7 Manfaat Berenang Malam Hari, Tingkatkan Kualitas Tidur!

Mampu bakar 900 kalori, lho

Renang merupakan bagian dari olahraga akuatik yang mengandalkan seluruh komponen gerak tubuh di dalam air. Olahraga ini dilakukan dengan menggerakkan badan di air dan mengandalkan tangan dan kaki untuk mengapung di permukaan air. Meski umum dilakukan pada pagi dan sore, manfaat berenang malam hari tak kalah baik untuk kesehatan dan kebugaran

Sebagai olahraga yang bisa diajarkan pada semua umur, renang memiliki beragam gaya, misalnya gaya dada, bebas, kupu-kupu, dan masih banyak lagi. Tak hanya di kolam renang, renang juga dapat dijalani di sungai, laut, dan tempat luas lainnya yang dapat menampung banyak air.

Pemilihan jadwal renang di pagi dan sore hari biasanya dipengaruhi oleh jadwal kesibukan sehari-hari dan jam operasional kolam renang. Meski begitu, manfaat berenang di malam menyuguhkan keuangan tersendiri sebab dapat menghindarkan paparan sinar matahari dan merilekskan tubuh. Untuk lebih rincinya, simak sembilan manfaat berenang malam hari di bawah ini.

Baca Juga: Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang, Wajib Dilakukan! 

1. Menyehatkan jantung

7 Manfaat Berenang Malam Hari, Tingkatkan Kualitas Tidur!Menyehatkan jantung sebagai manfaat berenang malam hari (pexels.com/serjosoza)

Manfaat berenang malam hari yang bisa diperoleh selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Ketika berenang, detak jantung mengalami peningkatan, begitu pun paru-paru. Menurut studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology, jumlah udara yang masuk dan keluar dari paru-paru ketika berenang lebih baik dibandingkan pernapasan rileks saat lari.

2. Meningkatkan tinggi badan

7 Manfaat Berenang Malam Hari, Tingkatkan Kualitas Tidur!Meningkatkan tinggi badan sebagai manfaat berenang malam hari (pexels.com/olly)

Selain efektif melatih kekuatan jantung, manfaat berenang malam hari yang bisa kamu dapatkan selanjutnya adalah meningkatkan tinggi badan, khususnya bila rutin dilakukan saat masa pertumbuhan. Hal ini dikarenakan olahraga akuatik ini mampu membantu pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.

Baca Juga: 7 Olahraga Air yang Wajib Diketahui, Bukan Hanya Berenang

3. Melatih fleksibilitas

7 Manfaat Berenang Malam Hari, Tingkatkan Kualitas Tidur!Melatih fleksibilitas sebagai manfaat berenang malam hari (pexels.com/case-originals)

Karena melibatkan gerakan seluruh tubuh, berenang malam hari ideal sebagai latihan fleksibilitas. Melalui beragam gaya renang, otot-otot tubuh akan mengalami peregangan selama latihan berlangsung. Manfaat ini rupanya juga menurunkan risiko cedera tubuh.

4. Mengurangi paparan sinar matahari

7 Manfaat Berenang Malam Hari, Tingkatkan Kualitas Tidur!Mengurangi paparan sinar matahari sebagai manfaat berenang malam hari (pexels.com/jim-de-ramos-395808)

Salah satu manfaat berenang malam hari yang utama adalah meminimalisir paparan sinar matahari. Meski baik untuk kesehatan tubuh, paparan sinar yang bersifat berlebihan justru membahayakan kondisi kulit. Terlebih bila kulit terekspos dalam jangka waktu yang lama.

Walau menyegarkan, air tidak dapat menangkal radiasi sinar UV. Alhasil, berenang di malam hari bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi bila kamu tidak betah mengaplikasikan tabir surya. 

Baca Juga: Sejarah Renang di Dunia dan di Indonesia, Bikin Badan Sehat!

5. Membakar karbohidrat

7 Manfaat Berenang Malam Hari, Tingkatkan Kualitas Tidur!Membakar karbohidrat sebagai manfaat berenang malam hari (pexels.com/emily-rose-1076056)

Sebagai sumber energi utama, karbohidrat termasuk nutrisi tubuh yang tidak boleh terlewatkan. Karenanya, penting untuk beraktivitas usai mengonsumsi karbohidrat sebelum tubuh beristirahat.

Sebaliknya, karbohidrat yang tidak dibakar akan berakhir menumpuk dan berubah menjadi lemak. Imbasnya, peluang meningkatnya berat badan semakin besar.

Salah satu pilihan olahraga yang ideal membakar lemak sebelum tidur adalah renang. Selain membakar kalori, manfaat berenang malam hari ini juga ampuh menjaga tubuh tetap bugar. 

6. Meningkatkan kualitas tidur

7 Manfaat Berenang Malam Hari, Tingkatkan Kualitas Tidur!Meningkatkan kualitas tidur sebagai manfaat berenang malam hari (pexels.com/mali)

Berenang malam hari dikenal efektif mengatasi masalah tidur. Rasa lelah yang dialami usai beraktivitas seharian dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur di malam hari. Pasalnya, tubuh masih memiliki sisa energi meski merasa lelah secara fisik.

Dengan manfaat berenang malam hari ini, gangguan tidur dapat diatasi sehingga kualitas tidur menjadi semakin baik. Hal ini dikarenakan ketika berenang, seluruh otot bekerja untuk bergerak. Alhasil, tubuh akan merasa lelah secara fisik dan segera mendatangkan rasa kantuk.

Tak hanya itu, manfaat berenang malam hari ini juga merangsang hormon endorfin yang tak hanya mampu menurunkan stres, tapi juga memberi efek menenangkan sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga: 7 Manfaat Renang Gaya Bebas, Bisa Singkirkan Stres

7. Menurunkan risiko diabetes

7 Manfaat Berenang Malam Hari, Tingkatkan Kualitas Tidur!Menurunkan risiko diabetes sebagai manfaat berenang malam hari (pexels.com/emily-rose-1076056/)

Percaya atau tidak, manfaat berenang malam hari juga termasuk menurunkan risiko diabetes. Saat berenang, kalori, lemak, dan gula yang ada di dalam tubuh dibakar menjadi energi.

Bahkan, berenang selama 30 menit mampu membakar hingga 900 kalori. Selain itu, penelitian dari Indiana Unversity membuktikan bahwa renang membuat tubuh tetap bugar di usia senja dan memperpanjang harapan hidup.

Itulah tujuh manfaat berenang malam hari yang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tak hanya meninggikan badan, berenang juga efektif meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Ukuran Kolam Renang Standar Internasional 

Topik:

  • Bella Manoban
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya