Sukses pada Usia 23 Tahun, Ini Pencapaian Kylian Mbappe

Bintang sepak bola termahal di dunia

Bintang muda Paris Saint-Germain ini sangat terkenal. Siapa lagi kalau bukan Kylian Mbappe. Ia merupakan salah satu bakat muda paling diincar di Eropa. Pemain asli Prancis ini juga memegang rekor pemain termahal di dunia. 

Pada 20 Desember lalu, Mbappe berulang tahun yang ke-23. Pencapaiannya selama 6 tahun terakhir sebagai pesepak bola profesional pun jadi sorotan.

1. Profil singkat Kylian Mbappe

Sukses pada Usia 23 Tahun, Ini Pencapaian Kylian Mbappepotret Kylian Mbappe (twitter.com/PSG_English)

Penyerang tengah PSG ini lahir di daerah kecil bernama Bondy di kawasan Paris, Prancis. Ia lahir dengan nama Kylian Mbappe Lottin dari keluarga atlet. Ayahnya merupakan mantan pemain sepak bola dan ibunya pernah bermain bola tangan.

Sejak kecil, Kylian Mbappe sudah masuk tim junior AS Bondy, dilatih langsung oleh sang ayah, Wilfried. Ia baru memulai karier profesional pada 2015 bersama AS Monaco. Kemudian, PSG merekrutnya pada 2018. Kini, Mbappe jadi pemain termahal di dunia dengan market value mencapai Rp2,5 triliun.

2. Mbappe sudah mencapai lebih dari 300 penampilan dalam karier profesionalnya

Sukses pada Usia 23 Tahun, Ini Pencapaian Kylian MbappeKylian Mbappe (instagram.com/k.mbappe)

Kylian Mbappe memulai debut profesionalnya untuk AS Monaco pada 2 Desember 2015. Dua tahun setelahnya, ia tampil pertama kalinya bersama Paris Saint-Germain dengan status pinjaman. Pada musim panas 2018, sang pemain resmi dipermanenkan oleh Les Parisiens.

Kini, Kylian Mbappe sudah mencapai 308 penampilan di semua kompetisi, termasuk di ajang internasional. Ia paling banyak tampil untuk Paris Saint-Germain, yakni 195 penampilan. Sisanya 60 penampilan bersama AS Monaco dan 53 penampilan bersama tim nasional Prancis.

Baca Juga: Dior Tunjuk Kylian Mbappe Jadi Duta Global Terbaru, Pilihan Terbaik!

3. Berapa koleksi gol milik Mbappe?

Sukses pada Usia 23 Tahun, Ini Pencapaian Kylian Mbappepotret Kylian Mbappe (twitter.com/KMbappea)

Sebagai pesepak bola profesional yang sukses pada usia muda, Kylian Mbappe terhitung telah mencetak 198 gol di semua kompetisi. Ia menyumbangkan 147 golnya untuk Paris Saint-Germain, 27 gol untuk AS Monaco, dan 24 gol untuk tim nasional Prancis.

Gol pertama Mbappe dicetak untuk AS Monaco dalam kemenangan 3-1 atas Troyes di Ligue 1 pada 20 Februari 2016. Sedangkan, gol pertama untuk PSG dicetak pada 8 September 2017 ketika masih jadi pemain pinjaman.

4. Kylian Mbappe juga sukses menciptakan banyak umpan

Sukses pada Usia 23 Tahun, Ini Pencapaian Kylian Mbappepotret Kylian Mbappe (twitter.com/ChampionsLeague)

Mbappe tidak hanya sukses mencetak banyak gol. Ia juga telah menciptakan banyak umpan tepat sasaran. Dahulu, Mbappe berhasil menorehkan 16 assist untuk AS Monaco, yang membuat bakatnya makin menonjol.

Tak salah pilih pemain, Mbappe sejauh ini juga telah menciptakan 76 assist untuk Paris Saint-Germain. Serta 20 assist lainnya ditorehkan untuk timnas Prancis. Jadi, tak heran hingga kini pemain muda berusia 23 tahun tersebut telah jadi andalan klub dan tim nasional.

5. Berbagai gelar telah mengisi pencapaian Kylian Mbappe

Sukses pada Usia 23 Tahun, Ini Pencapaian Kylian MbappeKylian Mbappe (instagram.com/k.mbappe)

Dalam kurun waktu 6 tahun terakhir, setidaknya sudah 14 trofi yang diraih Mbappe. Pada usia 20 tahun, Mbappe sudah ikut andil meraih Piala Dunia 2018 bersama timnas Prancis. Tahun ini, dirinya ikut dalam skuad yang memenangi trofi UEFA Nations League.

Dalam rekor klub, Mbappe empat kali meraih gelar Liga Prancis. Satu kali saat bersama Monaco dan tiga kali setelah berseragam PSG. Ada pula delapan piala dosmetik lainnya di Prancis.

Mbappe turut sukses meraih banyak penghargaan individu, seperti Footballer of the Year, Player of the Year, Player of the Season, serta tiga kali dinobatkan sebagai top scorer Ligue 1.

Mbappe masih terbilang sangat muda, tetapi sudah memenangi banyak pencapaian. Di sisi lain, ia diprediksi akan menjadi salah satu pesepak bola tersukses dalam sejarah.

Baca Juga: Mengintip 10 Potret Menawan Kylian Mbappe yang Baru Berulang Tahun

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya