Comscore Tracker

Serupa, tapi Tak Sama! Ini Beda Smart TV dan Android TV

Teliti lagi sebelum membeli, ya!

Penggunaan TV tabung dan analog sudah makin tersingkir dengan kehadiran smart TV dan Android TV di pasaran. Dilansir Good Home Automation, paten smart TV pertama diberikan pada 1994 kepada Fast France Advanced System, perusahaan teknologi asal Prancis. Akan tetapi, perilisan smart TV baru benar-benar dilakukan pada 2007 melalui produk bernama Mediasmart TV dari HP atau SL3760.

Nah, berbeda dengan Android TV, menurut laman Digital Trends, Google mulai mengembangkan pengalaman pengguna perangkat smart TV sejak 2010. Sejak itu, mereka kian aktif mengembangkan sistem operasi yang dianggap tepat bagi sebuah televisi. Nah, pada 2015, pengembangan smart TV yang ada disalurkan pada Android TV yang sudah mulai eksis sejak setahun sebelumnya.

Well, kendati tampak mirip, ternyata smart TV dan Android TV itu berbeda, lho. Apa saja perbedaannya? Yuk, disimak!

Baca Juga: Cara Merawat Android agar HP Bertahan Lama, Mudah dan Aman!

Beda smart TV dan Android TV yang harus diketahui sebelum membelinya

Serupa, tapi Tak Sama! Ini Beda Smart TV dan Android TVilustrasi smart TV di ruangan kecil (unsplash.com/Samuel Regan-Asante)

Oke, setidaknya, ada lima perbedaan utama antara smart TV dan Android TV. Apa saja, ya?

  1. Smart TV memiliki perangkat lunak yang berbeda dengan Android TV. Secara umum, Android TV memang lebih banyak dipilih karena sistem operasinya juga dikembangkan oleh Google. Di sisi lain, smart TV biasanya memiliki sistem operasi lain, misalnya Tizen OS (Samsung) atau webOS (LG).
  2. Semua Android TV sebetulnya bisa digolongkan sebagai smart TV, tapi tidak semua smart TV bisa berfungsi sebagai Android TV. Hal ini jelas tampak dari sisi sistem operasi Android yang memiliki keunggulan dalam hal akses ke Google Play Store.
  3. Keduanya menggunakan sambungan internet untuk melengkapi semua fitur digital yang ada. Namun, dapat dikatakan bahwa fitur digital pada Android TV masih lebih lengkap. Kendati demikian, smart TV bisa diakses dengan lebih mudah dan simpel layaknya televisi digital lainnya.
  4. Bentuk fisik dari smart TV lebih bervariasi, baik dari segi ukuran maupun model. Hal ini bisa terjadi karena dua raksasa produsen TV, yakni Samsung dan LG, memiliki sistem operasinya masing-masing. Nah, kita tentu tahu kalau Samsung dan LG selalu membuat produk TV dengan desain yang bagus dan menawan.
  5. Dilihat dari kepraktisannya, smart TV lebih unggul karena biasanya hanya menggunakan satu buah remote saja. Adapun, pengguna Android TV kadang perlu dua remote untuk menjalankan perangkat TV dan sistem operasi Android sekaligus.

Dengan cara mengetahui perbedaan smart TV dan Android TV di pasaran, kamu pun juga lebih mudah dalam memilihnya. Harus diingat bahwa keduanya membutuhkan sambungan internet untuk memaksimalkan fitur-fitur digital di dalamnya. Semoga artikel ini dapat dijadikan pertimbangan, ya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Remote TV Terbaik untuk Android, Bisa untuk Berbagai Merek

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya