Wajib Tahu! Ini 5 Nama Posisi Pemain Bola Voli

seorang smasher juga harus bisa jadi blocker, nih

Permainan voli merupakan olahraga beregu yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari enam pemain dengan 4 pemain cadangan. Setiap tim menempati posisi yang sesuai dengan tugasnya. Saat permainan berlangsung, posisi pemain voli akan selalu berubah karena harus melakukan rotasi.

Terdapat lima nama posisi dan tugas pemain dalam olahraga bola voli, kelima posisi ini memiliki tujuan dalam melindungi wilayah permainan atau yang bertugas dalam mencetak angka. Berikut nama posisi pemain bola voli beserta tugasnya yang perlu kamu ketahui.

1. Server

Wajib Tahu! Ini 5 Nama Posisi Pemain Bola VoliTim putra voli Jawa Barat berhasil merebut medali emas usai mengalahkan DKI Jakarta di final PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tata Firza).

Nama posisi pertama dalam permainan olahraga voli adalah server. Pemain ini bertugas melakukan servis pertama dalam permainan atau rally.

Server biasanya diambil secara bergantian oleh setiap pemain. pergiliran dilakukan sesuai pada perpindahan penguasaan bola setiap sebuah tim memperoleh angka.

2. Blocker

Wajib Tahu! Ini 5 Nama Posisi Pemain Bola VoliTim putra voli Jawa Barat berhasil merebut medali emas usai mengalahkan DKI Jakarta di final PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tata Firza).

Nama posisi selanjutnya adalah pemain yang bertugas mem-block bola yang dilemparkan oleh pemain lawan. Blocker bertujuan untuk menghentikan serangan berupa smash agar lawan tidak bisa mendapatkan poin dari serangannya.

Selain itu, tugas blocker adalah sebagai pemain yang melakukan pukulan dadakan jika ada bola tanggung dan juga menjaga tipuan lawan sehingga bisa melakukan serangan balik dengan cepat.

3. Defender atau Libero

Wajib Tahu! Ini 5 Nama Posisi Pemain Bola VoliANTARA FOTO/INASGOC/Dwi Prasetyo

Nama posisi di dalam permainan bola voli selanjutnya adalah defender atau libero. Tugas defender adalah berperan sebagai pemain voli bertahan yang bebas keluar masuk lapangan pertandingan bola voli.

Posisi defender berada di bagian belakang lapangan. Bola serangan lawan bisa langsung dikembalikan atau diarahkan kepada pemain yang berada di posisi depan. Biasanya seorang tosser akan mengambil bola tersebut, sebelum memberikan umpan kepada pemain penyerang.

4. Tosser

Wajib Tahu! Ini 5 Nama Posisi Pemain Bola Voligoogle

Posisi selanjutnya adalah tosser atau set upper. Pemain ini memiliki peran sebagai pengumpan. Seorang tosser akan memberikan umpan kepada pemain yang berada di posisi menyerang. Pada waktu tertentu, seorang tosser juga dapat mengeksekusi penyerangan dengan melakukan gerakan serangan tipuan yang ditujukan ke area kosong pada sisi lawan. 

Tosser juga memiliki peran dalam memberikan umpan yang bervariasi dan juga berkualitas. Selain itu, tosser juga menjadi pengatur serangan teman satu tim yang wajib menguasai teknik blocking dan smash.

5. Smasher

Wajib Tahu! Ini 5 Nama Posisi Pemain Bola Voliinstagram.com/ebrarkarakurt18

Nama posisi selanjutnya yaitu, smasher. Smasher merupakan seorang pemain yang memiliki tugas sebagai penyerang utama. Hal ini bertujuan untuk dapat menghasilkan poin.

Posisi smasher  ini tidak hanya bertugas sebagai penyerang saja, namun juga sebagai blocker. Blocker ini berfungsi untuk memblokir serangan dari lawan. 

Baca Juga: 5 Peraturan Permainan Bola Voli yang Harus Kamu Tahu

Itulah kelima nama posisi pemain bola voli yang perlu kamu ketahui sebelum bermain. Dibutuhkan kerja sama yang bagus dalam permainan bola voli, lho.

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya