanjaan?

Cara Berbelanja Aman di Tengah COVID-19, Terbebas dari Virus Corona vox.com

Nah, pertanyaan terbesar adalah apakah kita harus mendisinfeksi barang belanjaan sesampainya di rumah? Banyak pendapat mengenai hal ini. Dilansir dari Healthline, profesor makanan dan nutrisi dari University of Georgia, Elizabeth L. Andress, PhD memiliki tip yang bisa kamu terapkan.

Ia mengatakan bahwa sebenarnya cukup aman kok untuk tidak mendisinfeksi barang belanjaan. Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencuci tangan setelah membongkar belanjaan.

Namun jika kamu masih khawatir akan kontaminasi virus dan bakteri, kamu bisa mengelap kaleng, plastik, dan boks barang-barang sebelum menyimpannya. Pindahkan makanan ke wadahmu sendiri, buang yang tidak perlu. Kamu juga bisa membersihkan meja atau permukaan lain yang telah tersentuh belanjaan. 

Andress mengatakan bahwa kita tidak perlu menyemprotnya dengan cairan disinfektan, terutama pada makanan. Kamu bisa keracunan jika melakukannya.

6. Cara membersihkan buah dan sayur yang benar

Cara Berbelanja Aman di Tengah COVID-19, Terbebas dari Virus Corona apartmenttherapy.info

Food and Drug Administration (FDA) memiliki rekomendasi mengenai cara membersihkan buah dan sayuran yang tepat. Pertama, sebaiknya jangan gunakan sabun karena zat kimia di dalamnya tidak baik jika tertelan.

FDA mengatakan bahwa sebaiknya kita membilas buah dan sayur dengan air dingin sebelum menyimpannya. Cara itu akan meluruhkan kotoran dan zat kimia yang menempel. 

7. Yang terpenting adalah cuci tangan

Cara Berbelanja Aman di Tengah COVID-19, Terbebas dari Virus Corona pexels.com/Burst

Mendisinfeksi belanjaan atau tidak sebenarnya tergantung pada dirimu sendiri. Asalkan jangan gunakan cairan tersebut untuk produk-produk makanan. Selain itu, yang paling penting adalah mencuci tangan dengan air dan sabun hingga benar-benar bersih setelah kamu menyimpan barang belanjaan. 

Nah, begitulah cara berbelanja dengan aman di tengah wabah COVID-19 ini. Jangan lupa untuk menerapkannya, ya, agar dirimu terhindar dari infeksi virus corona. Tetap ingat, waspada itu perlu tapi tidak usah berlebihan!

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com (http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona)

Baca Juga: Apakah Aman Pesan Makanan Online saat Wabah COVID-19? Ini Faktanya!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya