PBSI Respons Ketidakpuasan Kevin Sanjaya: Kami Sudah Tahu

PBSI sudah tahu, tetapi gagal cegah Kevin pensiun

Jakarta, IDN Times - PBSI memberi respons terkait ketidakpuasan Kevin Sanjaya kepada federasi bulu tangkis Indonesia itu, sebelum dia memutuskan pensiun. Ternyata, federasi sudah mengetahui ketidakpuasan ini.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Ricky Soebagdja, jadi salah satu orang yang mengetahui ketidakpuasan Kevin ini. Akan tetapi, dia tidak bisa melakukan apa-apa, karena dia baru jadi Binpres pada Maret 2024.

"Saya baru punya wewenang sebagai Binpres itu bulan Maret, dan baru tanggal 6 April 2024 saya bertemu dengan Kevin. Jadi intinya pada saat ketemu saya di tanggal 6 itu, Kevin menyatakan mundur, pamit dari pelatnas," kata Ricky di Cipayung, Rabu (22/5/2024).

1. Kevin sudah bercerita panjang lebar

PBSI Respons Ketidakpuasan Kevin Sanjaya: Kami Sudah TahuKabid Binpres PBSI, Ricky Soebagdja. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ricky berujar, dalam pertemuannya dengan Kevin di Pelatnas PBSI, 6 April 2024 lalu, dia bercerita banyak hal. Salah satunya adalah alasan kenapa dia pensiun. Namun, Ricky tidak menjelaskan secara detail apa isi cerita Kevin.

"Banyak lah, panjang lebar. Saya tanya, gimana Vin (yakin pensiun)? Enggak bisa a saya, mungkin, ya sudah, kata saya," ujar Ricky.

Baca Juga: Profil Kevin Sanjaya Sukamuljo, Umumkan Gantung Raket

2. Kevin sudah mantap ingin pensiun

PBSI Respons Ketidakpuasan Kevin Sanjaya: Kami Sudah Tahupotret kenangan Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya (instagram.com/marcusfernaldig)

Dalam kesempatan tersebut, Ricky juga memperlihatkan kepada rekan-rekan media momen-momen pertemuannya dengan Kevin. Tampak pertemuan itu berlangsung hangat, dengan Kevin yang pada akhirnya sudah mantap pensiun.

"Dan sehari sebelumnya kita konferensi pers, malamnya saya tanya lagi, Vin gimana, besok saya akan sampaikan ke media, ada konferensi pers. Oke, kata dia," kata Ricky.

3. Kevin sempat curhat PBSI tak memberinya kejelasan

PBSI Respons Ketidakpuasan Kevin Sanjaya: Kami Sudah TahuKevin Sanjaya/Marcus Gideon di babak 16 besar India Open 2023 (pbsi.id)

Sebelum pensiun, Kevin sejatinya sempat berpasangan dengan partner baru, yaitu Rahmat Hidayat. Mereka sempat turun di ajang Korea Masters dan Jepang Masters 2023. Namun, Kevin merasa tidak cocok dengan Rahmat.

"Setelah itu, saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah kedepan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas," ujar Kevin.

Sayangnya, PBSI tidak memberikan kejelasan pada Kevin Sanjaya. Tak ada jawaban yang memuaskan, sampai akhirnya sosok yang kini berusia 28 tahun itu memutuskan gantung raket.

Baca Juga: Sederet Alasan Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulu Tangkis

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya