Gagal Bersaing, 6 Tim Ini Menjadi Juru Kunci Grup di Piala Eropa 2020

Adakah yang mengejutkan?

Piala Eropa 2020 telah menyelesaikan seluruh pertandingan di babak penyisihan grup dan memasuki babak 16 besar. Selain 16 tim yang lolos ada 8 tim lainnya yang harus angkat koper, bahkan 6 tim di antaranya tersingkir dengan status juru kunci grup. Penampilan mereka di babak grup kalah bersaing dengan tim lainnya yang lebih bagus.

Tim-tim ini mungkin sudah diprediksi akan sulit untuk lolos dari persaingan di grup. Dua yang mungkin cukup mengejutkan adalah Turki dan Polandia yang menjadi juru kunci grup A dan E. Lantas, tim mana saja yang menjadi juru kunci grup di Piala Eropa 2020? Berikut ulasannya. 

1. Turki (Grup A) 

Gagal Bersaing, 6 Tim Ini Menjadi Juru Kunci Grup di Piala Eropa 2020Timnas Turki (twitter.com/BBCSportWales)

Salah satu tim yang menjadi juru kunci grup di Piala Eropa 2020 adalah Turki. Mungkin hal ini sedikit mengejutkan karena Turki memiliki sejarah dan pemain yang berkualitas. Anak asuh Senol Gunes tak mampu meraih poin satu pun hingga akhirnya gagal lolos.

Timnas Turki tergabung di Grup A pada Piala Eropa 2020. Mereka gagal bersaing dengan tiga tim lainnya, yakni Italia, Wales, dan Swiss. Ozan Kabak dan kolega menjadi lumbung gol tim lainnya dengan total kebobolan 8 gol dan hanya mencetak 1 gol. Poin mereka tetap 0 hingga akhir babak penyisihan grup.

2. Rusia (Grup B) 

Gagal Bersaing, 6 Tim Ini Menjadi Juru Kunci Grup di Piala Eropa 2020Timnas Rusia (twitter.com/mrfootytalk_)

Nasib tragis dialami Rusia di babak penyisihan grup. Hingga pertandingan terakhir, mereka sangat berpeluang melaju ke babak 16 besar. Hanya butuh hasil imbang melawan Denmark, Rusia justru dibantai 4-1. Kekalahan itu pun mengantarkan mereka ke dasar klasemen.

Rusia tergabung di grup B bersama dua tim lain, yakni Finlandia dan Belgia. Mereka sempat meraih kemenangan atas Finlandia setelah laga pertama dikalahkan oleh Belgia. Rusia menjadi juru kunci grup dengan 3 poin dan hanya kalah selisih gol dari Denmark dan Finlandia.

3. Makedonia Utara (Grup C) 

Gagal Bersaing, 6 Tim Ini Menjadi Juru Kunci Grup di Piala Eropa 2020Makedonia Utara (twitter.com/ffmmkd)

Makedonia Utara menjadi salah satu tim debutan di Piala Eropa 2020 kali ini. Mereka tampaknya harus mengambil pengalaman dari debutnya ini. Mereka mungkin memang tidak berharap banyak dan berusaha memberikan hasil terbaik di setiap pertandingannya.

Makedonia Utara pun gagal memberi kejutan karena tak pernah menang, bahkan gagal meraih poin. Goran Pandev dan kolega mengalami tiga kekalahan dari Belanda, Austria, dan Ukraina. Mereka menjadi juru kunci dengan kebobolan 8 gol dan hanya mampu menceploskan 2 gol dari 3 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain asal Makedonia Utara yang Pernah Berkarier di Premier League

4. Skotlandia (Grup D) 

Gagal Bersaing, 6 Tim Ini Menjadi Juru Kunci Grup di Piala Eropa 2020Timnas Skotlandia (twitter.com/andrewrobertso5)

Skotlandia juga menjadi tim yang harus puas menjadi juru kunci grup di Piala Eropa 2020 kali ini. Sebenarnya mereka memiliki peluang lolos hingga pertandingan terakhir, namun di laga penentuan, Kieran Tierney dan kolega justru tak mampu berbuat banyak melawan Kroasia.

Meskipun tak meraih kemenangan, Skotlandia sempat memberikan kejutan saat mampu menahan imbang Inggris yang bermain di Wembley. Pada laga perdana, mereka kalah dari Republik Ceko. Skotlandia menjadi juru kunci di grup D dengan torehan 1 poin.

5. Polandia (Grup E) 

Gagal Bersaing, 6 Tim Ini Menjadi Juru Kunci Grup di Piala Eropa 2020Timnas Polandia (chaseyoursport.com)

Polandia sebenarnya diharapkan bisa bersaing di gelaran Piala Eropa 2020. Diperkuat beberapa bintang liga top Eropa, Polandia memiliki modal berharga. Wojciech Szczesny hingga Robert Lewandowski menjadi tumpuan Polandia di Piala Eropa 2020 kali ini. 

Meskipun demikian, mereka tetap gagal bersaing dengan Swedia, Spanyol, dan Slovakia di Grup E. Bahkan, Lewandowski gagal mengantarkan timnya meraih kemenangan di turnamen ini. Satu-satunya poin yang mereka raih adalah saat menghadapi Spanyol di laga kedua.

6. Hungaria (Grup F) 

Gagal Bersaing, 6 Tim Ini Menjadi Juru Kunci Grup di Piala Eropa 2020Timnas Hungaria (twitter.com/iF2is)

Hungaria sudah diprediksi akan kesulitan melaju dari babak penyisihan grup sejak pembagian grup Piala Eropa 2020. Mereka kurang beruntung karena harus tergabung di Grup F yang disebut-sebut sebagai 'grup neraka'. Meskipun demikian, Hungaria tak menyerah begitu saja, bahkan sempat memberikan kejutan.

Bermain di hadapan publik sendiri, mereka memang gagal meraih kemenangan. Namun, Hungaria mampu memberikan kejutan dengan menahan imbang Prancis dan Jerman. Pada laga pertama mereka dihajar Portugal 3 gol tanpa balas. Seperti yang sudah diprediksi, Hungaria menjadi juru kunci di grup F.

 

Kekuatan tim top di Piala Eropa 2020 ini memang masih mendominasi. Tim yang menjadi juru kunci ini juga sebenarnya tidak terlalu buruk. Bermain di putaran final Piala Eropa 2020 mengkin menjadi prestasi tersendiri, apalagi untuk tim debutan seperti Makedonia Utara.

Baca Juga: UEFA Buka Investigasi Kasus Diskriminasi di Hungaria

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya