15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry Henry

Siapakah penyerang terbaik Arsenal selama ini?

Arsenal terkenal menjadi tim yang selalu diunggulkan pada setiap musimnya. The Gunners telah sukses memenangkan 3 gelar ketika berkompetisi di Premier League.

Musim yang paling menakjubkan bagi The Gunners mungkin adalah musim 2003/2004, ketika mereka tak terkalahkan sepanjang musim. Walaupun sudah lama tidak merasakan gelar juara Premier League, hal itu tidak langsung membuat Arsenal tidak mempunyai penyerang terbaik di dalam tim.

Siapa saja striker Arsenal terbaik sepanjang masa? Simak daftar lengkap dan video golnya di bawah ini.

1.Jimmy Brain

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryJimmy Brain (arsenal.com)

Dahulu Jimmy Brain pernah membela Arsenal tahun 1923 hingga 1931. Selama kariernya di Arsenal, ia belum pernah sekali pun mendapatkan gelar juara kompetisi apa pun. Walau begitu, Brain tampil dengan luar biasa hebat.

Ia menjadi top skor Arsenal selama 4 musim dan di antaranya berhasil mencetak 39 gol dalam semusim Liga Inggris. Total gol yang ia cetak selama kariernya di Arsenal adalah 125 gol dari 214 pertandingan.

2.Ted Drake

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryTed Drake (arsenal.com)

Ted Drake adalah pemain yang pernah membela Arsenal dan berposisi sebagai striker. Ia pernah mencetak rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim dengan total 44 gol di musim pada tahun 1934-1935.

Drake juga mencetak rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan divisi teratas Liga Inggris dengan koleksi total tujuh gol saat melawan Aston Villa. Drake berhasil membawa Arsenal menjuarai LIga Inggris sebanyak 2 kali dan 1 kali gelar juara FA Cup dalam periode 1934-1938.

Baca Juga: 3 Legenda Juara Leicester City Tak Lagi di Premier League

3. Charlie George

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryCharlie George mantan striker Arsenal (arsenal.com)

Charlie George bermain untuk Arsenal pada periode 1968-1975. Selain berposisi sebagai striker, terkadang ia juga bermain sebagai gelandang serang. Striker Arsenal ini menjadi salah satu pemain penting dan berhasil meraih gelar double winners pada musim 1970-1971. 

Berikut video gol George di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/so_QY7IkYFc

4. John Radford

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryJohn Radford legenda Arsenal (arsenal.com)

John Radford adalah pemain asli binaan Youth Academy Arsenal. Ia bermain untuk Arsenal dari tahun 1964 hingga 1976 dan mencetak 149 gol dari 475 penampilannya. Sepanjang berkarier sebagai pesepak bola, Radford dikenal juga sebagai seorang striker yang multitalenta.

Ia bisa bermain di banyak posisi seperti penyerang tengah, second striker, atau bahkan winger kanan. Ia berhasil membawa Arsenal menyabet gelar double winners sebagai juara Liga Inggris dan FA Cup pada musim 1970-1971.

Berikut video gol Radford di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/U0yX3H6Hjnk

5. Nwankwo Kanu

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryNwankwo Kanu bermain untuk Arsenal di English Premier League. (twitter.com/Arsenal)

Nwankwo Kanu, siapa yang tidak mengenal sosoknya. Dia salah satu yang dikenal di antara penggemar The Gunners. Kanu menjadi satu dari sekian banyak pemain andalan yang pernah dimiliki Arsenal.

Kanu memperkuat Arsenal mulai di tahun 1999 sampai dengan tahun 2004, pemain yang berasal dari Nigeria tersebut sukses mencetak 30 gol dari 119 pertandingan di Premier League.

Sepanjang karier Nwankwo Kanu, bermain di Arsenal adalah masa terbaiknya. Selama lima musim, Kanu sukses membawa Arsenal memenangkan 2 gelar Liga Inggris dan 2 Piala FA.

Tidak cuma itu, Nwankwo Kanu juga jadi bagian dari skuat Arsenal yang terkenal di musim 2003/2004. Walau di saat itu peran Kanu tak begitu siginifikan sebab hanya mencetak 3 gol, tetapi tetap saja striker Nigeria itu berada di skuat bersejarah tersebut.

Baca Juga: Aubameyang akan Jadi Pemain dengan Gaji Tertinggi di Arsenal

Berikut video gol terbaik Kanu di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/AV-8-Fvbryg

6. Sylvain Wiltord

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenrySylvain Wiltord (twitter.com/Arsenal)

Pada Agustus 2000, Arsenal mengeluarkan kocek sebesar £13 juta (rekor pembelian Arsenal di masa itu) untuk membeli Sylvain Wiltord. Wiltord sering kali dimainkan Arsene Wenger pada beberapa posisi di area depan karena pemain tersebut serbabisa.

Di beberapa pertandingan, pria yang mempunyai tinggi 174 cm ini dimainkan sebagai second striker, winger, atau penyerang tengah (berduet dengan Thierry Henry atau pun Dennis Bergkamp).

Mempunyai teknik mengolah bola yang mumpuni, fisik yang prima dan mempunyai insting mencetak gol, striker Arsenal ini benar-benar berjaya di Liga Inggris dengan stabil dan selalu membantu The Gunners meraih trofi demi trofi. Mulai dari trofi Community Shield, Piala FA hingga juara Liga Primer Inggris (termasuk era The Invincible pada musim 2003-2004).

Berikut video gol terbaik Wiltord di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/nTswHusEw14

Baca Juga: Kadung Jatuh Hati, Dani Ceballos Kembali ke Arsenal!

7. Theo Walcott

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry Henrypotret Theo Walcott (twitter.com/Arsenal)

Theo Walcott adalah mantan pemain Arsenal yang berposisi sebagai penyerang sayap. Penyerang sayap ini memegang rekor sebagai youngest player yang pernah bermain untuk kesebelasan Inggris.

Striker Arsenal ini sudah bergabung sejak tahun 2006. Selama kariernya di Arsenal, ia sering mencetak gol-gol penting yang berkontribusi besar dalam kemenangan timnya.

Berikut video gol terbaik Walcott di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/gaSo6OrpW7k

8. Nicholas Anelka

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryNicolas Anelka (arsenal.com)

Nicholas Anelka hanya bermain selama 2 tahun di Arsenal pada 1997 sampai 1999. Dalam kurun waktu 2 tahun tersebut, ia berhasil mempersembahkan trofi Liga Inggris untuk Arsenal musim 1997-1998.

Ia juga pernah menjadi top skor Arsenal pada Liga Inggris musim 1998-1999 dengan koleksi 17 gol. Sayangnya striker ini merasa tidak betah bermain di Arsenal dan memutuskan hijrah ke Real Madrid pada musim berikutnya.

Berikut video gol terbaik Anelka di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/T-Y4rLQmCEo

9. Alan Smith

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryAlan Smith (arsenal.com)

Alan Smith merupakan salah satu striker Arsenal. Ia memperkuat Arsenal selama 8 tahun sejak 1987 sampai 1995. Striker berkebangsaan Inggris ini dikenal sebagai pesepak bola yang berprestasi.

Ia berhasil mempersembahkan beberapa trofi untuk Arsenal dengan menjuarai Liga Inggris sebanyak 2 kali. Ia juga berhasil menjadi top skor sebanyak 2 kali di ajang liga tersebut.

Berikut video gol terbaik Alan di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/KSfVMkNabnI

10. Charlie Nicholas

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryCharlie Nicholas (arsenal.com)

Arsenal memboyong Charlie Nicholas dari Glasgow Celtic pada tahun 1983 saat usianya masih 21 tahun. Kala itu, ia menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Liga Inggris. Tak heran mengapa Arsenal memboyongnya.

Ia mampu membawa Celtic menjadi kampiun Liga Skotlandia sebanyak 2 kali di usianya yang masih sangat muda. Striker Arsenal ini menjadi rekan Alan Smith di lini depan dan berhasil mendapatkan trofi Piala Liga pada tahun 1987. 

Berikut video gol terbaik Charlie di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/bzKtzetlQJ8

11. Olivier Giroud

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryOlivier Giroud saat membela Arsenal di English Premier League. (twitter.com/premierleague)

Rasanya tidak aneh kalau ada nama Olivier Giroud sebagai salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Arsenal. Walau lebih sering bermain sebagai cadangan dan tidak jadi pilihan utama, penyerang yang berasal dari Prancis ini selalu mampu menunjukkan performa terbaiknya.

Selama lima musim bermain di Arsenal, Giroud telah bermain di 180 pertandingan dan berhasil mencetak 73 gol. Tidak diberi kesempatan bermain lebih banyak membuat pemain berumur 31 tahun ini kemudian memutuskan untuk pindah bermain ke Chelsea.

Berikut video gol terbaik Giroud di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/uLMzyuD1QnA

12. Robin van Persie

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryRobin van Persie (premierleague.com)

Mulai dikenalnya Robin van Persie oleh publik adalah ketika memutuskan untuk bermain bersama The Gunners pada tahun 2004. Saat itu dirinya dibeli dari klub Eredivisie yaitu Feyenoord.

Selama 8 musim bermain untuk Arsenal, pemain asal Belanda tersebut menjadi penyerang yang tajam dan nyaris tidak tergantikan sebagai penyerang di timnya. Van Persie telah bermain sebanyak 194 pertandingan di Premier League dan berhasil mencetak 96 gol.

Van Persie pernah bermain bersama Manchester United dan klub yang berasal dari Turki, yaitu Fenerbahce.

Baca Juga: 8 Pembelian Bek Termahal Arsenal Sepanjang Sejarah, Siapa Saja?

Berikut video gol terbaik Van Persie di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/V-BC82nUICs

13. Dennis Bergkamp

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryDennis Bergkamp bawa Belanda ke semifinal Piala Dunia 1998 (fifa.com)

Dennis Bergkamp merupakan seorang genius sepak bola ketika masih aktif menjadi pemain. Nama besarnya menjadi abadi untuk para penggemar The Gunners. Dengan total 11 musim, Bergkamp menghabiskan masa bermain di Arsenal dengan mengemas 87 gol dari 315 pertandingan Arsenal.

Telah banyak gelar juara dan penghargaan berhasil striker Arsenal yang satu ini. Sebagai pencetak gol terbanyak Liga Inggris musim 1997/1998 dan 2001/2002, Bergkamp telah sukses membawa Arsenal mendapatkan 3 gelar juara Liga Inggris musim 1997/1998, 2001/2002, dan yang terakhir di tahun 2003/2004.

Berkat jasanya di Arsenal, pemain yang sangat takut untuk berpergian menggunakan pesawat ini telah dibuat patung dirinya di luar Emirates Stadium. Patung perunggu itu perdana diperkenalkan kepada khalayak umum di tahun 2014.

Baca Juga: Willian Hattrick Asis, Arsenal Hajar Fulham dengan Telak!

Berikut video gol terbaik Dennis Bergkamp di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/SQDz-CX5QSs

14. Ian Wright

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryIan Wright (arsenal.com)

Karier Ian Wright di Arsenal mulai di tahun 1991. Selama 7 musim dengan Arsenal, pemain yang berasal dari Inggris tersebut telah sukses mencetak 128 gol dari total 228 pertandingan di Premier League.

Walau pun memutuskan untuk pindah dari Arsenal pada 1998 dan bermain di beberapa klub Inggris lainnya, seperti Nottingham Forest, West Ham United, dan Burnley. Meski begitu, hal itu tidak menghilangkan kecintaan para fans The Gunners kepada Ian Wright.

Berikut video gol terbaik Ian Wright di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/2KxJY2TzVuQ

15. Thierry Henry

15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa, Ada Thierry HenryThierry Henry (arsenal.com)

Thierry Henry memutuskan berkarier di Liga Inggris dengan bergabung ke Arsenal pada 1999. Sebelum pindah, pemain asal Prancis ini sempat bermain di klub besar lainnya, seperti Juventus dan AS Monaco.

Tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi, Henry langsung menjadi pesepak bola yang ditakuti oleh lini belakang klub lawan. Selama 8 musim memperkuat Arsenal, Thierry Henry telah berhasil membuat 175 gol dari total 258 pertandingan di Premier League.

Capaian gol Henry pun membuat dirinya menjadi top skor The Gunners di Premier League. Tidak hanya itu, striker Arsenal ini pun menjadi top skor sepanjang masa Arsenal dengan total 228 gol di semua kompetisi.

Berikut video gol terbaik Thierry Henry di Arsenal

https://www.youtube.com/embed/_jBfu0FHzjU

Baca Juga: Tampil Sempurna, Debut Gemilang Gabriel dan Willian di Arsenal

Papi Eyic Photo Writer Papi Eyic

https://www.linkedin.com/in/erickranes/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Rihanna Bunga
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya