Comscore Tracker

Kerennya 7 Game Eksklusif PS5 yang Siap Dirilis 2021

PS5 dibanjiri banyak game eksklusif tahun ini

PlayStation punya basis fans yang besar di seluruh dunia bukan tanpa alasan. Selama bertahun-tahun, terlepas dari berbagai kendala, konsol garapan Sony selalu jadi opsi utama gamer yang ingin mencicipi berbagai game terbaik dengan kualitas di atas rata-rata.

Menariknya, game-game tersebut eksklusif alias tidak bisa dimainkan kecuali di konsol buatan Sony. Tahun ini, konsol paling baru dari mereka yaitu PlayStation 5 menjadi fokus utama. Deretan game eksklusif yang luar biasa siap untuk meluncur tahun ini juga ke tangan gamer yang penasaran dengan kualitasnya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Deathloop

https://www.youtube.com/embed/mc2hz3LJhTY

Dikembangkan oleh kreator seri Disnohored – Arkane Studios, Deathloop merilis beberapa gameplay dan trailer sinematik menjelang perilisannya pada 21 Mei mendatang. Game yang satu ini berfokus pada menghabisi 8 target dalam satu kali putaran atau loop. Jika pemain mati di tengah jalan, maka misi akan diputar kembali dari awal.

Mekanisme tersebut sama seperti sejumlah game Hitman terbaru di mana proses menghabisi target tidak dipisah menjadi banyak misi, melainkan jadi satu. Deathloop akan jadi game eksklusif PS5 selama satu tahun sebelumnya juga tersedia untuk PC.

2. Ghostwire: Tokyo

https://www.youtube.com/embed/l4tkNjJsOvY

Salah satu game terbaru yang bakal dirilis oleh Bethesda – Ghostwire: Tokyo dirilis Oktober tahun ini dan akan jadi game eksklusif PS5 untuk satu tahun. Terlepas dari itu, game yang dikembangkan menggunakan Unreal Engine 4 ini diprediksi tetap bakal jadi salah satu alasan pemain membeli PS5.

Game dengan perspektif first-person akan mengajak pemain ke versi alternatif dari kota Tokyo di mana semua orang menghilang dan banyak roh berkeliaran di jalanan. Tango Gameworks selaku developer kembali memadukan gameplay aksi dengan elemen horor sama seperti seri Evil Within yang juga mereka garap.

3. Stray

https://www.youtube.com/embed/u84hRUQlaio

Jadi salah satu game favorit para penggemar, Stray memberi pemain tugas untuk mengendalikan seekor kucing yang jalan-jalan di kota yang dihuni oleh para robot. Dengan elemen puzzle ringan dan fokus pada atmosfer serta kota yang bisa dijelajahi, Stray menawarkan esensi yang sama seperti Journey dan Abzu.

Durasi gameplay yang dibawa kemungkinan bakal singkat namun penuh dengan emosi. Dari segi estetika cyberpunk, Stray mungkin bukan yang paling banyak dibicarakan namun jelas jadi yang tidak boleh dilewatkan. Sama seperti Ghostwire: Tokyo, Stray akan dirilis Oktober mendatang.

Baca Juga: Ini 7 Game PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

4. Returnal

https://www.youtube.com/embed/ov4fJmGCsZM

Returnal merupakan game third-person shooter yang nampaknya sangat terinspirasi game seperti Dead Space dengan elemen aksi dan horor psikologis. Yang menarik dari game ini adalah fakta bahwa ini juga menyertakan elemen roguelike.

Artinya, setiap kematian akan “me-reset” karakter pemain namun di satu sisi, juga menambahkan beberapa perubahan di dalam permainan itu sendiri. Pemain sendiri akan dibuat terdampar di planet alien namun lewat mekanisme gameplay yang seru, pemain juga bakal dibikin ketagihan. Returnal direncanakan untuk meluncur 30 April mendatang.

5. Ratchet And Clank: Rift Apart

https://www.youtube.com/embed/ai3o0XtrnM8

Ratchet And Clank: Rift Apart merupakan contoh teranyar dari bagaimana seri Ratchet and Clank selalu punya banyak inovasi menarik untuk dibawa. Rift Apart ditargetkan untuk bisa jadi game yang tidak hanya memuaskan bagi penggemar, namun juga ramah untuk pemain baru.

Salah satu nilai jual utama game ini adalah kemampuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan itu didukung dengan kecepatan SSD yang dimiliki oleh PS5. Game yang level animasinya bisa disebut berada di level film animasi Pixar ini akan dirilis pada 11 Juni mendatang.

6. Horizon Forbidden West

https://www.youtube.com/embed/Lq594XmpPBg

Sekuel yang telah lama ditunggu dari Horizon Zero Dawn yaitu Horizon Forbidden West bakal melanjutkan kisah Aloy pada dunia di mana sisi primitif dari masa lalu dan futuristik di masa depan digabung menjadi satu. Game ini masih akan menghadirkan monster robot raksasa namun tentunya dengan varian yang lebih banyak dari pendahulunya.

Untuk cerita, Aloy kini memiliki misi untuk mencari tahu wabah misterius yang membunuh semua yang terinfeksi. Dikembangkan oleh Guerilla Games, Horizon Forbidden West dijadwalkan untuk meluncur tahun ini di tanggal yang belum ditentukan.

7. God Of War: Ragnarok

https://www.youtube.com/embed/Ty7WudwSKMA

Terlepas dari fakta bahwa belum ada screenshot atau trailer berisi gameplay yang dirilis, God Of War: Ragnarok tetap jadi salah satu game paling diantisipasi tahun ini. Ini bakal menjadi sekuel langsung dari dari soft-reboot God Of War yang dirilis pada tahun 2018.

Ragnarok direncanakan untuk dirilis tahun ini, meski hingga kini belum ada kepastian mengenai tanggal perilisannya. Selain itu, meski juga belum ada informasi mengenai plot ceritanya, game ini diperkirakan akan memulai serangkaian peristiwa yang menggambarkan kematian para dewa mitologi Nordik yang disebut juga sebagai “Ragnarok”.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa game eksklusif PS5 yang siap dirilis tahun ini. Dari beberapa game di atas, mana yang paling kamu antisipasi kehadirannya?

Baca Juga: 7 Game Survival Unik Ala Valheim yang Kini Sedang Populer

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya