Profil Pemain Timnas eFootball Indonesia di eAsian Cup 2023, Juara!

Permalukan Jepang di final

Timnas eFootball Indonesia berhasil keluar sebagai juara eAsian Cup 2023 setelah mengalahkan Jepang di laga final, Senin (5/2/2024) di Virtuocity Arena, Doha, Qatar. Timnas eFootball Indonesia membungkam Jepang dengan skor 3-2 pada leg pertama dan 1-0 pada leg kedua.

Indonesia berhasil menjadi juara edisi pertama Piala Asia eFootball yang baru digelar pertama kali tahun ini. Gelarannya bersamaan dengan Piala Asia 2023 di Qatar.

Timnas eFootball Indonesia diperkuat oleh tiga pemain, yaitu Rizky Faidan, Mohammad Akbar Paudie, dan Elga Cahya Putra. Berikut profil pemain timnas eFootball Indonesia di eAsian Cup 2023.

1. Rizky Faidan

Profil Pemain Timnas eFootball Indonesia di eAsian Cup 2023, Juara!Rizky Faidan, pemain timnas eFootball Indonesia yang raih juara eAsian Cup 2023 (instagram.com/rikzyfaidan)

Rizky Faidan merupakan pemain termuda di skuad timnas eFootball Indonesia di eAsian Cup 2023. Faidan lahir di Bandung, Jawa Barat pada 2 Maret 2003. Dia mulai menggeluti dunia esport sejak 2016 dan memiliki karier yang mulai cemerlang.

Pada 2019, Faidan menjadi salah satu wakil Indonesia dalam PES League World Finals di London, Inggris. Lalu pada 2020, Rizky bergabung dengan PSS Sleman untuk berlaga di Indonesia Football eLeague (IFeL) dan berhasil keluar sebagai juara.

Namanya makin dikenal di dunia esport tanah air ketika berhasil meraih medali emas di PON XX Papua 2021. Bahkan pada tahun yang sama, dia kembali menjuarai IFeL bersama PSS Sleman.

Namun, pada 2022, Faidan melanjutkan karier ke Bali United untuk berkompetisi di IFeL. Lalu pada 2023, Faidan kembali pindah ke Persik Kediri.

2. Mohammad Akbar Paudie

Profil Pemain Timnas eFootball Indonesia di eAsian Cup 2023, Juara!Mohammad Akbar Paudie, pemain timnas eFootball Indonesia yang juara eAsian Cup 2023 Qatar (instagram.com/akbarpaudie1)

Mohammad Akbar Paudie merupakan pemain timnas eFootball Indonesia yang lahir di Gorontalo, 13 November 2001. Namanya mulai dikenal pencinta esport di Indonesia saat berhasil menjadi juara Piala Presiden 2021. Saat itu, Akbar masih membela tim amatir, Badut Esport.

Gelar juara pertamanya itu kemudian membuat Akbar banyak dilirik oleh beberapa klub besar Liga 1 di ajang IFeL. Namun, akhirnya Akbar memilih Persiraja Banda Aceh. Dia pun langsung membawa timnya menjadi runner up IFeL 2021.

Kemudian pada 2022, Akbar pindah ke Bhayangkara FC hingga saat ini. Setahun berikutnya, Akbar juga menjadi salah satu wakil Indonesia dalam ajang Kejuaraan Esports Dunia atau IESF World Championship 2023.

Baca Juga: Timnas Esports Indonesia Siap Mentas di AFC eAsian Cup Qatar 2023

3. Elga Cahya Putra

Profil Pemain Timnas eFootball Indonesia di eAsian Cup 2023, Juara!Elga Cahya Putra, pemain timnas eFootball Indonesia yang juara eAsian Cup 2023 di Qatar (instagram.com/elgacahyaputra19)

Elga Cahya Putra merupakan pemain eFootball Indonesia asal Lampung yang lahir pada 19 November 1997. Elga sudah menggeluti dunia esport, khususnya eFootball sejak 2018.

Namanya mulai dikenal pada 2020 saat membela Madura United di IFeL. Sayangnya, Elga gagal memberikan prestasi bagi timnya musim itu.

Pada 2021, Elga kemudian hijrah ke Borneo FC dan berhasil menduduki posisi runner up IFeL. Saat itu, Rizky Faidan menjadi lawan yang mengalahkannya di laga final.

Lalu, pada 2022, Elga menjadi salah satu wakil Indonesia untuk berlaga di IESF World Championship yang digelar di Bali. Elga sukses menunjukkan taringnya dengan keluar sebagai juara.

Pada 2023, Elga kembali tampil moncer dengan menjadi juara IFeL 2023. Hal ini sekaligus mengantarkannya sebagai salah satu pemain timnas eFootball untuk berjuang di eAsian Cup 2023.

Itulah profil tiga pemain timnas eFootball Indonesia di eAsian Cup 2023 Qatar. Meski timnas gagal lolos ke babak delapan besar Piala Asia 2023, tapi para pemain eFootball ini sukses membuktikan bahwa Indonesia tetap tak bisa dipandang sepele.

Baca Juga: Keren! Indonesia Juara AFC eAsian Cup Qatar 2023

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya