Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!

Ada pembalap yang bakal debut di MotoGP juga

Gelaran MotoGP 2023 tuntas. Francesco Bagnaia sukses merengkuh gelar juara dunia setelah unggul 39 poin dari Jorge Martin di klasemen akhir pembalap. Perayaan juara semakin lengkap karena Bagnaia berhasil memenangkan main race GP Valencia yang berlangsung pada, Minggu (26/11/2023) malam WIB.

Kini, pembalap dan tim bersiap menyongsong MotoGP 2024. Tes di Valencia yang digelar, Selasa (28/11/2023) sore WIB, menjadi awal dari perjalanan musim baru MotoGP. Lantas, seperti apa daftar pembalap MotoGP 2024? Langsung simak hingga tuntas!

1. Ducati Lenovo Team (Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini (twitter.com/MotoGPtwitter.com/Bestia23)

Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini masih berada dalam skuad Ducati Lenovo Team musim depan. Kedua pembalap terikat kontrak hingga akhir 2024. Nantinya, Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini akan memakai motor Desmosedici GP24.

Francesco Bagnaia menuai hasil oke sepanjang MotoGP 2023. Tak hanya menyegel gelar juara pembalap, Pecco Bagnaia juga berhasil menduduki posisi pertama di kategori BMW M Award. Kategori tersebut mengacu pada hasil kualifikasi yang diperoleh pembalap selama satu musim balap. 

Sementara itu, Enea Bastianini mengalami musim kurang oke di MotoGP 2023. Ia dibekap cedera setelah mengalami insiden saat sprint race GP Portugal serta main race GP Catalunya. Alhasil, Bestia harus absen dalam sejumlah pekan balap sehingga kehilangan kesempatan meraih banyak poin. Enea Bastianini bertengger di posisi ke-15 dalam klasemen pembalap MotoGP 2023 setelah ia sukses mengumpulkan 84 poin.

Baca Juga: 6 Musim MotoGP yang Gelar Juara Dunianya Ditentukan di Seri Valencia

2. Red Bull KTM Factory Racing (Jack Miller dan Brad Binder)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Jack Miller dan Brad Binder (jackmiller43.com.aubradbinder33.com)

Tak hanya Ducati Lenovo Team, Red Bull KTM Factory Racing juga memertahankan susunan pembalap untuk MotoGP 2024. Jack Miller dan Brad Binder masih akan menunggangi RC16 dalam mengarungi kekatnya kejuaraan musim depan. Jack Miller memiliki kontrak hingga akhir 2024, sedangkan Brad Binder bakal bersama KTM hingga pengujung 2026.

MotoGP 2024 akan menjadi musim kedua Jack Miller bersama tim utama KTM. Pada MotoGP 2023, Jack Miller menuntaskan musim balap dengan berada di posisi kesebelas. Ia meraup 163 poin dengan prestasi terbaik adalah finis ketiga saat main race GP Spanyol. Selain itu, Jack Miller juga mampu 2 kali finis ketiga saat sprint race GP Spanyol dan Jerman.

Di sisi lain, MotoGP 2024 menandai musim kelima Brad Binder bersama Red Bul KTM Factory Racing. Performa Brad Binder di MotoGP 2023 mengalami peningkatan ketimbang musim 2022. Pembalap berkebangsaan Afrika Selatan mampu bercokol di peringkat keempat dalam klasemen pembalap musim 2023 lewat 293 poin. Ia mampu 5 kali finis di zona podium saat main race serta 2 kali finis terdepan ketika sprint race.

3. Aprilia Racing (Aleix Espargaro dan Maverick Vinales)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Aleix Espargaro dan Maverick Vinales (twitter.com/AleixEspargaroinstagram.com/maverick12official)

Aprilia Racing juga tak mengubah susunan pembalap mereka. Aleix Espargaro dan Maverick Vinales masih menjadi tumpuan tim utama pabrikan asal Noale, Italia, itu saat MotoGP 2024 bergulir. Kedua pembalap mempunyai masa kontrak hingga akhir 2024 mendatang.

Aleix Espargaro berhasil menuntaskan MotoGP 2023 di atas Maverick Vinales. Pembalap bernomor 41 itu berada di peringkat keenam lewat koleksi 206 poin. Ia unggul 2 poin dari Maverick Vinales yang bercokol di posisi ketujuh. 

Aleix Espargaro juga unggul jumlah kemenangan main race dari Maverick Vinales sepanjang musim 2023. Aleix Espargaro berhasil 2 kali finis sebagai pemenang di GP Inggris dan Catalunya. Sementara itu, Maverick Vinales gagal meraih kemenangan dengan hasil terbaik adalah finis runner-up di GP Portugal, Catalunya, dan Indonesia.

4. Monster Energy Yamaha (Fabio Quartararo dan Alex Rins)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Fabio Quartararo dan Alex Rins (instagram.com/fabioquartararo20twitter.com/Rins42)

Monster Energy Yamaha masih akan diperkuat Fabio Quartararo di MotoGP 2024. Akan tetapi, rekan setim Fabio Quartararo akan berubah musim depan. Alex Rins resmi bergabung ke skuad Yamaha setelah semusim memperkuat LCR Honda. Kedua pembalap terikat kontrak hingga akhir 2024.

Yamaha menjadi pabrikan ketiga yang diperkuat Alex Rins selama berkiprah di MotoGP. Sebelumnya, Alex Rins berada di Suzuki selama 6 musim dari 2017 hingga 2022. Kemudian, Alex Rins menyeberang ke tim satelit Honda meski hanya bertahan selama semusim. 

Sementara itu, MotoGP 2024 akan menjadi musim keempat Fabio Quartararo di tim utama Yamaha. Ia sudah bergabung ke Monster Energy Yamaha sejak 2021 lalu. Sebelumnya, El Diablo menghabiskan waktu di Petronas Yamaha SRT selama 2 musim.

5. Repsol Honda (Joan Mir dan Luca Marini)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Joan Mir dan Luca Marini (twitter.com/box_repsolflickr.com/vr46racingteam)

Seperti halnya Monster Energy Yamaha, Repsol Honda juga mengalami pergantian pembalap menyambut MotoGP 2024. Luca Marini kini menjadi bagian dari tim utama Honda dan akan menjadi rekan setim Joan Mir pada musim depan. Kepastian Luca Marini memperkuat Repsol Honda diumumkan, Senin (27/11/2023). 

Joan Mir memiliki durasi kontrak hingga akhir 2024. Sementara itu, Luca Marini akan berada di Repsol Honda hingga pengujung 2025. Ini menjadi kali pertama Luca Marini mengaspal menggunakan motor RC213V.

Sementara itu, MotoGP 2024 bakal menjadi musim kedua Joan Mir di tim utama Honda. Pada 2023, Joan Mir menjalani musim balap yang tidak mulus. Ia sempat absen karena mengalami cedera tangan akibat insiden saat sesi latihan GP Italia. Sebelum itu, Joan Mir juga mengalami cedera setelah mengalami kecelakaan ketika sprint race GP Argentina. Joan Mir merampungkan MotoGP 2023 di posisi ke-22 lewat koleksi 26 poin.

Baca Juga: 4 Pembalap MotoGP 2023 Tampil Sempurna di Sprint Race, Finis Terus!

6. Pramac Racing (Jorge Martin dan Franco Morbidelli)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Jorge Martin dan Franco Morbidelli (twitter.com/88jorgemartinyamahamotogp.com)

Jorge Martin masih memperkuat Pramac Racing di MotoGP 2024. Nantinya, ia akan bertandem dengan Franco Morbidelli yang berpisah dari Monster Energy Yamaha selepas MotoGP 2023. Jorge Martin dan Franco Morbidelli sama-sama memiliki masa kontrak hingga pengujung 2024.

Franco Morbidelli akan menunggangi motor Desmosedici untuk pertama kalinya sepanjang berkiprah di MotoGP. Pembalap berusia 28 tahun itu sebelumnya telah menghabiskan waktu selama 5 musim memakai motor YZR-M1. Franco Morbidelli juga pernah menunggangi motor RC213V ketika debut di MotoGP pada 2018 bersama EG 0,0 Marc VDS.

Sementara itu, Jorge Martin bakal menjalani musim keempat bersama Pramac Racing di MotoGP. Ia sudah berada di tim tersebut sejak debut di kelas utama pada 2021. MotoGP 2023 menjadi musim terbaik Jorge Martin sejauh ini saat memperkuat Pramac Racing. Ia mampu menempati posisi runner-up di klasemen pembalap sekaligus menyabet gelar pembalap tim independen terbaik.

7. VR46 Racing Team (Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi (gresiniracing.comflickr.com/vr46racingteam)

VR46 Racing Team juga kedatangan pembalap baru selepas ditinggal Luca Marini. Fabio Di Giannantonio akan menjadi tandem baru Marco Bezzecchi di tim milik Valentino Rossi tersebut. Diggia dan Bezzecchi sama-sama memiliki masa kontrak hingga akhir 2024 mendatang.

Nasib Fabio Di Giannantonio sempat menjadi teka-teki. Pasalnya, ia tergusur dari Gresini Racing setelah pihak tim merekrut Marc Marquez. Akan tetapi, Diggia secara resmi diperkenalkan sebagai pembalap VR46 Racing Team pada, Senin (27/11/2023).

Sementara itu, Marco Bezzecchi bakal menjalani musim ketiga bersama VR46 Racing Team pada 2024 mendatang. Sebelumnya, Marco Bezzecchi berhasil meraih gelar Rookie of The Year pada 2022 dengan tim yang saat ini dibelanya. Pada MotoGP 2023, Marco Bezzecchi mampu menembus posisi ketiga klasemen pembalap usai mengumpulkan 329 poin.

8. Gresini Racing (Marc Marquez dan Alex Marquez)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Marc Marquez dan Alex Marquez (twitter.com/marcmarquez93twitter.com/alexmarquez73)

Gresini Racing menjadi tim yang akan diperkuat Marc Marquez di MotoGP 2024. Marc Marquez akan mengisi kursi Fabio Di Giannantonio yang merapat ke VR46 Racing Team. Pemilik enam gelar juara MotoGP itu akan bertandem dengan adik kandungnya, yaitu Alex Marquez.

Kedua pembalap pernah berada dalam satu tim pada 2020 lalu di Repsol Honda. Sayangnya, Marc Marquez dibekap cedera selepas insiden di GP Spanyol sehingga absen hingga akhir musim. Nantinya, kedua pembalap akan menunggangi Desmosedici GP23 yang merupakan motor Ducati versi 2023. Marc Marquez bersaudara memiliki durasi kontrak hingga pengujung 2024.

MotoGP 2024 akan menjadi musim kedua Alex Marquez menjadi bagian dari Gresini Racing. Pada 2023, Alex Marquez mampu dua kali naik podium saat finis ketiga di main race GP Argentina dan menjadi runner-up di GP Malaysia. Ia menduduki posisi kesembilan dalam klasemen pembalap dengan perolehan 177 poin.

9. Aprilia Racing Independent Team (Miguel Oliveira dan Raul Fernandez)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Miguel Oliveira dan Raul Fernandez (instagram.com/88migueloliveirainstagram.com/raulfernandez_25)

Kabar mengejutkan datang dari CryptoDATA MotoGP Team. Komite seleksi MotoGP yang terdiri dari anggota FIM, IRTA, dan Dorna Sports mencoret tim tersebut dari kejuaraan musim 2024. Melansir MotoGP, alasan pencoretan tim satelit Aprilia itu adalah pelanggaran berulang serta adanya pelanggaran perjanjian partisipasi yang berdampak pada citra MotoGP.

Meski begitu, kontrak Miguel Oliveira dan Raul Fernandez tetap aman sebab kedua pembalap terikat kontrak langsung dengan Aprilia. Kedua pembalap memiliki durasi kontrak hingga 2024 di tim satelit pabrikan asal Italia tersebut. Berdasarkan entry list sementara, Miguel Oliveira dan Raul Fernandez berstatus sebagai pembalap Aprilia Racing Independent Team.

Komite seleksi MotoGP sedang melakukan peninjauan untuk tim independen baru yang nantinya akan memakai motor Aprilia. Hingga artikel ditulis, belum ada keputusan resmi yang dikeluarkan oleh pihak kejuaraan terkait siapa tim independen baru yang masuk. Meski begitu, tim diperkirakan akan tetap turun saat tes pramusim di Valencia pada, Selasa (28/11/2023) sore WIB.

10. LCR Honda (Johann Zarco dan Takaaki Nakagami)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Johann Zarco dan Takaaki Nakagami (instagram.com/pramacracingtwitter.com/takanakagami30)

LCR Honda kedatangan pembalap yang sebelumnya pernah berada di tim pada 2019. Sosok itu adalah Johann Zarco. Saat itu, Zarco menggantikan posisi Takaaki Nakagami yang menjalani operasi bahu. Pembalap asal Prancis itu turun dalam 3 balapan terakhir MotoGP 2019.

Johann Zarco akan bertandem dengan Takaaki Nakagami yang bakal menjalani musim keenam bersama LCR Honda. Johann Zarco dikontrak hingga akhir 2025, sedangkan Takaaki Nakagami bakal berada di tim sampai pengujung 2024. Ini menjadi kali pertama kedua pembalap berduet dalam satu tim yang sama.

Sejak bergabung dengan LCR Honda pada 2018, Takaaki Nakagami belum pernah meraih kemenangan. Prestasi terbaiknya saat balapan adalah finis keempat di GP Andalusia 2020, Eropa 2020, dan Spanyol 2021. Pada MotoGP 2023, Takaaki Nakagami berada di posisi ke-18 klasemen pembalap dengan raihan 56 poin.

11. GASGAS Tech3 (Augusto Fernandez dan Pedro Acosta)

Inilah Daftar Pembalap MotoGP 2024, Ada yang Pindah Tim!Augusto Fernandez dan Pedro Acosta (twitter.com/Afernandez37twitter.com/MotoGP)

GASGAS Tech3 kedatangan pembalap debutan dalam 2 musim beruntun. Setelah Augusto Fernandez, tim tersebut kini menyambut kehadiran Pedro Acosta yang baru saja merengkuh gelar Moto2 2023. Kedua pembalap nantinya akan berada di GASGAS Tech3 sampai akhir 2024 mendatang.

Duet Augusto Fernandez dan Pedro Acosta sejatinya bukanlah hal baru. Kedua pembalap pernah berada satu tim saat memperkuat Red Bull KTM Ajo di Moto2 2021. Oleh karena itu, musim 2024 menjadi momen kedua duet Augusto Fernandez dan Pedro Acosta di semua kelas kejuaraan MotoGP

Pedro Acosta menjadi satu-satunya pembalap debutan di MotoGP 2024. Itu berarti satu gelar sudah berada dalam genggaman pembalap 19 tahun itu sebelum kejuaraan dimulai, yaitu rookie of the year. Gelar tersebut juga diperoleh Augusto Fernandez di MotoGP 2023 dengan kondisi yang sama.

Sebanyak 22 pembalap akan saling beradu cepat di atas lintasan saat MotoGP 2024 bergulir. Menarik untuk menantikan sepak terjang daftar pembalap MotoGP 2024 di tim masing-masing dalam 22 seri balap. Siapa favorit kamu?

Baca Juga: Jorge Martin Siap Tebus Dosa di MotoGP 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya