6 Perlengkapan Tenis Lapangan yang Utama, Bukan Cuma Raket!

Ada empat jenis lapangan yang ideal untuk tenis, lho

Tenis lapangan bermula dari permainan bola tangan yang berkembang di Perancis pada abad ke-11. Sebagai salah satu permainan bola kecil, tenis lapangan dapat dimainkan oleh dua pemain atau dua pasangan.

Untuk menunjang permainan, ada enam perlengkapan tenis lapangan yang perlu dipersiapkan. Lantas apa saja perlengkapan tenis lapangan yang dibutuhkan? Simak enam daftarnya di bawah ini. 

Baca Juga: 5 Merk Raket Tenis Terbaik, Optimalkan Kualitas Permainan!

1. Raket tenis

6 Perlengkapan Tenis Lapangan yang Utama, Bukan Cuma Raket!Raket tenis sebagai perlengkapan tenis lapangan (freepik.com)

Salah satu perlengkapan tenis lapangan yang utama adalah raket. Berbeda dengan raket bulu tangkis, raket tenis memiliki spesifikasi tersendiri, mulai dari material, ukuran, hingga desain. Dari segi material, raket tenis biasa dibentuk menggunakan kayu dengan bentuk oval pada bagian kepala raket.

Dapat disesuaikan dengan penggunanya, ukuran standar raket tenis adalah 69-71 cm. Hanya saja, ada juga raket yang berukuran lebih panjang, contohnya 74 cm.

2. Bola tenis

6 Perlengkapan Tenis Lapangan yang Utama, Bukan Cuma Raket!Bola tenis sebagai perlengkapan tenis lapangan (freepik.com)

Selain raket, ada juga bola tenis yang termasuk perlengkapan tenis lapangan. Terbuat dari bahan karet, bola tenis dilengkapi dengan kain khusus berbahan nilon atau wol. Kondisi permukaannya pun harus licin dan tanpa jahitan.

Adapun ukuran standar garis tengah bola tenis adalah 63,50-66,77 mm dengan berat 56,70-58,48 gram. Ketika dijatuhkan dari jarak 2.450 mm, tinggi pantulan perlengkapan tenis lapangan ini adalah 1.346-1.473 mm.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Tenis untuk Wanita, Tingkatkan Level Permainan!

3. Net

6 Perlengkapan Tenis Lapangan yang Utama, Bukan Cuma Raket!Net sebagai perlengkapan tenis lapangan (pexels.com/nediyodukenson)

Perlengkapan tenis lapangan yang wajib tersedia selanjutnya adalah net. Sebagai pembatas antara daerah pemain dengan daerah lawan, net terbuat dari benang.

Tak hanya warna hijau tua, net juga didesain dalam warna hitam. Perlengkapan tenis lapangan ini juga dilengkapi dengan penyangga. Adapun tinggi net adalah 91,4 cm dengan tinggi penyangga sekitar 106,7 cm.

4. Lapangan

6 Perlengkapan Tenis Lapangan yang Utama, Bukan Cuma Raket!Lapangan sebagai perlengkapan tenis lapangan (pexels.com/pixelcop)

Sesuai standar Persatuan Lawn Tennis Indonesia (Pelti) dan Federasi Tenis Internasional (ITF), lapangan tenis memiliki ukuran 23,77 meter x 8,23 meter untuk pertandingan tunggal (single) dan 23,77 meter x 10,97 meter untuk ganda (double). Perlengkapan tenis lapangan ini pun terbagi menjadi tiga jenis. Simak rinciannya di bawah ini.

  • Lapangan rumput (grass court)

Lapangan rumput (grass court) identik dengan turnamen Grand Slam Wimbledon. Berkat tekstur permukaannya yang licin, perlengkapan tenis lapangan ini dikenal sebagai lapangan tercepat.

Tak hanya itu, permukaan lapangan yang lembut menyebabkan bola tenis memantul lebih rendah. Tekstur permukaan yang sedikit tidak rata juga mampu menghasilkan pantulan yang tak terduga.

  • Lapangan semen (hard court)

Jenis lapangan yang lazim untuk permainan tenis selanjutnya adalah lapangan semen (hard court). Terbuat dari bahan semen dengan campuran pasir atau aspal, perlengkapan tenis lapangan ini biasa digunakan pada turnamen Grand Slam, yaitu Australian Open dan US Open.

  • Lapangan tanah liat (clay court)

Ada juga jenis lapangan tanah liat (clay court) yang menjadi ciri khas turnamen Grand Slam French Open. Pada perlengkapan tenis lapangan ini, tantangan yang biasa dihadapi pemain adalah bola selip akibat tekstur lapangan yang dapat mengurangi kecepatan bola.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Tenis untuk Pria, Buat Permainan Lebih Maksimal!

5. Seragam

6 Perlengkapan Tenis Lapangan yang Utama, Bukan Cuma Raket!Seragam sebagai perlengkapan tenis lapangan (pexels.com/lebih-dari-ini-3915826)

Perlengkapan tenis lapangan yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah seragam atau kostum pemain. Seragam tenis cenderung didesain menggunakan bahan dry fit yang mudah menyerap keringat.

Adapun bagian celana terbuat dari bahan katun atau parasut. Dengan panjang di atas lutut, perlengkapan tenis lapangan ini biasa dibekali dengan kantong di bagian samping.

6. Sepatu tenis

6 Perlengkapan Tenis Lapangan yang Utama, Bukan Cuma Raket!Sepatu tenis sebagai perlengkapan tenis lapangan (pexels.com/edwardeyer)

Demi menunjang performa permainan, jenis sepatu tenis yang direkomendasikan adalah sepatu dengan grip yang kuat. Pemilihan sepatu yang tepat dapat meminimalisir risiko cedera pada kaki.

Tak hanya itu, perlengkapan tenis lapangan ini juga dapat disesuaikan dengan jenis lapangan yang digunakan. Sepatu dengan sol licin ideal untuk lapangan semen, sedangkan sepatu dengan sol bergelombang dan berpola untuk lapangan rumput.

Baca Juga: 5 Manfaat Tenis Meja yang Harus Diketahui, Bisa Jadi Hiburan

Itulah enam perlengkapan tenis lapangan yang perlu diperhatikan. Apakah kamu tertarik untuk mencoba olahraga ini?

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya