5 Rekor Gol dalam Sepak Bola yang Bakal Sulit Dipecahkan

Yakin bakal ada yang menyusul?

Sepak bola tanpa gol bagaikan sayur tanpa garam. Rasanya hambar. Pasalnya, selain dapat menentukan kemenangan sebuah tim, gol juga merupakan hal yang ditunggu-tunggu penonton di stadion atau saat menyaksikan lewat layar televisi.

Sudah banyak pemain yang mampu menghasilkan gol, mulai striker, gelandang, bek, bahkan penjaga gawang. Namun, cuma sedikit yang sukses mencatatkan rekor spesial dan tampaknya akan mustahil dipecahkan pemain lain. Rekor gol apa saja itu?

1. Gol terbanyak dibuat kiper 

5 Rekor Gol dalam Sepak Bola yang Bakal Sulit Dipecahkanindependent.co.uk

Kalau seorang striker mencetak gol ke gawang lawan, itu mungkin sudah hal biasa dan memang tugasnya. Lalu, bagaimana jika ada kiper yang melakukan hal serupa? Jumlahnya tidak cuma dua digit, bahkan mencapai ratusan gol?

Kiper asal Brazil, Rogerio Ceni, tercatat sebagai penjaga gawang dengan raihan gol terbanyak sepanjang masa. Selama bermain sejak tahun 1990 hingga pensiun tahun 2015, ia total menghasilkan 132 gol dalam 1.238 penampilan bersama Sao Paulo.

2. Gol terbanyak dalam satu Piala Dunia 

5 Rekor Gol dalam Sepak Bola yang Bakal Sulit Dipecahkanfifa.com

Striker Jerman, Miroslav Klose, boleh menahbiskan diri sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia dengan total 16 gol. Namun, ia butuh empat turnamen World Cup untuk menghasilkan catatan tersebut, yakni edisi 2002, 2006, 2010, dan terakhir 2014.

Nah, striker Prancis, Just Fontaine, meraih sesuatu yang benar-benar luar biasa. Ketika mengikuti ajang Piala Dunia 1958 di Swedia, ia sukses menggelontorkan 13 gol. Hingga detik ini, Justo masih mempertahankan rekor gol terbanyak dalam satu gelaran World Cup.

3. Gol terbanyak dalam satu tahun kalender 

5 Rekor Gol dalam Sepak Bola yang Bakal Sulit Dipecahkanplanetfootball.com

Gol dan Lionel Messi memang tidak bisa dipisahkan. Pada tahun 2012 lalu, penyerang mungil ini bahkan meraih rekor istimewa, mencetak total 91 gol di semua kompetisi, sekaligus mematahkan catatan 85 gol yang diciptakan Gerd Muller pada tahun 1972.

Sepanjang tahun tersebut, pemain berjuluk La Pulga ini berhasil menceploskan 79 gol saat 60 kali berseragam Barcelona. Sementara, 12 gol sisanya dicetak saat tampil dalam sembilan pertandingan bersama timnas Argentina, atau rata-rata 1,319 gol setiap partai.

Baca Juga: Cetak Gol Ke-50, Ini Rekor Gemilang Lionel Messi Sepanjang 2019 

4. Hattrick terbanyak

5 Rekor Gol dalam Sepak Bola yang Bakal Sulit Dipecahkansportskeeda.com

Pele dinobatkan oleh FIFA sebagai pemain sepak bola terbaik pada abad ke-20. Itu tidak mengherankan melihat raihan yang sudah ia torehkan. Penyerang keling ini adalah pahlawan Brazil saat berhasil merengkuh tiga titel Piala Dunia, tahun 1958, 1962, dan 1970.

Sebagai seorang striker, naluri mencetak gol Pele pun sudah tidak perlu diragukan. Nah, satu catatan yang pernah ia hasilkan dan tampaknya mustahil dipecahkan pemain lain adalah menorehkan 92 hattrick selama merumput di lapangan hijau.

5. Gol dengan jarak terjauh 

5 Rekor Gol dalam Sepak Bola yang Bakal Sulit Dipecahkangoal.com

Pada tahun 2014 lalu, kiper Stoke City, Asmir Begovic, berhasil menorehkan namanya dalam catatan Guinness World Record. Pasalnya, ia mampu mencetak gol dari jarak yang sangat jauh, 91,9 meter, dalam partai resmi saat timnya bersua Southampton pada akhir November.

Dilansir BBC, Begovic mengaku terhormat, tetapi merasa agak aneh dengan gol tersebut. Angka yang dicetaknya membuat Begovic bergabung bersama Peter Schmeichel, Brad Friedel, Paul Robinson, dan Tim Howard sebagai kiper Liga Inggris yang bisa mencetak gol.

Nah, itu tadi deretan rekor gol yang pernah terjadi dalam dunia kulit bundar. Memang, ada kemungkinan bisa dipecahkan pemain lain. Namun, agaknya bakal sangat sulit. Kamu setuju?

Referensi:
https://www.bbc.co.uk/sport/football/29061851
https://bleacherreport.com/articles/1456355-breaking-down-lionel-messis-magical-91-goal-year-for-barcelona-and-argentina
https://thesefootballtimes.co/2019/07/26/rogerio-ceni-the-goalkeeper-who-scored-132-goals/
https://www.fifa.com/worldcup/news/fontaine-s-record-13-goal-haul-2837513
https://www.thesoccerweb.com/topics/worldrecords.html

Baca Juga: Ronaldo dan 9 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Champions Sepanjang Masa

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya