Trik Shin Tae Yong Bikin Timnas Perkasa Sepanjang 2022

Timnas sudah paham filosofi permainan Shin Tae Yong

Jakarta, IDN Times - Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, mengungkapkan bagaimana gaya dari pelatih Shin Tae Yong menangani pasukannya ketika sedang berada di ruang ganti. Kepiawain Shin dalam membakar semangat anak-anak asuhnya, menurut Rian (sapaan akrab Rachmat) berada di atas rata-rata.

Rian menyatakan kunci Timnas bisa tampil konsisten sepanjang 2022, termasuk menang secara back to back atas Curacao, 24 dan 27 September lalu, adalah cara Shin dalam menggugah keberanian para pemainnya.

"Coach Shin minta kami untuk berani main bola pendek, lalu lebih percaya diri meski menghadapi tim yang memiliki peringkat FIFA lebih tinggi," kata Rian.

1. Timnas harus bersusah payah menang

Trik Shin Tae Yong Bikin Timnas Perkasa Sepanjang 2022Timnas Indonesia saat kalahkan Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Menang dalam dua pertandingan secara beruntun atas Curacao, Rian merasa laga berlangsung berat buat Timnas. Sebab, Curacao bermain lebih keras dan kerap memberikan ganjaran kepada para pemain Timnas.

"Laga memang berlangsung keras, kami bersyukur pada akhirnya bisa meraih kemenangan." ujar pemain Persib Bandung tersebut.

Baca Juga: Pentolan Jakmania dan Viking Mesra Nonton Timnas: Bawa Pesan Damai

2. Timnas Indonesia makin solid

Trik Shin Tae Yong Bikin Timnas Perkasa Sepanjang 2022Timnas Indonesia saat kalahkan Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Sementara, Shin menilai Pasukan Garuda sudah semakin solid permainannya. Shin menganggap para pemainnya telah memahami filosofi yang diinginkan, makanya bisa bermain ciamik dan menunjukkan grafik peningkatan sepanjang 2022.

Memang, sejak kalah dari Thailand di final Piala AFF, Timnas jarang kalah. Dari delapan laga pasca final Piala AFF, Timnas cuma kalah sekali, dari Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Kepercayaan diri pemain meningkat. Pemain juga mulai memahami filosofi sepak bola saya, serta sudah beradaptasi dengan permainan yang diinginkan," kata Shin.

3. Kehadiran suporter juga berperan besar

Trik Shin Tae Yong Bikin Timnas Perkasa Sepanjang 2022Para penggawa Timnas Indonesia berfoto bersama official di belakang para pendukung usai sukses mengalahkan Curacao dalam laga FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Dukungan suporter di tribune juga menjadi salah satu kunci kemenangan atas Curacao. Maka dari itu, Rian mengapresiasi betul kehadiran suporter, yang ikut membakar semangat Timnas Indonesia.

"Terima kasih kepada suporter yang hadir ke sini. Kalian sangat membantu, karena itu yang kami butuhkan. Dukungan, teriakan kalian luar biasa," ujar Rian.

Baca Juga: Sesumbar Shin Tae Yong: Timnas Butuh Lawan yang Lebih Kuat

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya