3 Jebolan Akademi AS Saint-Etienne di Premier League 2023/2024

Semua berposisi sebagai bek tengah

AS Saint-Etienne merupakan tim yang tengah berkutat di Ligue 2 Prancis 2023/2024. Meski tak berada di kasta tertinggi Liga Prancis, Sainte Les Verts tak bisa dipandang sebelah mata. Mereka memiliki sejarah panjang dan pernah meraih berbagai gelar bergengsi di kancah domestik. Selain itu, Saint-Etienne juga mampu melahirkan talenta potensial melalui program akademi sepak bolanya.

Para lulusan AS Saint-Etienne ternyata mampu masuk radar transfer sehingga tersebar di berbagai liga top Eropa. English Premier League menjadi salah satu tujuan bagi pesepak bola mereka untuk melebarkan sayap. Pada 2023/2024, ada tiga jebolan akademi AS Saint-Etienne di Premier League 2023/2024. Keberadaan mereka kerap menjadi pilar kunci bagi tim masing-masing.

1. Kurt Zouma masih sulit tergantikan di jantung pertahanan West Ham United pada 2023/2024

3 Jebolan Akademi AS Saint-Etienne di Premier League 2023/2024Kurt Zouma (instagram.com/kurtzouma)

Kurt Zouma adalah bek tengah yang pernah menimba ilmu di akademi AS Saint-Etienne. Pemain kelahiran Lyon ini telah menunjukkan kemampuan di berbagai kelompok umur. Dirinya kemudian dinilai sudah siap dan mendapat promosi ke skuad senior pada 2011. Dia perlahan bisa menjadi andalan di area pertahanan Les Verts sejak itu.

Potensinya berhasil memikat Chelsea sehingga dibeli pada musim dingin 2014. Namun, dia tak langsung memperkuat The Blues karena harus dipinjamkan lagi kepada AS Saint-Etienne. Ini bertujuan untuk membuat performanya makin matang. Meski tak selalu tampil reguler, kehadirannya bisa memperdalam kekuatan lini belakang tim asal Prancis tersebut. Zouma sendiri telah mencatatkan total penampilan sebanyak 74 laga dengan mencetak 4 gol dan 1 assist bersama Les Verts.

Kurt Zouma kembali gabung dengan Chelsea pada musim panas 2014. Pemain berkebangsaan Prancis ini ternyata masih kesulitan mendapat kesempatan reguler. Selain itu, cedera juga sering membuatnya absen. Perjalannya tak mulus, dirinya pernah dipinjamkan The Blues kepada beberapa tim seperti Stoke City dan Everton agar mendapat menit bermain.

Selepas menyelesaikan masa peminjaman, Kurt Zouma mulai mendapat tempat di lini pertahanan Chelsea. Dirinya sering dipercaya untuk tampil sejak menit pertama. Dia juga ikut berjasa mempersembahkan berbagai gelar domestik dan Eropa untuk The Blues. Bek berusia 29 tahun ini berkontribusi sebanyak 151 pertandingan dengan membuat 10 gol dan 6 assist untuk tim London Barat tersebut.

Chelsea kemudian memilih untuk melepas permanen Kurt Zouma kepada West Ham United pada musim panas 2021. Dirinya setuju menandatangani kontrak sampai 2025 bersama The Hammers. Bek tengah bertinggi 190 cm langsung dipercaya menjadi pilar penting pertahanan tim. Ini membuatnya sering mendapat kesempatan sebagai starter.

Pada 2023/2024, Kurt Zouma masih menjadi salah satu figur penting di jantung pertahanan West Ham United. Dirinya sering diturunkan sejak menit pertama dan diplot menjadi kapten The Hammers. Sampai pekan ke-28, dia telah diturunkan dalam 26 pertandingan dengan membuat 2 gol di semua ajang. Sejauh ini, Zouma mencatatkan total kontribusi sebanyak 90 laga dengan menyumbang 5 gol dan 1 assist.

Baca Juga: 4 Bek Lulusan Akademi Ajax yang Meramaikan Premier League 2023/2024

2. William Saliba menjadi pilihan utama di area pertahanan Arsenal pada 2023/2024

3 Jebolan Akademi AS Saint-Etienne di Premier League 2023/2024William Saliba (instagram.com/w.saliba4)

William Saliba merupakan bek tengah jebolan akademi AS Saint-Etienne. Pemain bertinggi 192 cm ini telah menunjukkan kinerjanya di berbagai kelompok umur dan berhasil dipanggil ke skuad senior pada 2018. Meski baru mendapat promosi, dirinya terhitung cukup sering mendapat kesempatan untuk tampil sebagai starter Les Verts.

Bakatnya ternyata mencuri perhatian Arsenal sehingga didatangkan pada musim panas 2019. William Saliba tak langsung memperkuat The Gunners karena langsung dipinjamkan kepada AS Saint-Etienne. Bek tengah berkebangsaan Prancis ini tak selalu tampil reguler saat masa peminjaman karena menderita cedera. Dirinya tercatat berkontribusi sebanyak 36 pertandingan selama merumput bersama Les Verts.

Pada musim panas 2019, William Saliba kembali memperkuat Arsenal. Namun, dirinya kesulitan menembus skuad utama sehingga tidak mendapat menit bermain sama sekali. The Gunners lantas memutuskan untuk meminjamkan talenta 22 tahun ini ke beberapa tim seperti OGC Nice dan Olympique Marseille. Ini agar membuatnya mendapat jam terbang.

Selepas kembali dari masa peminjaman, William Saliba mampu mendapat kepercayaan dari Arsenal. Dirinya sering diturunkan Mikel Arteta sebagai starter di semua ajang. Namun, performanya sempat terhambat karena mengalami cedera punggung. Meski begitu, dia dianggap sebagai prospek penting masa depan sehingga mendapat perpanjangan kontrak sampai 2027 bersama The Gunners.

Pada 2023/2024, William Saliba makin menunjukkan peran penting sehingga jadi pilihan utama di area pertahanan Arsenal. Dirinya kerap dipercaya untuk tampil selama 90 menit di berbagai kompetisi. Hingga pekan ke-28, Saliba sendiri telah bermain dalam 37 pertandingan dengan menyumbang 2 gol dan 1 assist. Bek Tim Nasional Prancis ini mencatatkan total kontribusi sebanyak 70 laga dengan mencetak 5 gol dan 2 assist bersama The Gunners.

3. Wesley Fofana menderita cedera ACL pada 2023/2024

3 Jebolan Akademi AS Saint-Etienne di Premier League 2023/2024Wesley Fofana (chelseafc.com)

Wesley Fofana adalah bek tengah yang pernah mengenyam pendidikan di akademi AS Saint-Etienne. Dirinya tampil di berbagai kategori umur dan sukses mendapat kesempatan untuk memperkuat skuad senior pada 2019. Perjalanan awalnya tidak mudah, pemain kelahiran Marseille ini sempat menderita cedera lutut sehingga melewat beberapa laga. Selepas pulih, dia berhasil mendapat kepercayaan dan menjelma sebagai salah satu tembok kokoh Les Verts. Fofana sudah menunjukkan total kontribusi sebanyak 30 pertandingan dengan membuat 2 gol untuk tim asal Prancis tersebut.

Bertahan singkat, Wesley Fofana memilih hengkang dari AS Saint-Etienne setelah menerima tawaran dari Leicester City pada musim panas 2020. Tak butuh waktu adaptasi lama, dirinya mampu bertransformasi sebagai sosok penting di jantung pertahanan. Bek tengah berusia 23 tahun ini kerap diplot sebagai starter di berbagai kompetisi. Namun, dia sempat tertimpa nasib sial karena mengalami patah tulang fibula. Ini membuat performanya menurun dan melewatkan banyak laga. Meski begitu, pemain berkebangsaan Prancis tersebut ikut mengantar The Foxes memenangkan Piala FA 2021. Fofana sendiri mencatatkan total penampilan sebanyak 52 pertandingan dengan menorehkan 1 gol dan 1 assist di berbagai ajang.

Meski sempat absen lama, Chelsea melihat Wesley Fofana sebagai prospek menjanjikan sehingga diboyong dari Leicester City pada musim panas 2022. Bek tengah berkebangsaan Prancis ini dipagari kontrak sampai 2029. Namun, langkah awalnya bersama The Blues berjalan tidak mulus. Dirinya lagi-lagi mengalami cedera lutut kambuhan sehingga melewatkan beberapa laga. Selepas pulih, Fofana cukup sering masuk skuad utama The Blues.

Wesley Fofana kembali berkutat dengan cedera. Pesepak bola bertinggi 186 cm ini menderita anterior cruciate ligament (ACL) dan menjalani operasi. Ini membuatnya belum tampil sama sekali bersama Chelsea pada 2023/2024. Sejauh ini, dirinya baru berkontribusi dalam 20 pertandingan dengan menyumbang 2 gol untuk tim London Barat tersebut.

Ketiga pemain akademi AS Saint-Etienne di atas meramaikan EPL 2023/2024. Sejauh ini, Kurt Zouma dan William Saliba berhasil menunjukkan kinerja solid sehingga dipercaya untuk menjadi pilar penting bagi masing-masing tim. Sementara, Wesley Fofana sering berkutat dengan cedera sehingga belum tampil maksimal bersama Chelsea.

Baca Juga: 4 Tim Premier League dengan 8 Kemenangan Beruntun pada Awal Tahun

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya