10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi Stres

Mulai dari membakar lemak hingga mengurangi stres

Lari jarak pendek atau sprint memiliki banyak manfaat bagi tubuh seseorang. Beruntunglah bagi kamu yang memang seorang atlet lari karena tentu sudah sering melakukan berbagai jenis latihan lari.

Namun bagi kamu yang bukan atlet lari, kamu juga bisa memperoleh manfaat lari jarak pendek, kok. Lari jarak pendek biasanya dilakukan dengan jarak 100, 200, hingga 400 meter dengan kecepatan ekstra. Jika dilakukan dengan tepat, latihan ini akan bermanfaat banyak untuk tubuh kamu.

Untuk itu, simak penjelasan tentang 10 manfaat lari jarak pendek secara rutin dalam artikel ini, yuk!

1. Melatih kecepatan

10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi Stresilustrasi berlari (Pexels.com/Snapwire)

Manfaat lari jarak pendek secara rutin yang pertama adalah kamu dapat melatih kecepatan. Jika kamu terbiasa dengan berlari secara cepat dengan jarak yang pendek, kamu akan memiliki kecepatan yang baik.

Kecepatan adalah salah satu unsur dalam kebugaran tubuh yang harus dimiliki seseorang selain keseimbangan, daya tahan, kelincahan, dan sebagainya.

2. Membakar lemak

10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi Stresilustrasi lemak perut (pexels.com/@karolina-grabowska)

Dengan rutin melakukan sprint, lemak berlebih dalam tubuhmu juga akan terbakar. Walaupun dengan jarak pendek, lemak akan lebih cepat terbakar karena kecepatan dalam berlari yang sangat tinggi jika dibandingkan jogging atau berjalan cepat. Melakukan lari jarak pendek selama tiga menit bisa membakar sebanyak kurang lebih 230 kalori.

3. Melatih kelincahan

10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi StresShuttle run sebagai latihan untuk meningkatkan kelincahan (freepik.com)

Selain melatih kecepatan, kamu juga bisa meningkatkan kelincahan tubuhmu. Hal itu bisa didapat karena dengan berlari jarak pendek, otot-otot tubuhmu terutama kaki akan bekerja lebih keras. Hal itu membuatnya makin kuat dan lincah.

Dengan rutin melakukan lari jarak pendek, kamu akan membiasakan otot-otot untuk bergerak, sehingga tidak kaku.

4. Memperkuat otot

10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi Stresilustrasi bersiap berlari (pexels.com/gustavo fring)

Seperti yang disinggung sebelumnya, manfaat lari jarak pendek berikutnya adalah membentuk dan memperkuat otot, khususnya otot kaki. Otot akan terbiasa dan terlatih untuk digerakkan jika kamu melakukannya secara rutin dan teratur.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi Stresilustrasi penyakit jantung (pexels.com/Freestocks.org)

Pada setiap aktivitas olahraga, jantung umumnya akan bekerja lebih keras untuk memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Dengan melakukan lari jarak pendek secara tepat dan teratur, maka manfaat yang akan didapat adalah kerja jantung akan lebih optimal dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

6. Melatih ketahanan otot

10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi Strescontoh latihan kecepatan (unsplash.com/@andrewtanglao)

Selain membentuk otot secara optimal, manfaat yang akan kamu dapatkan dari lari jarak pendek adalah melatih ketahanan otot. Oleh sebab itu penting untuk berolahraga setidaknya lari dengan kecepatan sedang secara rutin. Tujuannya supaya otot tubuh tidak kaku dan terus terlatih.

7. Menjaga kesehatan

10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi Stresilustrasi badan sehat dan bugar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dengan segala manfaat lari jarak pendek yang diperoleh, akumulasi dari semua manfaat tersebut adalah kesehatan tubuh yang terjaga. Dengan tubuh yang sehat, segala aktivitas sehari-hari pun bisa dilakukan dengan optimal.

Namun, jika tubuh sedang tidak fit atau terserang flu, jangan memaksakan diri untuk melakukan lari jarak pendek. Bukannya sehat, justru akan menyebabkan tubuh makin lemas.

8. Memperbaiki metabolisme

10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi Stresilustrasi menjaga metabolisme tubuh lewat makanan (pexels.com/Ba Tik)

Manfaat lari jarak pendek selanjutnya adalah bisa memperbaiki metabolisme tubuh. Sebenarnya kebanyakan olahraga fisik yang dilakukan secara teratur bisa meningkatkan metabolisme, seperti memperlancar sistem peredaran darah.

Baca Juga: 10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan Bugar

9. Meningkatkan pertumbuhan badan

10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi Stresilustrasi berlari (pixabay.com/12019)

Manfaat lain yang bisa didapat dari rutin melakukan sprint adalah bisa membantu meningkatkan pertumbuhan badan. Berlari dengan kecepatan tinggi dapat memicu hormon pertumbuhan, sehingga membantu tulang untuk tumbuh secara optimal. Terlebih jika dilakukan secara rutin dan teratur.

Baca Juga: 10 Bentuk Latihan Daya Tahan yang Bagus untuk Kebugaran

10. Mengurangi stres

10 Manfaat Lari Jarak Pendek bagi Tubuh, Bantu Atasi Stresilustrasi perempuan yang dapat mengontrol stres (pexels.com/Matthias Cooper)

Manfaat yang terakhir adalah mengurangi stres pada setiap orang. Aktivitas olahraga umumnya akan membantu melepaskan hormon endorfin dalam tubuh. Hal tersebut memberikan kenyamanan untuk otak.

Selain itu, kadar hormon adrenalin dan kortisol akan menurun, sehingga rasa stres dan cemas akan perlahan menghilang juga.

Nah, demikianlah 10 manfaat lari jarak pendek yang bisa kamu dapatkan jika melakukannya secara rutin. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran Jasmani

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya