Comscore Tracker

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Rumahmu ketika Terjadi Petir

Supaya dirimu selalu aman

Salah satu sesuatu yang menakutkan ketika terjadi hujan lebat adalah petir. Petir terjadi karena perbedaan jumlah muatan listrik yang sangat besar antara awan dan permukaan bumi.

Petir melepaskan muatan negatif dari awan, lalu mempengaruhi keadaan arus listrik di permukaan bumi, termasuk di rumahmu. Jika kamu berada di rumah saat terjadi petir, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan untuk menjaga keselamatanmu dan peralatan di rumahmu.

Apa saja itu? Yuk, simak list berikut ini!

1. Tidak menggunakan telepon kabel

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Rumahmu ketika Terjadi PetirPexels/Pixabay

Jangan mencoba untuk menelepon melalui telepon kabel ketika terjadi petir. Sebab, muatan listrik yang berlebihan dari petir akan mengalir melalui kabel telepon sehingga telepon akan rusak. Tidak hanya itu, kamu juga bisa kesetrum loh!

2. Hindari berada di dekat jendela

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Rumahmu ketika Terjadi PetirPexels/Johan Bos

Jika kusen jendela rumahmu terbuat dari logam, maka kusen tersebut dapat menghantarkan arus listrik. Sebab, kebanyakan logam termasuk bahan konduktor atau dapat menghantarkan listrik dengan baik. Oleh karena itu, ketika terjadi petir, kamu dilarang berdiri atau duduk di dekat jendela karena arus listrik dapat mengalir menuju kamu!

Baca Juga: Ini 7 Jenis Petir yang Ada di Alam, Terlihat Keren tapi Berbahaya! 

3. Tidak berada di teras atau balkon rumah

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Rumahmu ketika Terjadi PetirPixabay/birgl

Secara alamiah, petir sangat cepat menyambar apa pun di ruang terbuka. Ketika kamu berada di ruang semi terbuka di rumahmu, seperti teras atau balkon, kamu akan berisiko terkena sambaran petir. Jadi, kamu harus berada di dalam rumah untuk menghindari dirimu dari sambaran petir. 

4. Tidak mandi menggunakan shower

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Rumahmu ketika Terjadi PetirPixabay/PublicDomainPictures

Jangan sekali-kali kamu mandi sewaktu terjadi petir. Sebab, arus listrik dari petir dapat mengalir melalui pipa airmu yang tersambung pada shower sehingga kamu dapat kesetrum. Lebih fatal lagi, shower tersebut dapat memercikkan api.

5. Mematikan peralatan elektronik yang tidak diperlukan

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Rumahmu ketika Terjadi Petirventsmagazine.com

Beberapa peralatan elektronik yang dicolokkan pada steker listrik akan berpotensi membawa arus listrik berlebihan ketika terjadi petir. Arus listrik tersebut akan mengalir menuju kamu jika kamu menggunakan dan memegang kabel listrik peralatan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak menyalakan peralatan elektronik yang tidak perlu ketika ada petir.

Nah, itulah pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan ketika terjadi petir. Hal-hal tersebut semata-mata untuk keselamatan dirimu yang lebih berharga dibandingkan apa pun di dunia ini.

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh ketika Disambar Petir, Mengerikan!

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya