Comscore Tracker

Amazon Prime Video, 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui 

Pesaing Netflix dengan konten yang tak kalah bagus!

Amazon Prime Video merupakan salah satu layanan streaming dengan perpustakaan konten yang cukup lengkap yang sayangnya tenggelam dalam popularitas layanan serupa seperti Netflix dan Disney+. Padahal, layanan milik Amazon ini menawarkan beragam film dan serial termasuk beberapa yang original seperti The Boys, The Man In The High Castle dan Fleabag.

Bagi yang kamu yang mungkin tertarik untuk berlangganan layanan yang satu ini, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum berlangganan. Yuk, check this out!

1. Apa itu Amazon Prime Video

Amazon Prime Video, 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui cnet.com

Amazon Prime Video (atau hanya Prime Video) merupakan layanan streaming media online yang umumnya satu paket dengan layanan Amazon Prime. Ini dilengkapi dengan ribuan film dan serial yang bisa diunduh atau di-streaming secara langsung, dengan beberapa di antaranya mendukung resolusi 4K.

Di luar itu, ada juga sejumlah judul yang tersedia untuk dibeli ataupun disewa. Prime Video pertama kali hadir di Amerika Serikat sekitar satu dekade yang lalu, sebelum akhirnya dirilis di hampir semua negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Amazon beberapa kali meluncurkan konten original untuk Prime Video, baik yang dibuat oleh Amazon Studios milik mereka maupun studio pihak ketiga.

2. Penggunaan kuota dan minimal kecepatan koneksi

Amazon Prime Video, 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui cashify.in

 

Tidak semua orang diberi keberuntungan untuk punya koneksi internet yang mumpuni, namun untungnya permintaan minimal kecepatan koneksi untuk Prime Video tergolong bisa dijangkau oleh semua orang. Meskipun begitu, koneksi tinggi tetap dibutuhkan untuk streaming konten beresolusi UHD atau 4K, namun tidak untuk resolusi SD dan HD.

  • 500 Kbps – minimal kecepatan koneksi yang dibutuhkan
  • 1,5 Mbps – kecepatan koneksi yang direkomendasikan
  • 3 Mbps – kecepatan yang disarankan untuk streaming SD
  • 5 Mbps – kecepatan yang disarankan untuk streaming HD
  • 25 Mbps – kecepatan yang disarankan untuk streaming 4K

Sama seperti Netflix, Prime Video juga menyediakan opsi kualitas yang bisa dipilih yang masing-masing memakan besaran data atau kuota yang berbeda. Ada tiga tingkatan dengan yang paling rendah memakan sekitar 380 MB per jam, menengah di angka 1,4 GB per jam dan yang terbaik di kisaran 6,84 GB per jam.

3. Ketersediaan

Amazon Prime Video, 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui pcmag.com

Amazon Prime Video tersedia di semua negara yang mendukung Amazon Prime, termasuk lebih dari 200 negara di seluruh dunia, dengan Indonesia jadi salah satunya. Sistem langganan juga tersedia semua negara kecuali yang punya hubungan kurang baik dengan Amerika Serikat, seperti Tiongkok, Iran, Korea Utara dan Suriah. Sama seperti kebanyakan layanan streaming, konten di tiap negara dapat berbeda (kecuali untuk konten original) namun secara garis besar pengalaman yang ditawarkan tetap  sama.

Baca Juga: Daftar 7 Situs Streaming Nonton Film Gratis Terbaik, Dijamin Legal!

4. Harga

Amazon Prime Video, 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui usatoday.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Amazon Prime Video termasuk ke dalam paket langganan Prime Video. Kendati demikian, pengguna tetap bisa berlangganan Prime Video secara terpisah atau sendiri. Harga yang dipatok Amazon untuk Prime Video memang tidak murah, namun itu sebanding konten-konten menarik yang ditawarkan.

Di Indonesia sendiri, pengguna perlu merogoh kocek Rp89 ribu untuk berlangganan Prime Video per bulannya. Untungnya, tersedia opsi free-trial untuk mencoba selama 7 hari sebelum memutuskan berlangganan.

5. Perangkat yang mendukung Prime Video

Amazon Prime Video, 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui eloutput.com

Amazon Prime Video bukanlah jenis layanan yang langka atau eksklusif alias bisa dinikmati di hampir semua perangkat. Namun, tidak semua fitur seperti subtitle, resolusi 4K dan live streaming tersedia di semua perangkat dan cara menikmati Prime Video terbaik umumnya lewat perangkat buatan Amazon sendiri seperti Fire TV atau Fire TV Stick. Di samping itu, Prime Video juga bisa dinikmati dengan perangkat lain seperti HP Android, Blu-ray player, perangkat berbasis iOS, PS3/PS4/PS5, Chromecast, Nvidia Shield TV, Smart TV, browser dan Xbox One/Xbox Series X.

6. Konten

Amazon Prime Video, 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui amazon.com

Netflix mungkin mengungguli Amazon Prime Video untuk urusan jumlah pengguna, namun Prime Video kenyataannya memiliki katalog konten berupa film dan serial yang tidak kalah bagus, termasuk beberapa konten original yang tidak dapat ditemukan di platform lain.

Konten berkualitas tinggi juga akan segera hadir, termasuk baru-baru ini Amazon Studios memperoleh hak untuk IP besar seperti The Lords of The Rings. Kombinasikan itu dengan sejumlah film klasik dan serial baru nan segar, Prime Video menawarkan ragam konten untuk semua orang.

7. Apakah layak?

Amazon Prime Video, 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui techcrunch.com

Di luar kualitas streaming dan konten yang ditawarkan, Amazon Prime Video unggul dibanding kompetitor karena termasuk ke dalam paket Amazon Prime. Selain itu, harga paket standar (tidak termasuk dukungan 4K dan streaming di lebih dari dua perangkat) untuk Netflix misalnya, lebih mahal dari Prime Video.

Jadi secara harga, Prime Video jauh lebih murah. Akan tetapi, ketika berbicara mengenai konten hits, Prime Video belum bisa melampaui Netflix. Karenanya, Prime Video cocok untuk mereka yang tidak ingin langganan rutin dan hanya satu atau dua bulan untuk menonton konten original seperti The Boys atau The Expanse.

Demikian tadi ulasan mengenai apa saja yang perlu diketahui sebelum berlangganan Amazon Prime Video. Untuk Android dan iOS, Amazon Prime Video bisa langsung diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Aplikasi Streaming Terbaik untuk Diinstal di Smart TV

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya