Sensasi Sorato Anraku Wonderkid Jepang, Baru 16 Tahun Bertabur Gelar

Debut, kemudian cetak sensasi sepanjang 2023

Jakarta, IDN Times - Kualifikasi Zona Asia IFSC 2023 menuju Olimpiade 2024 Paris di Jakarta tak cuma diramaikan persaingan dari para pemanjat senior. Justru, lahir bintang baru yang menjadi sorotan sepanjang event ini.

Dia adalah pemanjat asal Jepang, Soratu Anraku. Sepanjang event, Anraku menjadi sorotan karena kemampuannya yang luar biasa. Pun, sejumlah prestasi sudah dicetak oleh Anraku dan menjadi ancaman buat para pemanjat senior.

1. Debut di level senior pada 2023

Sensasi Sorato Anraku Wonderkid Jepang, Baru 16 Tahun Bertabur GelarWonderkid panjat tebing Jepang, Sorato Anraku (https://olympics.com/)

Anraku memang baru melakoni debut di level senior pada 20243. Tapi, dia sudah mengemas empat gelar juara dari 15 turnamen dalam nomor boulder dan lead yang diikutinya sepanjang tahun ini.

Tak heran kalau Anraku begitu berbakat. DNA-nya memang seorang pemanjat, karena sejak kecil sudah diperkenalkan olahraga ekstrem ini oleh sang ayah. Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar, Anraku sudah dibawa ayahnya ke gym dan tak butuh waktu lama untuknya mencintai cabang olahraga ini.

Melansir laman resmi IFSC, Piala Dunia panjat tebing 2023 seri Hachioji, Jepang, jadi turnamen level senior pertama yang diikuti Anraku. Turun di nomor boulder putra, dia finis di posisi lima dalam turnamen yang berlangsung pada April 2023 tersebut.

Bukan hal baru soal Jepang punya atlet yang mampu bersaing di level dunia. Namun, panjat tebing nyatanya belum sepopuler cabang olahraga lain seperti sepak bola, baseball, voli, tenis, atau bulu tangkis, di Jepang.

Melansir dari laman resmi Olimpiade, Sorato punya misi pribadi untuk membuat panjat tebing lebih luas dikenal di Jepang.

"Saya mau menyebarkan panjat tebing di kampung halaman dengan memenangkan gelar-gelar Piala Dunia," ujar Anraku di situs resmi Olimpiade.

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Asia Berebut Tiket Olimpiade di Jakarta

2. Bertabur gelar di tahun debut

Sensasi Sorato Anraku Wonderkid Jepang, Baru 16 Tahun Bertabur GelarWonderkid panjat tebing Jepang, Sorato Anraku (https://olympics.com/)

Baru debut, Sorato mampu bersaing dan bahkan menjadi ancaman baru untuk para pemanjat senior. Gelar level senior pertama Anraku diraih dari Piala Dunia 2023 seri Innsbruck, Austria, juga di nomor Boulder.

Pada Juli 2023 lalu, Anraku kembali juara Piala Dunia seri Briancon nomor lead putra. Catatan apiknya berlanjut pada September 2023. Sebanyak dua gelar juara diraih Anraku dari Piala Dunia seri Koper dan Wujiang masing-masing untuk nomor lead.

Sorato juga finis kedua di Piala Dunia seri Salt Lake City, Amerika Serikat saat turun di nomor Boulder boulder pada Mei 2023 lalu.

Selain itu, Sorato juga sudah pernah menjajaki Kejuaraan Dunia. Sorato meraih peringjat kedua Kejuaraan Dunia 2023 di Bern, Swiss pada nomor lead dan finis pada peringkat empat nomor boulder dan combine (boulder and lead), Agustus 2023 lalu.

Anraku juga sempat menjadi sorotan di negaranya setelah ikut menyumbang medali emas untuk Jepang saat turun berlaga di nomor boulder and lead dalam Asian Games 2022, Hangzhou.

3. Incar tiket Olimpiade 2024 Paris

Sensasi Sorato Anraku Wonderkid Jepang, Baru 16 Tahun Bertabur GelarWakil Jepang di Kualifikasi zona Asia (Asian Qualifier) 2023 untuk Olimpiade 2024 Paris (dok.FPTI/Hendra Nurdiansyah)

Anraku kini bertanding di Kualifikasi zona Asia IFSC 2023 yang berlangsung di GBK, Jakarta. Menembus final, Sorato memuncaki klasemen combine (boulder and lead) putra dengan capaian 184,6 poin.

Di semifinal, Sorato berhasil mencapai puncak dari dinding lead. Misi besar Anraku di Jakarta sudah pasti mengunci satu tiket Olimpiade 2024 Paris yang diperebutkan 15 negara. Bagi Anraku, Olimpiade akan jadi jalan ninjanya untuk membuat panjat tebing semakin dikenal.

"Saya mau bertanding di Olimpiade dan menang di sana sehingga semoga semakin banyak orang yang akan familiar dengan panjat tening. Saya ingin orang-orang makin tertarik dengan panjat tebing," ujar Anraku.

Baca Juga: Ravianto-Raviandi Siap Jajal Semifinal Panjat Tebing Asia 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya