4 Kemenangan Penting Ganda Putra Indonesia di R1 Indonesia Open 2018

Duo Minions berhasil move on

Hari kedua turnamen BliBli Indonesia Open 2018 yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (4/7/2018) memunculkan beberapa fakta menarik. Utamanya terkait penampilan pemain-pemain ganda putra Indonesia di putaran pertama.

Ada enam ganda putra yang tampil di hari kedua. Hasilnya, tiga pasangan berhasil meraih kemenangan. Dengan begitu, dari 7 ganda putra Indonesia yang tampil di BliBli Indonesia Open 2018, empat pasangan berhasil melaju ke round 2. Hari ini akan berlangsung pertandingan round 2. Berikut 4 fakta kemenangan penting ganda putra Indonesia di putaran pertama BliBli Indonesia Open 2018.

1. Marcus/Gideon berhasil move on dari kegagalan di Malaysia Open 2018  

4 Kemenangan Penting Ganda Putra Indonesia di R1 Indonesia Open 2018twitter.com/inabadminton

Ganda putra unggulan 1 Indonesia Open 2018, Marcus Gidoen/Kevin Sanjaya mengawali turnamen World Tour Super 1000 ini dengan kemenangan. Marcus/Kevin memenangi 'pertarungan saudara' melawan seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lewat rubber game. Ganda ranking 1 dunia ini menang 21-16, 18-21, 21-10 dalam waktu 35 menit.

Kemenangan ini penting bagi Marcus/Kevin. Sebab, mereka berhasil move on setelah gagal di Malaysia Open 2018. Pekan lalu, Marcus/Kevin gagal mempertahankan gelar di Malaysia Open setelah tereliminasi di perempat final. 

Dikutip dari Badmintonindonesia.org, Kevin mengaku banyak belajar dari kekalahan di Malaysia Open sehingga bertekad untuk tampil lebih baik di Indonesia Open 2018. "Kemarin kami kalah dan kami banyak belajar dari kesalahan itu. Namanya permainan, kalau nggak kalah ya menang. Kami akan usaha perbaiki lagi di pertandingan selanjutnya," ujar Kevin.

2. Fajar/Rian berhasil mengalahkan ganda Jepang juara Malaysia Open 2018  

4 Kemenangan Penting Ganda Putra Indonesia di R1 Indonesia Open 2018twitter.com/inabadminton

Penampilan hebat ditunjukkan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di round 1 BliBli Indonesia Open 2018. Langsung menghadapi jadwal berat, bertemu ganda putra terbaik Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda yang pekan lalu menjadi juara Malaysia Open 2018, tidak membuat Fajar/Rian gentar. Fajar/Rian yang merupakan pasangan non-unggulan, justru tampil heroik.

Fajar/Rian berhasil menang rubber game 21-18, 14-21, 21-18 atas Kamura/Sonoda dalam waktu 1 jam. Kemenangan atas ganda putra Jepang unggulan ini sangat penting bagi Fajar/Rian, utamanya dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka setelah gagal di Malaysia Open 2018.  

 

Fajar mengaku keberhasilan mengalahkan Keigo/Sonoda karena menerapkan pola main no lob. Dengan kondisi lapangan yang berangin, mereka berani adu di permainan depan. "Kalau banyak pengembalian ke atas malah out atau tanggung, dari servis dan pukulan pembukaan harus bagus," ujar Rian dikutip dari Badmintonindonesia.org.

3. Angga/Ricky taklukkan penakluk Marcus/Kevin di Malaysia Open

4 Kemenangan Penting Ganda Putra Indonesia di R1 Indonesia Open 2018twitter.com/inabadminton

Hasil bagus diraih pasangan ganda Indonesia yang kembali rujuk, Ricky Karandasuwardi/Angga Pratama. Ya, untuk kali pertama kembali dipasangkan di BliBli Indonesia Open 2018 setelah 'diceraikan' sejak akhir tahun lalu, Angga/Ricky meraih kemenangan hebat. Angga/Ricky menang rubber game atas ganda China, He Jiting/Tan Qiang setelah melakoni pertandingan ketat selama 1 jam 2 menit.

Kalah 16-21 di game pertama, Angga/Ricky mampu menang 21-17 di game kedua. Di game penentuan, laga berjalan alot dengan diwarnai lima kali setting point. Angga/Ricky akhirnya menang dengan 26/24.

Selama dipisah, Angga dipasangkan dengan Rian Agung Saputro di ganda putra. Sementara Ricky dicoba untuk bermain di sektor ganda campuran bersama Debby Susanto. Di Indonesia Open 2018, Ricky tetap bermain dobel. Selain ganda putra, dia juga main di ganda campuran.

Pelatih ganda putra Indonesia, Herry IP mengaku terkejut dengan kemenangan Angga/Ricky, terutama kemampuan mengatasi poin-poin kritis. Herry IP memuji penampilan Ricky. "Setelah ke ganda campuran, dia lebih matang. Penempatannya lebih akurat, mainnya lebih tenang. Cuma tenaga tangannya yang masih harus ditambah," ujar Herry IP.

4. Berry/Hardianto ganda pertama yang lolos ke round 2  

4 Kemenangan Penting Ganda Putra Indonesia di R1 Indonesia Open 2018badmintonindonesia.org

Kemenangan penting juga diraih pasangan Berry Angriawan/Hardianto di round 1 Indonesia Open 2018. Berry/Hari yang bermain di hari pertama, Selasa (3/7/2018) menjadi ganda pertama Indonesia yang berhasil lolos ke round 2 setelah menang rubber game atas ganda China, Han Chengkai/Zhou Haodong.

Kalah tipis 20-22 di game pertama, ganda putra juara Australia Open 2018 ini berhasil bangkit di game kedua dan menang 21-18. Di game penentuan, Berry/HArdi kembali menang 21-18.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya