Sebelum Korsel, Olimpiade Paralympic Pernah Diadakan di 4 Negara Ini

Sekarang ini hari pertama pergelaran olimpiade Paralympics lho

Hari ini, tanggal 9 Maret menjadi hari pertama diselenggarakannya Winter Paralympics 2018. Olimpiade ini berbeda dari ajang olahraga lainnya. Karena melombakan cabang olahraga yang biasa dimainkan saat musim dingin. Perhelatan Winter Paralympics diadakan setiap empat tahun sekali.

Tahun ini, acara bertempat di Pyoengchang, Korea Selatan. Nah berikut ini negara-negara yang pernah menjadi penyelenggara di tahun-tahun sebelumnya.

1.Salt Lake, Amerika Serikat - 2002

Kita mulai throwback dari tahun 2002. Pada tahun ini, olimpiade musing dingin dilaksanakan di Salt Lake, Amerika Serikat. Ajang ini diikuti oleh 416 atlet dari 36 negara. Ini adalah kali pertama olimpiade musim dingin dilaksanakan di benua Amerika.

Maskot yang diperkenalkan adalah Otto si berang-berang. Dari perhelatan ini, keluarlah Amerika Serikat sebagai juara umum tahun ini.

.2. Turin, Italy - 2006

Ajang Paralympics yang kesembilan ini, tahun 2006 diselenggarakan di Turin, Italia. Sama seperti ajang tahun sebelumnya, tahun ini juga menjadi pertama kalinya diadakan di Italia. Selain itu juga pertama kalinya digunakan logo Winter Paralympic yang baru. Maskot yang diusung adalah Aster yang mewakili bentuk butiran salju.

Pada ajang ini Rusia berhasil menjadi juara umum.

3. Vancouver dan Whistler, Kanada - 2010

Pada ajang ke-10, olimpiade ini kembali ke Benua Amerika. Khususnya bertempat di Kanada. Berbeda dari perhelatan sebelumnya. Kali ini perlombaan diadakan di dua lokasi yaitu Vancouer dan Whistler. Dengan mengusung tema "One inspire many", Paralympics ini diikuti 41 negara peserta. Dalam ajang yang ke-10, Rusia kembali berhasil menyabet gelar juara umum.

4. Sochi, Rusia - 2014

Setelah sebelumnya menyandang dua kali berturut-turut juara umum, Rusia kemudian menjadi tuan rumah Winter Paralympic ke-11. Moto yang diusung adalah "Hot, Cool, Yours" dan diikuti sejumlah 45 negara peserta.

Maskot dari ajang kali ini diberi nama Snezhinka and Luchik, yang berarti snowflake dan ray of light. Dalam ajang ini, Rusia kembali menjadi juara umum, dengan selisih medali cukup besar dari negara lain. Yaitu 80 medali atau selisih 55 medali dari sang runner up Ukraina.

Setelah melihat throwback Winter Paralympics di atas, jadi penasaran ya sama hasil ajang tahun ini! Kita doakan saja yang terbaik deh, untuk negara peserta! Semangat Winter Paralympics 2018!

Gardyges Photo Verified Writer Gardyges

Travel with smile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya