6 Klub Inggris yang Pernah Terdegradasi Dua Musim Beruntun, Tragis!

Ada Portsmouth hingga Sunderland 

Inggris menjadi negara yang bisa dibilang gila sepak bola. Kompetisi sepak bola di Negeri Ratu Elizabeth ini begitu lengkap dan persaingannya pun sangat ketat. Bagi tim yang tak siap berkompetisi, mereka sangat mungkin turun kasta pada musim berikutnya. Hal itu pernah dialami oleh beberapa klub dalam daftar ini.

Tak hanya terdegradasi satu kali, mereka justru pernah back to back degradasi atau terdegradasi dua musim beruntun. Catatan ini tentu menjadi momen kelam bagi mereka.

Setidaknya, ada 6 klub asal Inggris yang pernah mengalami hal tersebut. Klub mana saja itu? Berikut ulasannya.

1. Sunderland

6 Klub Inggris yang Pernah Terdegradasi Dua Musim Beruntun, Tragis!skysports.com

Salah satu klub asal Inggris yang pernah back to back degradasi adalah Sunderland. Setelah selalu lolos dari jurang degradasi di empat musim sebelumnya, Sunderland akhirnya terdegradasi dari Premier League pada musim 2016/2017.

Setelah degradasi, mereka pun ditinggal beberapa pemain penting seperti Jordan Pickford, Jermain Defoe hingga pelatih David Moyes. Kondisi itu membuat Sunderland tampil tidak konsisten saat mengarungi Championship.

Mereka akhirnya harus terjerembab ke posisi juru kunci sehingga harus terdegradasi ke kasta ketiga. Saat ini, mereka masih belum mampu naik kasta dan masih berlaga di League One.

2. Swindon Town

6 Klub Inggris yang Pernah Terdegradasi Dua Musim Beruntun, Tragis!swindontownfc.co.uk

Swindon Town juga pernah mengalami masa-masa buruk di Liga Inggris. Mereka pernah brrmain di Premier League pada musim 1993/1994. Namun pada musim tersebut, mereka mengalami momen tragis, di mana Swindon harus kebobolan 100 gol dalam semusim.

Hal tersebut membuat mereka menempati juru kunci dan terdegradasi ke Championship. Pada musim berikutnya, mereka juga tak mampu bersaing di kasta kedua Liga Inggris. Swindon pun harus kembali turun kasta ke League One pada musim 1994/1995. Saat ini, mereka berlaga di League One.

3. Portsmouth

6 Klub Inggris yang Pernah Terdegradasi Dua Musim Beruntun, Tragis!portsmouth.co.uk

Berikutnya ada Portsmouth yang memiliki kisah tak kalah tragis. Pernah menjadi juara Piala FA pada tahun 2008, mereka harus bermain di kasta keempat pada tahun 2015. Hal itu setelah mereka sempat back to back degradasi pada musim 2011/2012 dan 2012/2013. Saat itu mereka terdegradasi dari Divisi Championship ke League One.

Pada musim berikutnya, mereka kembali turun kasta dari League One ke League Two atau kasta keempat liga Inggris. Hal itu tak terlepas dari masalah finansial yang menerpa klub Inggris ini. Untung saja, mereka tidak terdiskualifikasi dan diselamatkan oleh fans mereka pada tahun 2013. Saat ini, Portsmouth bermain di kasta ketiga atau League One. 

Baca Juga: Bukan dari Inggris, 5 Klub Ini Bermain di Kompetisi Liga Inggris

4. Wolverhampton Wanderers (Wolves)

6 Klub Inggris yang Pernah Terdegradasi Dua Musim Beruntun, Tragis!birminghammail.co.uk

Wolverhampton Wanderers (Wolves) saat ini memang mampu bersaing di papan atas Premier League. Namun, sebelum ditangani Nuno Espirinto Santo, mereka pernah mengalami keterpurukan.

Pada musim 2011/2012, Wolves terdegradasi dari Premier League setelah menempati posisi juru kunci. Tampil di Championship, mereka juga tak mampu lepas dari keterpurukan. Wolves pun kembali terdegradasi dari Championship ke League One pada musim berikutnya. 

5. Blackpool

6 Klub Inggris yang Pernah Terdegradasi Dua Musim Beruntun, Tragis!twitter.com/OptaJoe

Berikutnya adalah Blackpool yang memiliki kisah hampir sama seperti Portsmouth. Masalah finansial membuat mereka terdegradasi dari Premier League pada musim 2012/2013.

Sempat bertahan satu musim di Championship, mereka harus terdegradasi ke kasta keempat dua musim berikutnya. Momen buruk tersebut terjadi pada musim 2014/2015 dan 2015/2016. Saat ini mereka bermain di kasta League One setelah promosi dari League Two pada musim 2016/2017. 

6. Luton Town

6 Klub Inggris yang Pernah Terdegradasi Dua Musim Beruntun, Tragis!lutontown.co.uk

Klub terakhir dalam daftar ini adalah Luton Town yang memiliki kisah lebih tragis. Tak hanya dua kali beruntun terdegradasi, klub yang satu ini pernah terdegradasi tiga kali beruntun.

Mereka degradasi dari Championship pada musim 2006/2007. Pada musim berikutnya mereka kembali mengulanginya dengan degradasi dari League One ke League Two.

Tak sampai disitu, Luton harus kembali terdegradasi ke Divisi Conference. Hal itu tak lepas dari pengurangan poin yang didapat Luton. Pengurangan poin tersebut akibat masalah finansial yang dialami Luton. Saat ini mereka berlaga di kasta kedua Liga Inggris atau Divisi Championship.

 

Klub-klub tersebut bernasib tragis hingga pernah back to back degradasi. Klub mana dengan kisah paling tragis?

Baca Juga: Bak Dongeng, 5 Kisah Klub 'Medioker' Liga Inggris Berhasil Jadi Juara

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya