8 Macam Tangkisan dalam Pencak Silat, Ampuh Hadapi Lawan!

Mulai dari tangkisan lengan hingga tangkisan kaki

Tangkisan merupakan teknik pembelaan untuk mengalihkan, menghindari, dan menahan serangan dengan mengadakan kontak langsung dengan lawan. Sebagai teknik pertahanan, tangkisan berguna untuk menggagalkan serangan lawan. Secara umum, ada tiga macam tangkisan dalam pencak silat yang perlu dikuasai dengan baik.

Teknik tangkisan dapat dilakukan menggunakan tangan maupun kaki. Jenis teknik ini pun meliputi tangkisan satu lengan, dua lengan, siku, dan kaki. Untuk lebih rincinya, simak penjelasan tentang macam-macam tangkisan dalam pencak silat di bawah ini.

Baca Juga: 6 Perguruan Pencak Silat Indonesia yang Berkembang di Luar Negeri

1. Tangkisan satu lengan

8 Macam Tangkisan dalam Pencak Silat, Ampuh Hadapi Lawan!Tangkisan satu lengan sebagai tangkisan dalam pencak silat (freepik.com)

Tangkisan satu lengan dibagi ke dalam beberapa jenis. Berikut diantaranya:

  • Tangkisan dalam

Gerakan menahan serangan lawan dengan cara menggerakkan tangan dari luar ke arah dalam tubuh dikenal sebagai tangkisan dalam. Tangkisan dalam pencak silat ini ideal untuk membendung serangan lurus, terutama pukulan.

Bila tangan kanan digunakan sebagai penahan serangan, maka gerakan tangan berawal dari kanan ke arah kiri. Begitupun sebaliknya. Untuk melakukannya, persiapkan diri dalam sikap kuda-kuda tengah. Arahkan kedua tangan ke depan, kemudian tarik salah satu tangan sejajar dengan bahu dari luar menuju dalam.

  • Tangkisan luar

Kebalikan dari tangkisan dalam, tangkisan luar dilakukan dengan menggerakkan tangan dari dalam ke arah luar tubuh. Jenis tangkisan dalam pencak silat ini efektif menahan serangan lurus, misalnya pukulan dengan target lengan bawah bagian dalam.

  • Tangkisan atas

Selanjutnya ada tangkisan atas yang berguna untuk melindungi serangan yang menuju ke kepala. Gerakan tangkisan dalam pencak silat ini dipraktikkan dengan menarik salah satu lengan dari bawah ke atas dengan tangan lainnya bertugas melindungi dada.

  • Tangkisan bawah

Gerakan melindungi bagian kaki dan paha dari serangan lawan dikenal sebagai tangkisan bawah. Tangkisan dalam pencak silat ini dilakukan dengan menarik salah satu tangan dari atas ke bawah, sedangkan tangan lainnya melindungi bagian dada.

Baca Juga: 6 Kuda-kuda dalam Pencak Silat, Mana yang Paling Kokoh?

2. Tangkisan dua lengan

8 Macam Tangkisan dalam Pencak Silat, Ampuh Hadapi Lawan!Tangkisan dua lengan sebagai tangkisan dalam pencak silat (freepik.com)

Selain tangkisan satu lengan, ada juga tangkisan dua lengan yang dapat dipraktikkan untuk menghalau serangan lawan. Tangkisan dalam pencak silat ini terbagi menjadi dua, yaitu tangkisan dua lengan depan dada dengan telapak tangan dan dengan lengan bawah.

  • Tangkisan dua lengan depan dada dengan telapak tangan

Tangkisan dalam pencak silat ini dilakukan dengan memposisikan kedua tangan di depan dada. Selanjutnya, hadapkan kedua telapak tangan dengan jari-jari terbuka.

  • Tangkisan dua lengan depan dada dengan lengan bawah

Pada tangkisan dua lengan depan dada dengan lengan bawah, posisi kedua tangan mengepal di depan dada. Kemudian, optimalkan kedua lengan untuk menangkis serangan lawan.

3. Tangkisan siku

8 Macam Tangkisan dalam Pencak Silat, Ampuh Hadapi Lawan!Tangkisan siku sebagai tangkisan dalam pencak silat (freepik.com)

Jenis tangkisan dalam pencak silat juga mencakup tangkisan siku. Berbeda dengan tangkisan lengan, tipe tangkisan ini memerlukan keseimbangan kaki untuk menutup serangan lawan.

Adapun tangkisan dalam  pencak silat ini diawali dengan memutar badan 90 derajat ke arah kanan atau kiri. Selanjutnya, tangan yang mengarah ke arah lawan ditekuk ke atas menutup perut. Sementara itu, tangan yang berada dekat dengan lawan berlindung di belakang salah satu kaki yang diangkat.

Baca Juga: 5 Fakta Kyudo, Seni Bela Diri Panahan asal Jepang

4. Tangkisan kaki

8 Macam Tangkisan dalam Pencak Silat, Ampuh Hadapi Lawan!Tangkisan kaki sebagai tangkisan dalam pencak silat (freepik.com)

Tangkisan kaki berguna untuk menahan serangan ke arah tubuh bagian bawah dari kaki. Tangkisan dalam pencak silat ini dilakukan dengan cara menggerakkan lutut ke atas mengikuti arah serangan lawan.

Bila serangan lawan berasal dari arah kanan, maka gunakan lutut kanan untuk menangkis serangan. Begitupun sebaliknya. Menariknya, tangkisan dalam pencak silat ini dapat dikombinasikan dengan teknik hindaran atau elakan.

Itulah deretan macam tangkisan pencak silat yang perlu dikuasai ini mencakup tangkisan lengan, tangkisan siku, dan tangkisan kaki. Teknik silat ini efektif mengalihkan, menghindari, dan menahan serangan lawan. Yuk, pelajari.

Baca Juga: Sejarah Judo, Olahraga Bela Diri asal Jepang

Topik:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya