5 Fakta Menjelang Derby Manchester Pertama di Final Piala FA

Derby Manchester akan tersaji di final FA Cup, siapa juaranya?

Derby Manchester akan tersaji di Wembley Stadium pada 3 Juni 2023 mendatang. Kedua tim lolos ke final Piala FA setelah berhasil mengalahkan lawan-lawan mereka.

Manchester City sukses mengalahkan Sheffield United dengan skor 3-0 tanpa balas pada Sabtu (22/4/2023). Sehari setelahnya, Minggu (23/4/2023) giliran Manchester United melibas Brighton & Hove Albion di semi final FA Cup lewat adu penalti skor 7-6 di tempat yang sama yaitu Wembley Stadium. 

1. Derby Manchester pertama di final Piala FA

5 Fakta Menjelang Derby Manchester Pertama di Final Piala FATrofi piala FA cup (thefa.com)

Kedua pertandingan yang akan tersaji ini akan menjadi sejarah baru yaitu derby Manchester pertama di final Piala FA. Catatan sejarah ini akan menjadikan pertandingan lebih krusial dan sangat penting bagi kedua tim.

Jika di lihat dari trofi FA Cup, Manchester United lebih unggul di banding Manchester City dengan torehan 12 trofi, sedangkan Manchester City baru mengemas setengahnya yaitu 6 trofi saja. Namun hal tersebut bukan menjadi acuan, pasalnya Manchester City saat ini sedang dalam performa terbaiknya, di ajang lain mereka mampu melaju ke semi-final Liga Champions musim ini.

2. Trofi kedua Erik Ten Hag

5 Fakta Menjelang Derby Manchester Pertama di Final Piala FAPemain Manchester united merayakan gelar juara Carabao cup 27/2/23 (efl.com)

Manchester United saat ini sedang menata kembali kejayaannya setelah era Sir Alex Ferguson berakhir. Setan merah musim ini berhasil meraih trofi pertama mereka di ajang Carabao Cup pada Minggu (27/2/23) di Wembley Stadium. Gelar tersebut menjadi yang pertama setelah gelar terakhirnya di tahun 2017 ketika diasuh oleh Jose Mourinho. Kala itu, Manchester United menjuarai Liga Eropa (25/5/2017) mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 2-0 di Friends Arena, Stockholm.

Jika mereka berhasil mengalahkan Manchester City, ini akan menjadi gelar kedua bagi Ten Hag di musim perdananya. Hal ini juga akan semakin menguatkan bahwa tanda-tanda kejayaan Manchester United akan segera tiba.

Baca Juga: 3 Catatan Unik dari Keberhasilan MU ke Final Piala FA

3. City calon penguasa Manchester dan Inggris

5 Fakta Menjelang Derby Manchester Pertama di Final Piala FASelebrasi pemain Manchester city saat melawan Bayern Munich (mancity.com)

Selama satu dekade setelah kepergian Sir Alex Feguson di Manchester United, Setan Merah mengalami penurunan performa. Hal ini berbanding terbalik dengan tetangga mereka yaitu Manchester City yang tampil cukup konsisten.

Manchester City justru menjadi kekuatan baru di tanah Inggris dan mampu bersaing dengan tim kuat lainnya seperti Liverpool, Arsenal, Chelsea dan juga Manchester United. Kekuatan Manchester City bisa jadi sekuat Setan Merah, bukan hal mustahil jika suatu saat nanti The Citizens berhasil mengoleksi trofi lebih banyak dari Setan Merah dan mengukuhkan raja baru di Manchester dan Inggris.

4. Peluang Manchester City raih treble winners

5 Fakta Menjelang Derby Manchester Pertama di Final Piala FAPemain dan staf Manchester city saat merayakan kemenangan bersama (twitter/mancity)

Performa Manchester City saat ini sedang bagus-bagusnya. Mereka masih berpeluang meraih tiga trofi dalam satu musim atau yang biasa disebut treble winners. City kini berada di semi final liga Champions, selain itu di liga Inggris pun terus menempel Arsenal di puncak klasemen dengan selisih lima poin dan masih menyisakan dua pertandingan tunda.

Sedangkan di Piala FA akan menghadapi Manchester United di partai final. Jika semua dapat dimenangkan, maka Cityzens akan menjadi peraih treble winners kedua setelah tetangga mereka melakukannya pada musim 1998/1999.

5. Manchester United harus hentikan treble winners City

5 Fakta Menjelang Derby Manchester Pertama di Final Piala FADiogo dalot dan Jack Grealish sedang melakukan duel saat Manchester city menghadapi Manchester united (premierleague.com)

Status tim Inggris satu-satunya yang mampu meraih treble winners masih di pegang oleh Manchester United. Namun rekor ini bisa di samakan oleh Cityzens jika mereka gagal mengalahkannya di final Piala FA. 

Laga ini bukan hanya soal kemenangan namun ada rekor yang perlu di jaga. Hal ini bisa menjadi motivasi lebih untuk Manchester United saat menghadapi squad Manchester City di final Piala FA nanti.

Baca Juga: 7 Pemain Inggris Manchester City Paling Subur di Premier League

Angga Andriana Photo Writer Angga Andriana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya