Comscore Tracker

Harga Beda Tipis, Mending iPhone 12 Pro atau iPhone 13?

Spesifikasi teknis keduanya juga tidak jauh berbeda

Bagi kamu yang saat ini sedang dalam posisi akan membeli salah satu seri smartphone terbaik Apple, yaitu iPhone 12 Pro dan iPhone 13, alangkah baiknya ketahui dulu apa saja perbedaan yang ditawarkan keduanya agar tidak salah dalam menentukan pilihan, ya. Jika melihat banderol harga keduanya di salah satu premium reseller iBox, kedua seri HP iPhone ini tampaknya memiliki selisih harga jual yang hanya terpaut Rp1 jutaan, lebih tepatnya Rp1,8 juta saja, lho.

Apa saja, sih, perbedaan spesifikasi dari iPhone 12 Pro dan iPhone 13? Yuk, kita ulas satu-persatu lewat artikel ini!

1. Tahun perilisan dan dukungan software update

Harga Beda Tipis, Mending iPhone 12 Pro atau iPhone 13?ilustrasi pembaharuan iPhone (support.apple.com)

Jika melihat dari tahun perilisannya, iPhone 13 bisa dikatakan lebih prima ketimbang iPhone 12 Pro. iPhone 13 yang dirilis setahun setelah perilisan iPhone 12 Pro ini tentu secara garis besar memiliki beberapa keunggulan baik dari segi hardware maupun software-nya.

Salah satu hal yang akan cukup berasa tentu dari segi dukungan software update yang kemungkinan akan didapatkan oleh kedua seri HP iPhone ini. iPhone 13 yang dirilis pada tahun 2021 lalu kemungkinan besar akan mendapatkan dukungan software update satu tahun lebih panjang jika dibandingkan dengan iPhone 12 Pro yang diluncurkan lebih dulu, lebih tepatnya di tahun 2020 yang lalu.

2. Tampilan dan build quality, benarkan iPhone 12 lebih tangguh karena dilapisi stainless steel?

Harga Beda Tipis, Mending iPhone 12 Pro atau iPhone 13?potret iPhone 12 Pro (ibox.co.id)

Sementara dari sektor tampilan maupun dimensinya, kedua seri ponsel iPhone ini memiliki bahasa desain yang sekilas terlihat cukup sama, lho. Secara umum keduanya memiliki ukuran panjang, lebar, hingga ketebalan bodi yang tidak signifikan berbeda.

Selain itu, bodi belakang dari kedua iPhone ini juga masing-masing telah dilapisi kaca.Sedikit perbedaan mungkin terletak pada aspek pemilihan material frame yang digunakan oleh keduanya. iPhone 12 Pro jelas terlihat lebih premium serta memiliki durabilitas yang lebih baik karena menggunakan material frame berbahan stainless steel yang diklaim lebih tahan akan goresan, ketimbang frame alumunium yang dipakai oleh seri iPhone 13.

Baca Juga: iPhone 11 Pro Max Vs. iPhone 13, Beda Generasi, Spesifikasi Bersaing!

3. Menggunakan panel layar sama berjenis OLED

Harga Beda Tipis, Mending iPhone 12 Pro atau iPhone 13?ilustrasi tampilan layar iPhone (support.apple.com)

Beralih ke komponen layarnya, kedua seri HP iPhone ini tampaknya memiliki tampilan display yang sama, lho. Baik iPhone 12 Pro maupun iPhone 13 ini sama-sama dibekali spesifikasi serta dukungan teknologi layar yang terbilang sama sekali tidak ada bedanya.

Keduanya sama-sama menggunakan panel layar berjenis OLED seluas 6,1 inci Super Retina XDR beresolusi 2532×1170 dengan kerapatan piksel 460ppi. Selain itu, layar kedua smartphone iPhone ini juga mempunyai rasio kontras 2.000.000:1 serta mendukung kecerahan maksimum layar mencapai 800nits.

4. Soal performa pacu, iPhone 13 sukses mendapatkan skor benchmark lebih baik

Harga Beda Tipis, Mending iPhone 12 Pro atau iPhone 13?ilustrasi prosesor Apple A15 Bionic (versus.com)

Lanjut ke bagian performa dapur pacunya, seri iPhone 12 Pro dibekali dengan chipset Apple A14 Bionic yang memiliki 6 inti CPU, di antaranya 2 core performa dan 4 core efisiensi. Sementara untuk iPhone 13 sendiri hadir dengan mengusung chipset Apple A15 Bionic yang juga memiliki 2 core performa dan 4 core efisiensi CPU.

Untuk hasil pengujian AnTuTu Benchmark keduanya, iPhone 12 Pro berhasil mendapatkan total skor sebanyak 699557 poin. Di sisi lain, iPhone 13 yang ditenagai jenis prosesor terbaru mampu memperoleh total skor AnTuTu Benchmark di angka 785157 poin.

5. Spesifikasi kamera dan harga yang ditawarkan. Mana smartphone pilihan kamu?

Harga Beda Tipis, Mending iPhone 12 Pro atau iPhone 13?iPhone 12 Pro dan iPhone 13 (ibox.co.id)

Untuk sektor fotografi iPhone 12 Pro sedikit lebih diunggulkan karena memiliki tiga kamera belakang sekaligus. Di antaranya adalah lensa utama 12MP, lensa ultra-wide 12MP, lensa telefoto 12MP, serta lensa kamera swafoto beresolusi 12MP.

Sedangkan iPhone 13 sendiri hadir hanya dibekali dua kamera belakang, yakni lensa utama dan ultra-wide masing-masing beresolusi 12MP serta satu buah kamera depan 12MP untuk keperluan swafoto. Yang menarik, kamera dari iPhone 12 Pro dan iPhone 13 ini juga memiliki kemampuan merekam video dengan kualitas yang sangat baik, yakni hingga resolusi 4K 60fps, lho.

Sebagai kesimpulan, berdasarkan perbandingan lengkap yang telah kita ulas di atas, bisa dikatakan kalau kedua seri iPhone ini masing-masing memiliki keunggulan dan juga kekurangan tersendiri di beberapa sektornya. Namun, untuk urusan performa, baik iPhone 12 Pro dan iPhone 13 tidak perlu diragukan lagi, ya!

Baca Juga: 6 Keunggulan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus yang Bisa Dinikmati

Ahmad Sandi Photo Verified Writer Ahmad Sandi

Menulis itu menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya