Comscore Tracker

Cara Merawat Printer dengan Mudah, Dijamin Awet dan Gak Rewel

Printer yang doyan macet pastinya menjengkelkan

Printer adalah perangkat elektronik yang mampu menerjemahkan data visual (tulisan, gambar, foto, dan lain sebagainya) ke dalam sebuah cetakan di media kertas. Biasanya, printer modern juga sudah memiliki fitur canggih tambahan, seperti scanner, fotokopi, dan konektivitas untuk percetakan nirkabel.

Namun, sayangnya, banyak kasus printer yang sering macet dan rewel ketika akan digunakan untuk membantu tugas-tugas penting, seperti mencetak berkas untuk keperluan sekolah dan pekerjaan. Tentunya hal ini menjadi sangat menjengkelkan, bukan?

Nah, agar printer milikmu bisa digunakan secara rutin tanpa adanya kendala, kamu harus tahu bagaimana cara merawat printer dengan benar. Yuk, disimak!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harus Beli Printer Portabel, Sudah Punya?

Cara merawat printer tanpa ribet

Cara Merawat Printer dengan Mudah, Dijamin Awet dan Gak Rewelilustrasi perangkat printer (pxhere.com)

Dilansir Cartridge Depot, salah satu cara mudah untuk merawat printer adalah menggunakannya secara rutin sesuai kebutuhan. Yup, mesin pencetak yang tidak pernah digunakan akan berpotensi rusak karena tintanya mengering. Nah, selain itu, beberapa cara di bawah ini bisa dilakukan untuk menjaga agar printer milikmu tetap awet.

  1. Jaga kebersihan printer dari debu dan kotoran yang menumpuk. Bersihkan perangkat PC dan printer setidaknya 3 atau 6 bulan sekali.
  2. Matikan printer jika sama sekali tidak digunakan. Selain menghemat daya, mematikan printer di saat tidak digunakan akan membiarkannya beristirahat sejenak.
  3. Gunakan tinta yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan printer. Perhatikan jenis dan kualitas tinta. Jangan asal menambahkan tinta karena bisa saja jenisnya berbeda.
  4. Gunakan printer secara bijak. Dalam hal ini, sebaiknya kamu tidak mencetak gambar yang kaya warna secara berlebihan.
  5. Lakukan clean head secara berkala. Biasanya, sebuah mesin pencetak sudah dimasukkan program ini sebagai fitur bawaan.
  6. Ganti tinta sebelum benar-benar habis. Dengan cara ini, kamu akan terhindar dari eror atau crash pada program printer milikmu. Malas mengganti tinta juga membuat printer lebih doyan macet mendadak pada saat akan digunakan.
  7. Jika printer milikmu mulai mengalami masalah, segera bawa ke tempat servis terpercaya. Jangan membongkarnya sendirian karena dikhawatirkan akan membuatnya makin parah.

Jadi, bagaimana menurutmu? Ternyata, merawat printer dengan baik itu cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Nah, semoga artikel ini dapat memberi manfaat buat kamu, ya!

Baca Juga: 7 Hal Menakjubkan yang Bisa Dibuat Printer 3D, Ada Rumah!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya