Comscore Tracker

Ini "Rapor" Pemain Indonesia di Hari Pertama Malaysia Masters 2019

Tiga pasangan ganda campuran langsung tumbang

Turnamen bulu tangkis Malaysia Masters 2019, resmi dimulai Selasa (15/1/2019). Di hari pertama, turnamen BWF World Tour Super 500 berhadiah 350 ribu US Dolar ini mempertandingkan babak kualifikasi di semua nomor serta putaran pertama (round 1) di sektor ganda campuran.

Ada sembilan (9) pemain Indonesia yang tampil di hari pertama Malaysia Masters 2019 yang digelar di Stadium Axiata, Kuala Lumpur Sport City, Malaysia, baik di babak kualifikasi maupun di babak 32 besar. Sayangnya, tidak semua pemain Indonesia berhasil meraih kemenangan. Beberapa pemain ada yang langsung tersingkir. Berikut rapor pemain Indonesia di hari pertama Malaysia Masters 2019.

1. Chico kalah di kualifikasi, tunggal putra gagal menambah pemain di babak utama

Ini Rapor Pemain Indonesia di Hari Pertama Malaysia Masters 2019twitter.com/inabadminton

Indonesia gagal menambah wakil di sektor tunggal putra di babak utama Malaysia Masters 2019. Itu setelah salah satu wakil tunggal putra yang tampil di babak kualifikasi, Chico Aura Dwi Wardoyo, gagal melaju ke babak utama. Pemain kelahiran Jayapura, Papua berusia 20 tahun ini kalah tipis dari pemain tuan rumah, Iskandar Zulkarnain, 19-21, 19-21.

Kalah dengan hanya selisih dua poin tentunya menyesakkan. Namun, kekalahan tersebut diharapkan menjadi pelajaran bagi Chico untuk mengevaluasi penampilannya. Sehingga, dia bisa tampil lebih bagus di turnamen berikutnya.

Di babak utama Malaysia Masters, Indonesia memiliki tiga wakil. Yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Tommy Sugiarto. Mereka akan memulai penampilan di round 1 pada Rabu (16/1/2019).

2. Menang di kualifikasi, tunggal putri loloskan dua wakil ke babak utama

Ini Rapor Pemain Indonesia di Hari Pertama Malaysia Masters 2019badmintonindonesia.org

Hasil berbeda terjadi di tunggal putri. Dari dua pemain Indonesia yang tampil di babak kualifikasi, yakni Ruselli Hartawan dan Yulia Yosephin Susanto, keduanya berhasil lolos ke babak utama. Yulia menang mudah atas pemain Amerika Serikat, Disha Gupta dengan skor 21-17, 21-13. Sementara Ruselli mendapat perlawanan ketat dari pemain India, Rituparna DAS sebelum akhirnya menang 21-13, 26-21 dalam waktu 29 menit.

Dikutip dari badmintonindonesia.org, Ruselli mengaku sudah mengetahui gaya permainan lawannya tersebut. Meski, di game pertama, dia merasa kurang enak di lapangan. "Lawannya lumayan bagus, ada ngatur bolanya. Tapi karena saya sudah menonton video dia, jadi sudah lebih tahu,” kata Ruselli.

Dengan demikian, di sektor tunggal putri, Indonesia memiliki empat wakil yang tampil di babak utama. Sebelumnya sudah ada dua pemain yang mendapatkan 'tiket tampil' tanpa melalui jalur kualifikasi, yakni Fitriani dan Gregoria Mariska.

Menariknya, Yulia akan bertemu Fitriani di putaran pertama, Rabu (16/1/2019). Sementara Ruselli bertemu pemain Hongkong, Yip Pui Yin dan Gregoria bertemu lawan berat, Ratchanok Intanon yang merupakan juara bertahan.

Baca Juga: 5 Pemain Indonesia Bertemu Unggulan di R1 Malaysia Masters 2019

3. Sabar/Frengky lolos ke babak utama, langsung bertemu Marcus/Kevin di round 1

Ini Rapor Pemain Indonesia di Hari Pertama Malaysia Masters 2019www.djarumbadminton.com

Selain tunggal putri, ganda putra juga berhasil menambah satu wakil di babak utama lewat pasangan Sabar Karyaman/Frengky Wijaya Putra. Sabar/Frengky berhasil mengalahkan ganda Thailand melalui rubber game, 21-15, 18-21, 21-10 dalam waktu 45 menit.

Menariknya, di putaran pertama, Rabu (16/1/2019) besok, Sabar/Frengky akan langsung bertemu seniornya, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya yang merupakan unggulan 1. Selain dua pasangan ini, Indonesia juga masih memiliki Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf yang tampil di babak utama.

Sayangnya, sukses Sabar/Frengky lolos ke babak utama tidak diikuti ganda putri muda, Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto. Pasangan juara Asia junior 2018 ini kalah rubber game dari ganda China, Liu Xuanxuan/Xia Yuting. Sempat menang 21-18 di game pertama, Puji/Ribka kalah 18-21, 10-21 di game kedua dan ketiga.

4. Tiga ganda campuran Indonesia langsung tumbang di putaran 1

Ini Rapor Pemain Indonesia di Hari Pertama Malaysia Masters 2019badmintonindonesia.org

Sementara dalam nomor sektor ganda campuran yang dipertandingkan pada round 1 babak utama, kabar buruk menimpa Indonesia. Dari empat pasangan ganda campuran Indonesia yang tampil di hari pertama, tiga pasangan langsung tumbang. Yakni Rinov Rivaldy/Pitha Mentari, Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami dan Ronald/Annisa Saufika.

Rinov/Pitha yang merupakan juara dunia junior 2018, takluk rubber game dari ganda Jepang, Takuro Hoki/Wakana Nagahara, 9-21, 21-19, 17-21. Alfian/Marsheilla kalah dari ganda Thailand yang menjadi unggulan 2, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai 19-21, 12-21. Sementara Ronald/Annisa kalah dari ganda Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Hertrich 21-19, 17-21, 22-24.

Hanya pasangan dadakan, Tontowi Ahmad/Deby Susanto yang berahsil lolos ke putaran kedua. Meski baru dimainkan bersama, tetapi pengalaman dua pemain senior ini tidak perlu diragukan. Tontowi/Debby mampu menyingkirkan unggulan 8 asal Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith lewat kemenangan straight game 21-16, 21-17.

Di hari kedua Malaysia Masters 2019 yang akan dimainkan Rabu (16/1/2019), akan ada 21 pemain Indonesia yang tampil round 1 dari lima nomor (tunggal putra/putri, ganda putra/putri dan campuran). Semoga ada banyak pemain Indonesia yang berhasil lolos ke putaran dua.

Baca Juga: Jojo & Ginting Tampil Perdana, Ini 4 Fakta Turnamen Malaysia Masters 

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You