Comscore Tracker

Punya Kualitas Sampah, Ini Dia 5 Video Game Terburuk Sepanjang Masa

#PANJATPOIN Jauh dari kata layak untuk dimainkan

Dengan ribuan judul video game yang telah dirilis sejak berkembangnya industri ini pada akhir tahun 70-an, tentu saja ada beberapa judul yang menonjol karena keburukannya. Ada beberapa faktor yang mendasari kenapa video game dianggap buruk, antara lain dari gameplay, grafis dan juga cerita. Apabila ketiga aspek penting itu tidak dieksekusi dengan baik, bisa dipastikan video game yang lahir akan dicap buruk.

Membuat game yang bisa dengan mudah dicintai oleh kritikus maupun audiens umum, bukanlah perkara yang mudah. Akan tetapi, merilis sebuah yang belum sepenuhnya selesai bisa dibilang menjadi kejadian biasa di industri game saat ini. Nah, berhubungan dengan itu, disini penulis akan membagikan info terkait video game apa saja yang dianggap sebagai yang terburuk sepanjang masa. Berikut ulasannya.

1. Ride to Hell: Retribution

Punya Kualitas Sampah, Ini Dia 5 Video Game Terburuk Sepanjang Masaamazon.com

Ride to Hell: Retribution diumumkan secara resmi pada tahun 2008, namun dibatalkan di tahun yang sama. Akhirnya, game yang sempat hype ini, diumumkan kembali pada tahun 2013 bersama dengan perilisannya kala itu. Sayangnya, game yang dirilis untuk PC, PS3 dan Xbox 360 ini menjadi salah satu game dengan rating terendah di Metacritic dan GameRankings. Oleh para kritikus, Ride to Hell dianggap sebagai salah satu game terburuk selama satu dekade terakhir. Game yang dikembangkan oleh Eutechnyx ini menawarkan gameplay yang hancur, kontrol yang sulit, premis yang konyol dan juga grafis yang ketinggalan. Maka tak heran, jika pada akhirnya game ini hanya mendapat skor rata-rata sebesar 17% di berbagai situs rating terkemuka di dunia.

2. E.T. the Extra-Terrestrial

Punya Kualitas Sampah, Ini Dia 5 Video Game Terburuk Sepanjang Masagamespot.com

Digarap oleh Howard Scott Warshaw hanya dalam waktu lima setengah minggu, E.T yang merupakan kepanjangan dari Extra-Terrestrial dirilis pada pada bulan Desember 1982 untuk Atari 2600 / VCS. E.T pada awalnya ditujukan sebagai "official game" dari film E.T. the Extra-Terrestrial karya Steven Spielberg yang dirilis pada tahun itu juga. E.T dianggap sebagai salah satu game paling penting di tahun 80-an. Sayangnya, anggapan itu bukan karena game ini baik, melainkan sangat buruk, sehingga dianggap sebagai penyebab jatuhnya industri video game pada tahun 1983. Beberapa dekade setelahnya, sebuah urban legend muncul yang menyebutkan bahwa terdapat 'kuburan video game' di salah satu TPA di New Mexico. Dan benar saja, legenda itu menjadi kenyataan setelah ratusan ribu salinan video game ditemukan, yang hampir kesemuanya didominasi oleh game E.T.

3. Superman 64

Punya Kualitas Sampah, Ini Dia 5 Video Game Terburuk Sepanjang Masadenofgeek.com

Superman: The New Superman Adventures, atau yang umumnya disebut sebagai Superman 64, merupakan video game bergenre petualangan yang dikembangkan oleh Titus Interactive untuk Nintendo 64. Sama seperti E.T, game yang satu ini juga mengambil inspirasi dari media lain yaitu serial televisi, Superman: The Animated Series.

Dirilis pada tahun 1999, Superman 64 sempat mengalami hambatan dalam pengerjaannya lantaran, konflik kurang sehat yang kala itu mendera DC Comics dan Warner Bros. Anehnya, meski game ini belum selesai dan dipenuhi bug, secara mengejutkan game ini bisa lolos untuk dipasarkan ke sejumlah toko game. Akan tetapi, seperti yang diperkirakan, game ini pada akhirnya gagal secara komersial. Gameplay dari Superman 64 dianggap sangat rusak, tidak jelas dan mengundang rasa frustasi.

4. Bubsy 3D

Punya Kualitas Sampah, Ini Dia 5 Video Game Terburuk Sepanjang Masapolygon.com

Sempat menjadi maskot dari konsol PlayStation meski pada akhirnya gagal, seri terbaru dari franchise Bubsy yang berjudul Bubsy 3D dirilis secara eksklusif untuk PlayStation 1 pada tahun 1996. Seperti namanya, game yang satu ini menggunakan grafis dengan model 3D. Sayangnya, meski terdengar seperti peningkatan, hal tersebut justru membuat game ini mengalami penurunan kualitas.

Grafis 3D pada game ini terlihat sangat hancur dan dapat merusak mata siapapun yang memainkannya. Alhasil, game ini langsung mendapat cemoohan dan ulasan negatif dari sejumlah kritikus yang menyebut jika Bubsy 3D merupakan game eksklusif PS1 terburuk yang pernah diciptakan. Tak hanya kualitas grafis saja yang hancur, kontrol, pengembangan karakter dan gameplay, juga dibuat mengenaskan dan tak layak dimainkan.

5. Sonic the Hedgehog (2006)

Punya Kualitas Sampah, Ini Dia 5 Video Game Terburuk Sepanjang Masavideogamesuncovered.com

Sonic mungkin menjadi salah satu karakter paling dikenal dan dicintai oleh setiap gamers di seluruh dunia. Sayangnya, perjalanan karir dari karakter berbentuk landak berwarna biru ini, tidak semulus yang dibayangkan. Terlebih, ketika game berjudul Sonic the Hedgehog dirilis pada tahun 2006.

Bertindak sebagai seri reboot, game yang satu ini jauh dari kata peningkatan atau lebih baik. Sonic the Hedgehog memiliki plot yang rumit nan menjengkelkan, perspektif kamera yang mengganggu dan juga kontrol yang sulit dikendalikan. Karena sejumlah keburukan itu, game ini langsung mendapat ulasan negatif dari para kritikus dan ungkapan kekecawaan dari para fans franchise Sonic. Pada tahun 2010, Sega langsung menghapus Sonic the Hedgehog dari peredaran guna menjaga citra karakter Sonic yang selama ini dicintai para gamers di seluruh dunia.

Itula sejumah game yang dicap sebagai yang terburuk. Apakah kamu pernah memainkan salah satunya?

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya