Comscore Tracker

5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan Nigeria, Ada Dele Alli

Ada pemain favoritmu?

Bila di benua Eropa kita mengenal Inggris sebagai magnetnya sepak bola, maka di benua Afrika julukan ini sepertinya cocok disematkan untuk Nigeria. Tak mengherankan, karena Nigeria memang merupakan salah satu negara dengan timnas sepak bola yang begitu disegani di Afrika.

Pemain-pemain Nigeria pun sudah banyak dikenal saat ini karena berkompetisi di sejumlah liga top Eropa, seperti Alex Iwobi ataupun Wilfred Ndidi. Tapi, ada juga beberapa pemain top yang ternyata memiliki darah keturunan Nigeria dan memutuskan membela negara lain. Seperti halnya pada 5 pemain berikut ini. Penasaran siapa saja? Check this out!

1. Bukayo Saka

5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan Nigeria, Ada Dele Alli90min.com

Bukayo Saka merupakan salah satu pemain kunci Arsenal saat ini. Di usianya yang masih 19 tahun, Saka mampu membawa warna baru di dalam permainan The Gunners. Tak mengherankan, bila Saka dipanggil timnas Inggris meski masih berusia seumur jagung.

Lahir dan besar di Inggris, sudah selayaknya Saka bermain untuk The Three Lions. Namun faktanya, Saka bukanlah orang asli Inggris. Kedua orangtuanya merupakan imigran asal Nigeria yang memutuskan pindah ke Inggris dikarenakan desakan ekonomi serta mencari jalan hidup baru.

2. Ross Barkley

5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan Nigeria, Ada Dele Alli90min.com

Pemain selanjutnya adalah gelandang Chelsea yang musim ini dipinjamkan ke Aston Villa yaitu Ross Barkley. Minim menit bermain bersama The Blues membuat Barkley harus rela keluar dari klub London tersebut.

Kini, performa yang ia tunjukkan bersama Aston Villa begitu ciamik di lini tengah. Melihat profilnya, Barkley lahir di Inggris dan dalam perjalanan karier sepak bolanya, jersey timnas Inggris sudah sering ia kenakan di beberapa kompetisi.

Di balik fakta tersebut, Barkley ternyata merupakan campuran Nigeria-Inggris. Darah Nigeria ia dapat dari sang ayah, yaitu Peter Effanga yang merupakan penduduk asli di sana.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola yang Memilih Timnas Berbeda dengan Sang Ayah

3. David Alaba

5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan Nigeria, Ada Dele Alligoal.com

Berbeda dengan 2 pemain di atas, kali ini ada nama David Alaba yang merupakan pemain berpaspor Austria. Ia dikenal berkat performa apiknya bersama Bayern Munchen dan menjadi pemain tumpuan hingga saat ini.

Seperti yang kita tahu, di level tim nasional, Alaba bermain untuk timnas Austria karena di sanalah ia lahir dan besar. Meski begitu, kedua orangtua Alaba bukanlah penduduk asli disana dan merupakan seorang imigran. Garis keturunan Alaba merupakan campuran dari Nigeria dan Filipina.

Darah Nigeria diwarisi oleh sang ayah, yaitu George Alaba yang merupakan seorang pangeran di negara asalnya tersebut. Sedangkan ibu Alaba adalah eks ratu kecantikan di Filipina yang bermigrasi ke Austria.

4. Tammy Abraham

5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan Nigeria, Ada Dele Alli90min.com

Pemain muda Chelsea, Tammy Abraham dikenal sebagai pesepak bola yang memiliki kewarganegaraan Inggris. Ia memang lahir di sana, tepatnya di London pada 23 tahun silam. Tammy juga beberapa kali tampil memperkuat timnas senior Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate.

Namun, terdapat satu fakta tentang Tammy yang mungkin belum diketahui oleh kebanyakan pencinta sepak bola. Ia ternyata memiliki garis keturunan Nigeria yang didapat dari sang ayah.

Berkat hal tersebut, Tammy berpeluang membela timnas Nigeria. Namun akhirnya, Tammy lebih memilih untuk bermain bersama Inggris yang merupakan tanah kelahirannya.

5. Dele Alli

5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan Nigeria, Ada Dele Alligoal.com

Pemain Inggris lainnya yang juga memiliki garis keturunan adalah gelandang Spurs, Dele Alli. Kebanyakan pencinta sepak bola mungkin mengenal Alli sebagai orang asli Inggris karena ia bermain untuk timnas sepak bolanya. Namun di balik itu, Alli ternyata juga merupakan keturunan bangsawan di Nigeria.

Hal tersebut ia dapat dari sang ayah, yaitu Kehinde Alli. Dilihat dari silsilah keluarganya, Alli berasal dari suku Yuruba, salah satu suku yang ada di Nigeria. Alli juga berkesempatan besar untuk menjadi raja di suatu daerah Nigeria. Namun pada akhirnya, Alli lebih memilih untuk menjadi pesepak bola daripada raja di tanah leluhurnya.

 

Itulah 5 pesepak bola yang memiliki garis keturunan Nigeria. Dari kelima nama di atas, terdapat 4 pemain yang saat ini membela timnas Inggris. Sementara sisanya, yaitu David Alaba memiliki paspor Austria.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 6 Pesepak Bola Top Ini Punya Garis Keturunan Jamaika

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya