Sempat Tak Diterima, 5 Pembalap Ini Justru Selamat berkat 'Halo'

Terbaru, selamatkan nyawa Lewis Hamilton

Pertama kali diperkenalkan pada musim 2018, halo awalnya tak langsung disambut baik oleh para pecinta Formula 1. Hal ini dikarenakan desain halo yang membuat mobil Formula 1 tampak aneh dan dianggap mengganggu pandangan pembalap.

Namun, nyatanya penambahan perangkat ini terbukti bisa menyelamatkan nyawa pembalap dari kecelakaan fatal. Contoh terbaru adalah saat Lewis Hamilton tak mengalami cedera berarti usai mobil Max Verstappen mengenai bagian atas mobilnya. Berikut lima pembalap yang selamat karena adanya halo.

1. Tadasuke Makino

Sempat Tak Diterima, 5 Pembalap Ini Justru Selamat berkat 'Halo'Insiden antara Tadasuke Makino dan Nirei Fukuzumi pada ajang F2 GP Spanyol 2018 (thejudge13.com)

Pada musim 2018 tak hanya Formula 1 yang menerapkan perangkat halo, namun gelaran Formula 2 pun turut memakainya. Tak butuh waktu lama pada race ketiga di GP Spanyol, halo sukses menyelamatkan Tadasuke Makino dari kecelakaan fatal.

Kala itu terjadi insiden pada tikungan keempat yang melibatkan dirinya dengan rekan senegaranya, Nirei Fukuzumi. Hal ini mengakibatkan ban kiri belakang dari mobil Fukuzumi terbang ke arah cockpit Makino. Beruntungnya halo tersebut sukses menahan benturan fatal tersebut.

2. Alex Peroni

Sempat Tak Diterima, 5 Pembalap Ini Justru Selamat berkat 'Halo'Alex Peroni Crash pada ajang F3 GP Italia 2019 (foxsports.com.au)

Kecelakaan cukup mengerikan dialami oleh Alex Peroni pada ajang Formula 3 di sirkuit Monza, Italia. Mobilnya saat itu menginjak sausage kreb hingga menyebabkan melayang tinggi ke udara sebelum membentur dinding dengan sangat keras.

Hal ini menyebabkan bendera kuning langsung dikibarkan dan marshall berusaha mengecek keadaan Peroni. Kecelakaan ini mengakibatkan dirinya mundur dari sisa balapan yang ada akibat cedera. Jika tak ada halo, mungkin saja itu bisa menjadi balapan terakhir dalam kariernya.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik dari Debut Michael Schumacher di Formula 1, Apa saja?

3. Charles Leclerc

Sempat Tak Diterima, 5 Pembalap Ini Justru Selamat berkat 'Halo'Insiden antara Alonso dan Leclerc pada GP Belgia 2018 (theguardian.com)

Charles Leclerc menjalani musim pertamanya di Formula 1 bersama Sauber pada 2018. Namun, debutnya itu diwarnai insiden mengerikan pada GP Belgia di sirkuit Spa. Kala itu ia yang memasuki tikungan La Source tiba-tiba dikejutkan oleh mobil Fernando Alonso yang melayang diatasnya.

Bahkan roda bagian depan pembalap McLaren itu sempat menghantam halo milik Leclerc. Keduanya pun tak sanggup melanjutkan jalannya balapan akibat kerusakan pada mobil mereka. Hal ini semakin membuktikan betapa pentingnya penggunaan halo.

4. Lewis Hamilton

Sempat Tak Diterima, 5 Pembalap Ini Justru Selamat berkat 'Halo'Crash antara Hamilton dan Verstappen pada GP Italia 2021 (eurosport.co.uk)

Kejadian terbaru yang membuktikan betapa pentingya halo, terjadi pada GP Italia di sirkuit Monza kemarin. Saat itu dua calon kuat juara dunia, Lewis Hamilton dan Max Verstappen terlibat insiden ketika memasuki tikungan pertama.

Kala itu, meski Hamilton tak memberikan cukup banyak ruang, namun Verstappen tetap melakukan manuver demi kans menjadi juara dunia. Hal itu mengakibatkan mobil Verstappen menginjak sausage kreb yang mengakibatkan mobilnya terbang ke arah Lewis Hamilton.

Untungnya meski ban kanan belakang Max tepat berada di atas mobil Hamilton. Pembalap Inggris itu tak mengalami cedera berarti karena terselamatkan oleh adanya halo. Insiden ini juga membuat Verstappen terkena penalti turun tiga posisi pada seri selanjutnya di GP Rusia.

5. Romain Grosjean

Sempat Tak Diterima, 5 Pembalap Ini Justru Selamat berkat 'Halo'Kecelakaan yang dialami Romain Grosjean pada GP Bahrain 2020 (eurosport.co.uk)

Kecelakaan yang dialami Romain Grosjean pada GP Bahrain ini mungkin hal yang paling menunjukkan pentingnya halo. Kala itu Grosjean yang memasuki tikungan kedua mencoba menghindari mobil Daniil Kvyat. Namun, hal tersebut justru membuatnya menabrak dinding dengan sangat keras.

Kekuatan benturan tersebut bahkan setara dengan 67G. Api langsung berkobar dan membuat semua orang panik, namun tiba-tiba terlihat Grosjean Keluar dari kobaran api tersebut. Jika bukan karena halo mungkin itu akan menjadi kali terakhir ia balapan.

Pengenalan halo di ajang balap mobil Formula 1 terbukti telah menyelamatkan banyak nyawa pembalap. Meski awalnya kurang diterima, kini semua orang tahu betapa pentingnya perangkat ini untuk keselamatan pembalap.

Baca Juga: Menanti Balapan MotoGP dan Formula 1 di Sirkuit Mandalika

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya