Comscore Tracker

7 Klub Spanyol yang Berasal dari Andalusia, Sevilla Paling Menonjol!

Wilayah dengan budaya sepak bola paling kental di Spanyol

Spanyol adalah sebuah negara berbentuk kerajaan yang terbagi atas 17 wilayah otonomi, termasuk wilayah terluar di kepulauan Canary dan wilayah di sebelah utara Afrika. Sebagai sebuah negara yang terkenal karena industri sepak bolanya, Spanyol memiliki kurang lebih 500 klub sepak bola yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Wilayah Katalunya, Madrid, dan Basque merupakan wilayah yang paling dikenal sebagai pusatnya sepak bola Spanyol. Tak heran memang karena wilayah ini dikenal sebagai penghasil klub-klub berprestasi dan dikenal sebagai tempatnya para  pesepak bola berbakat.

Namun, faktanya ketiga wilayah tersebut bukanlah wilayah dengan budaya sepakbola paling kental di Spanyol. Wilayah Andalusia-lah yang menjadi wilayah dengan klub sepak bola terbanyak di Spanyol.

Dengan luas wilayah terbesar kedua di Spanyol, Andalusia memiliki lebih dari 100 klub yang berlaga di seluruh kasta Liga Spanyol. Dari sekian banyaknya klub yang ada di Andalusia, setidaknya ada 7 klub yang paling dikenal dan paling menonjol di antara semuanya. Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

Baca Juga: 10 Pemain Sevilla dengan Bayaran Tertinggi Musim 2020/2021

1. Sevilla

7 Klub Spanyol yang Berasal dari Andalusia, Sevilla Paling Menonjol!sevillafc.es

Dari sekian banyak klub yang berasal dari Andalusia, Sevilla menjadi klub yang paling berprestasi di antara semuanya. Sevilla didirikan pada 18 Januari 1890 oleh komunitas ekspatriat Britania Raya yang menetap di Andalusia.

Sejak berdiri, Sevilla baru sekali meraih gelar juara LaLiga. Namun, di kancah Eropa, klub yang bermarkas di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan ini menjadi klub tersukses di ajang Europa League dengan jumlah 6 gelar juara. Tahun ini Sevilla berhasil tampil konsisten dan berhasil bertengger di papan atas klasemen LaLiga sekaligus melaju ke babak 16 besar Liga Champions.

2. Real Betis

7 Klub Spanyol yang Berasal dari Andalusia, Sevilla Paling Menonjol!thenationalnews.com

Selain Sevilla, Real Betis juga merupakan klub asal Andalusia lain yang paling menonjol dalam daftar ini. Sejak dibentuk pada 12 September 1907, Real Betis baru sekali meraih gelar juara LaLiga. Real Betis bermarkas di Estadio Benito Vilmarin, Kota Sevilla, yang memiliki kapasitas 60,7 ribu penonton.

Musim ini Real Betis berada di klasemen papan tengah LaLiga. Tim asuhan Manuel Pellegrini ini juga dianggap sebagai salah satu tim kuda hitam di LaLiga karena diisi oleh beberapa pemain besar, seperti Nabil Fekir, William Carvalho, Claudio Bravo, dan Andreas Guardado.

3. Granada CF

7 Klub Spanyol yang Berasal dari Andalusia, Sevilla Paling Menonjol!footballticket.net

Granada merupakan klub Andalusia lain yang kini berlaga di LaLiga. Granada yang berdiri pada 14 April 1931 bermarkas di Estadio Nuevo Los Carmenes yang memeliki kapasitas 19,3 ribu penonton. Secara prestasi, Granada telah beberapa kali meraih juara di Segunda Division, namun belum pernah menjuarai LaLiga.

Musim lalu El Grana berhasil menduduki posisi 7 di klasemen LaLiga yang menjadi prestasi terbesar mereka selama berkiprah di LaLiga. Di musim ini Granada bermain di Europa League dan berhasil lolos dari fase grup dan akan bertemu Napoli di babak 32 besar.

4. Cadiz CF

7 Klub Spanyol yang Berasal dari Andalusia, Sevilla Paling Menonjol!bola.net

Klub yang baru promosi ke LaLiga tahun ini, Cadiz CF, juga merupakan klub yang berasal dari wilayah Andalusia. Cadiz yang didirikan pada tanggal 10 September 1910 belum memiliki prestasi apa pun selama kiprahnya di Liga Spanyol.

Cadiz CF bermarkas di Estadio Ramon de Carranza, Kota Cadiz, yang memiliki kapasitas 20 ribu penonton. Penampilan Cadiz sebagai tim promosi di LaLiga musim ini tidak terlalu buruk. Mereka berada di papan tengah klasemen La Liga dan menjadi satu-satunya tim yang berhasil mengalahkan Real Madrid dan Barcelona di kompetisi LaLiga sejauh ini.

5. Malaga

7 Klub Spanyol yang Berasal dari Andalusia, Sevilla Paling Menonjol!zimbio.com

Malaga merupakan klub asal Andalusia lain yang pernah bersinar di Eropa selain Sevilla. Malaga yang didirikan pada tahun 1948 sempat digadang-gadang akan menjadi klub besar kala dibeli pengusaha asal Qatar bernama Abdullah Altani di tahun 2010. Kala itu, Malaga diisi oleh banyak pemain bintang semacam Isco, Santi Cazorla, dan Ruud van Nistelrooy.

Namun, sayang prediksi tersebut melenceng. Malaga hampir bangkrut karena kesalahan menejemen dalam pengelolaan keuangan dan kini Malaga berada di Segunda Division. Prestasi terbesar yang pernah diraih Malaga ialah menjadi juara Piala Intertoto di tahun 2002 dan mencapai perempatfinal Liga Champions musim 2012/2013.

6. UD Almeria

7 Klub Spanyol yang Berasal dari Andalusia, Sevilla Paling Menonjol!udalmeriasad.com

Klub selanjutnya ialah Union Deportivo Almeria atau lebih dikenal dengan UD Almeria. Tahun ini UD Almeria sedang berjuang di papan atas Segunda Division untuk meraih tiket promosi ke LaLiga musim depan. UD Almeria tergolong sebagai salah satu klub termuda yang ada di Spanyol karena baru dibentuk pada 26 Juli 1989.

Dengan umurnya yang masih tergolong muda, UD Almeria masih belum bisa mendapatkan gelar juara apa pun. UD Almeria bermarkas di Estadio Los Juegos yang terletak di kota Almeria yang memliki kapasitas 14,7 ribu penonton.

7. Recreativo Huelva

7 Klub Spanyol yang Berasal dari Andalusia, Sevilla Paling Menonjol!en.as.com

Berkebalikan dengan UD Almeria, Recreativo Huelva merupakan salah satu klub tertua di Spanyol. Recreativo Huelva terbentuk pada 23 Desember 1889 dan dijuluki sebagai Abuelo, yang dalam bahasa Spanyol berarti Kakek. Recreativo Huelva bermarkas di Estadio Nuevo Calombino, Kota Huelva, yang memiliki kapasitas 21,6 ribu penonton.

Di awal tahun 2000-an prestasi Recreativo Huelva cukup menanjak karena berhasil menjadi runner up di ajang Copa Del Rey tahun 2003. Namun, kini mereka berada di Segunda B Division dan sedang berjuang untuk kembali mengulang kesuksesannya seperti di awal tahun 2000-an.

 

Itulah 7 klub Spanyol yang berasal dari wilayah Andalusia. Dari ratusan klub yang ada di wilayah ini, hanya Sevilla dan Real Betis yang pernah menjuarai LaLiga. Semoga saja ke depannya akan lebih banyak lagi klub asal Andalusia yang berprestasi layaknya Sevilla. Adakah klub favoritmu?

Baca Juga: 10 Kreasi Cake Ala Spanyol yang Unik dan Nikmat, Bikin Ngiler!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya