Comscore Tracker

Dulunya Andalan, 5 Pemain Ini Justru Tersisih oleh Rekrutan Baru

Beberapa pemain pilih angkat kaki saja #IDNTimesSport

Liga-liga top Eropa dianggap sebagai kiblat sepak bola dunia saat ini. Itulah mengapa banyak pesepak bola dari belahan dunia lain berbondong-bondong datang ke benua Biru demi mewujudkan impian karir yang lebih baik. Kehadiran para pemain terbaik dunia ke liga sepak bola di Eropa ini tentu menciptakan suatu kompetisi tersendiri antar pemain yang saling memperebutkan tempat utama di klub mereka masing-masing.

Dibutuhkan konsistensi performa agar para pemain bisa mendapatkan kepercayaan dan jaminan menit bermain yang diharapkan di klub sebagai pemain utama. Jika tidak, tempat para pesepak bola ini dapat dengan mudah digantikan posisinya oleh manajemen klub yang terus mendatangkan pemain-pemain baru.

Hal itu yang kiranya terjadi pada sederet pemain berikut ini. Sempat menjadi andalan klubnya, para pemain ini terpaksa tersisih akibat kehadiran pemain anyar yang mengambil alih posisi mereka. 

Bagaimana kiprah karir mereka selanjutnya? Simak melalui ulasan berikut ini!

1. Roberto Firmino

Dulunya Andalan, 5 Pemain Ini Justru Tersisih oleh Rekrutan Barupotret Roberto Firmino (goal.com)

Roberto Firmino telah dipercaya menjadi tumpuan Liverpool selama 6 musim. Namun, di musim 2020/2021, Firmino justru tak menikmati karirnya dengan mulus.

Performa pemain berusia 29 tahun tersebut menurun drastis dengan hanya menorehkan total 9 gol di semua ajang yang dilakoni Liverpool musim lalu. Hal ini ternyata mampu dimanfaatkan oleh pemain The Reds lainnya. Salah satu rekrutan anyar Liverpool awal musim lalu, Diogo Jota, sukses menjalani musim debut yang impresif.

Terlepas dari adanya trio Mohammed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di lini depan Liverpool, Jota justru mengganggu hegemoni itu lewat performa apik yang ia tunjukkan secara konsisten. Pencapaian statistik Jota juga lebih produktif jika dibandingkan Firmino di musim lalu.

2. Arkadiusz Milik

Dulunya Andalan, 5 Pemain Ini Justru Tersisih oleh Rekrutan Barupotret Arkadiusz Milik (goal.com)

Arkadiusz Milik harus menjalani titik terendah dalam karirnya bersama Napoli musim lalu. Ia yang sempat diandalkan selama 4 musim terakhir oleh Partenopei justru terpinggirkan dan tak pernah mencatatkan satupun penampilan. Selain masalah cedera, hadirnya nama baru kian mengancam posisi Milik.

Kedatangan Victor Osimhen dan Hirving Lozano di lini depan Napoli bak menjadi bencana dalam karir pria berpaspor Polandia itu. Akibatnya, Milik tak pernah diturunkan dan terpaksa mencari pelabuhan baru. Ia memilih bergabung ke Olympique Marseille dengan status pinjaman untuk menyelamatkan karir profesionalnya sebagai pemain sepak bola.

Baca Juga: 10 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Arsenal, Salah Satunya Ben White

3. Aymeric Laporte

Dulunya Andalan, 5 Pemain Ini Justru Tersisih oleh Rekrutan Barupotret Aymeric Laporte (goal.com)

Aymeric Laporte sejatinya mampu tampil konsisten selama berseragam Manchester City. Tiga musim pertama yang dilakoni Laporte bersama City berjalan lancar sebagaimana ia sukses tampil reguler sebagai starter di bawah asuhan Pep Guardiola.

Namun, situasi berubah drastis di musim 2020/202. Aktivitas transfer City yang merombak besar-besaran lini pertahanan mereka membuat Laporte jarang diturunkan. Kehadiran Ruben Dias semakin menipiskan jatah menit bermain Laporte. Ditambah lagi, belakangan Pep Guardiola lebih memercayakan satu slot posisi bek kepada John Stones untuk mendampingi Ruben Dias.

4. Edinson Cavani

Dulunya Andalan, 5 Pemain Ini Justru Tersisih oleh Rekrutan Barupotret Edinson Cavani (skysports.com)

Edinson Cavani menorehkan tinta emas selama 7 musim berseragam Paris Saint-Germain. Cavani sukses menasbihkan dirinya sebagai top skor sepanjang masa Le Parisiens dengan mengoleksi total 200 gol dari seluruh ajang kompetisi. Di penghujung masa pengabdiannya bersama PSG, sejatinya pemain berkewarganegaraan Uruguay ini telah kehilangan tempatnya sebagai starter.

Cavani terpaksa mengakhiri kebersamaannya untuk PSG di musim 2019/2020 lalu. Ia kalah bersaing dengan penyerang baru Le Parisiens, Mauro Icardi, yang bersinar di musim debutnya. Kontrak Cavani yang tak lagi diperpanjang membuatnya hengkang ke Manchester United secara gratis di pertengahan tahun 2020.

5. Keylor Navas

Dulunya Andalan, 5 Pemain Ini Justru Tersisih oleh Rekrutan Barupotret Keylor Navas (goal.com)

Keylor Navas berjasa besar di balik kesuksesan Real Madrid merengkuh titel Liga Champions 3 kali berturut-turut. Bagaimana tidak, posisi Navas yang tak tergantikan di bawah mistar gawang membuatnya layak dianggap sebagai pahlawan. 

Alih-alih bertahan lebih lama, kontribusi Navas bersama Madrid harus terhenti di akhir musim 2018/2019. Gebrakan Los Blancos merekrut kiper baru, Thibaut Courtois, membuat porsi bermain yang diterima Navas makin terbatas. Ia akhirnya hengkang ke PSG dan didapuk menjadi kiper utama Le Parisiens.

Namun, saat ini Keylor Navas pantas khawatir mengenai nasibnya sebagai kiper utama PSG  lantaran hadirnya Gianluigi Donarumma yang membuat persaingan menjaga mistar gawang jadi semakin sengit. 

Bagi kelima pemain ini, kehadiran rekrutan baru di klub justru tak berdampak bagus untuk karir sepak bola mereka secara individu. Adakah pemain favoritmu yang masuk ke dalam daftar di atas?

Baca Juga: 11 Barter Pemain Sepak Bola yang Sempat Mengejutkan Publik

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya