5 Pesepak Bola Eropa Dengan Caps Timnas Terbanyak, Ronaldo Masuk!

Mayoritas adalah mantan pemain Real Madrid

Mimpi terbesar sebagian besar pesepak bola adalah dipanggil untuk membela tim nasional negaranya. Banyak pemain yang tidak sering dipanggil timnas meski bermain bagus di klubnya dan hanya memperoleh hanya beberapa caps timnas.

Cedera, selera pelatih, dan juga gaya bermain yang tidak cocok dengan formasi tim menjadi beberapa alasan pemain tersebut tidak menjadi andalan di timnas. Namun, banyak juga yang konsisten dipanggil oleh tim nasionalnya dan mendapatkan caps hingga ratusan.

Bermain di klub kecil atau besar sedikit banyak berpengaruh pada kemungkinan dipanggilnya mereka ke dalam skuad tim nasional. Selain itu, menit bermain yang didapat di klub yang mereka bela tersebut juga sangat berpengaruh. Dilansir FIFA.com, berikut adalah 5 pemain asal Eropa yang memiliki caps terbanyak dengan tim nasional negaranya. Ulasan berikut akan kami sajikan dalam hitung mundur.

Baca Juga: 10 Pemain yang Menjadi Bintang Setelah Berganti Posisi, Ada Buffon!  

5. Vitalijs Astafjevs (167 Pertandingan)

5 Pesepak Bola Eropa Dengan Caps Timnas Terbanyak, Ronaldo Masuk!BristolPost

Nama pemain ini pastinya sangat jarang terdengar. Maklum saja, pemain asal Latvia ini memang tidak pernah bermain untuk klub besar. Tercatat ia hanya pernah bermain di klub klub Rusia dan Austria, seperti Austria Vienna dan Rubin Kazan. Namun, ia juga sempat bermain di Inggris dengan membela Bristol Rovers.

Meskipun demikian, pemain yang mengoleksi 9 trofi Liga Latvia tersebut menjadi pemain bintang di negaranya. Ia membantu negaranya lolos ke putaran final Euro 2004 dan sempat menjadi pemain Eropa dengan caps terbanyak dengan 167 caps sebelum disusul pemain Eropa lainnya.

4. Iker Casillas (167 Pertandingan)

5 Pesepak Bola Eropa Dengan Caps Timnas Terbanyak, Ronaldo Masuk!Goal.com

Jika nama sebelumnya jarang didengar, nama Iker Casillas tidak mungkin tidak dikenal oleh pecinta sepak bola, khususnya fans Real Madrid. Pemain yang terakhir membela klub Portugal, FC Porto, ini menghabiskan sebagian besar kariernya di klub yang membesarkan namanya, Real Madrid. Ia memenangkan banyak trofi dan menjadi legenda di klub yang berjuluk Los Blancos itu.

Namun, prestasi Casillas tak hanya di level klub, di level timnas pun ia sanggup membantu Timnas Spanyol mendapatkan 3 trofi mayor secafra beruntun, Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012. Iker Casillas sempat jadi peraih caps terbanyak timnas Spanyol dengan 167 caps sebelum akhirnya disusul mantan rekan setimnya di Real Madrid dan timnas Spanyol, Sergio Ramos.

3. Cristiano Ronaldo (170 Pertandingan)

5 Pesepak Bola Eropa Dengan Caps Timnas Terbanyak, Ronaldo Masuk!Goal.com

Masih diisi pemain terkenal, Cristiano Ronaldo mungkin adalah satu dari sekian pemain paling hebat di dunia saat ini. Ronaldo pernah bermain untuk Manchester Unite dan Real Madrid. Pemain Juventus itu telah meraih total 7 gelar liga domestik (3 Liga Inggris, 2 Liga Spanyol, dan 2 Liga Italia) dan 5 trofi Liga Champions (1 bersama Manchester United dan sisanya bersama Real Madrid).

Pemain yang meraih 5 gelar Balon D'Or ini pun tidak hanya bergemilang piala di level klub, di level timnas pun ia menorehkan prestasi. Ia menjadi pemain yang paling banyak bermain untuk timnas Portugal dengan 170 caps. Selain itu, ia juga menjadi pencetak gol terbanyak dengan 102 gol. Ronaldo membantu Timnas Portugal menjuarai euro 2016 setelah hanya menjadi finalis di tahun 2004 silam.

2. Gianluigi Buffon (176 Pertandingan)

5 Pesepak Bola Eropa Dengan Caps Timnas Terbanyak, Ronaldo Masuk!Goal.com

Selain Ronaldo yang saat ini membela Juventus, satu lagi pemain Juventus pencetak caps terbanyak adalah Gianluigi Buffon. Kiper veteran berusia 42 tahun tersebut sudah mencatatkan 176 caps bagi Timnas Italia. Buffon membantu Italia memenangi Piala Dunia 2006 dan menjadi finalis Euro 2012.

Buffon kembali ke Juventus setelah sempat hijrah ke PSG musim 2018/2019. Selama kariernya, Buffon sudah meraih 10 trofi Liga Italia, 1 Piala UEFA (Europa League), dan 3 kali menjadi runner up di Liga Champions. Mirip dengan Iker Casillas, ia juga menghabiskan sebagian besar kariernya dengan membela satu klub besar, yakni Juventus.

1. Sergio Ramos (178 Pertandingan)

5 Pesepak Bola Eropa Dengan Caps Timnas Terbanyak, Ronaldo Masuk!TheSun

Nama terakhir adalah Sergio Ramos. Pemain yang memperkuat Real Madrid sejak dibeli dari Sevilla tahun 2006 ini menjadi pesepak bola Eropa dengan caps terbanyak, 178 caps. Ia sempat bermain bersama 2 pemain dengan caps terbanyak lainnya, Iker Casillas dan Cristiano Ronaldo di Real Madrid. Selama di Real Madrid, Ramos memenangkan beberapa trofi, di antaranya 5 trofi Liga Spanyol, 4 trofi Liga Champions, dan 2 trofi Copa Del Rey.

Bersama Iker Casillas juga ia turut masuk ke dalam skuad Timnas Spanyol yang memenangkan 3 trofi mayor secara beruntun, yakni Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012. Ia juga tercatat masih menjadi kapten, baik di Real Madrid maupun di Timnas Spanyol.

 

Itulah para pesepak bola Eropa dengan caps terbanyak di tim nasional. Di antara mereka sebagian besar adalah pemain bintang yang tak hanya konsisten di klub yang dibelanya, tetapi juga konsisten saat bermain untuk tim nasional. Di antara pemain di atas, siapakah idolamu?

Baca Juga: 10 Bek Terbaik di LaLiga Tahun 2020, Sergio Ramos Hingga Daniel Wass

Yoseph Sebastian Photo Writer Yoseph Sebastian

Seorang Penggila Sepakbola dan Bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya