Comscore Tracker

Ini 7 Cara Mudah Menjadi Viral dan Populer di TikTok

Karena masuk FYP saja gak cukup

TikTok adalah aplikasi yang sangat populer di kalangan generasi Z. Dilansir dari laman Oberlo, aplikasi yang ditawarkan oleh TikTok Pte. Ltd ini memiliki 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Padahal, TikTok baru berusia 4 tahun sejak diluncurkan pada September 2016 silam.

Kamu sudah menjadi pengguna aktif dan rutin mengunggah konten di TikTok? Tapi viewers-nya hanya ada ratusan? Terapkan cara ini agar videomu di TikTok menjadi viral dan populer!

1. Posting video setiap hari walau belum menjangkau banyak orang

Ini 7 Cara Mudah Menjadi Viral dan Populer di TikTokgoodsrush.com

Menurut Grant Beene, seorang TikToker dengan 1,3 juta pengikut, kita harus memposting video setiap hari walau belum menjangkau banyak orang.

"Tidak ada yang namanya memposting terlalu banyak di TikTok. Jika kamu bisa memposting tiga (video) TikTok sehari, kamu akan tumbuh lebih cepat daripada seseorang yang memposting sekali sehari," tegas Grant Beene.

Walau informasi seputar algoritma TikTok masih samar, setidaknya kita tidak akan "dihukum" atau dianggap spam karena terlalu sering mengunggah seperti di Facebook. Menurut Grant Beene, video TikTok ibarat properti. Semakin banyak properti yang dimiliki, semakin besar "pendapatan" kita. Kesempatan untuk dikenal pun menjadi semakin besar.

Konsistensi adalah kunci, hal ini diakui oleh Alessandro, CEO The Influencer Marketing Factory. Meskipun kita punya video viral dengan 20 juta penonton, kita bisa "tertimbun" oleh kreator lain jika tidak sering memposting video baru.

2. Perhatikan tren dan buatlah konten yang terinspirasi darinya

Ini 7 Cara Mudah Menjadi Viral dan Populer di TikTokstayhipp.com

Masih ingat dengan tren dalgona coffee di bulan April lalu? Tren ini sempat merajai TikTok dan banyak orang berbondong-bondong untuk mencobanya. Menurut Nick Uhas yang punya 7,4 juta pengikut di TikTok, tak ada salahnya mengikuti tren dan membuat konten yang terinspirasi dari itu, tuturnya di laman The Tab.

Begitu pula jika sedang ada lagu yang viral di TikTok, langsung buatlah dance cover atau konten dengan backsound lagu tersebut, saran Alessandro. Ia menegaskan bahwa tak usah ragu untuk "melompat" ke apa pun yang sedang tren.

Bagaimana cara mengetahui apa yang sedang trending di TikTok? Caranya adalah membuka tab "Discover". Dilansir laman Later.com, jika kita tidak tahu konten apa yang ingin dibuat, carilah ide melalui hashtag yang sedang tren. Siapa tahu bisa jadi inspirasi!

3. Jadilah unik dan berbeda dari kreator lain

Ini 7 Cara Mudah Menjadi Viral dan Populer di TikToklatimes.com

Kenal dengan sosok di atas? Ia adalah Newton Nguyen alias @newt, seorang TikToker dengan 6,2 juta pengikut. Newt terkenal berkat video masak-memasak di TikTok-nya. Bahkan, Los Angeles Times menyebut bahwa Newt menginspirasi generasi muda untuk menjadi koki rumahan berkat cara memasaknya yang simpel, diselingi humor, dan cara pengambilan videonya yang membuat kita tergiur.

Agar bisa viral dan populer, penting bagi kreator untuk menjadi unik, orisinil, dan berbeda. Tunjukkan kepada orang-orang sesuatu yang belum pernah mereka lihat sebelumnya, saran Nick Uhas di laman The Tab.

4. Sering berinteraksi dengan TikToker lain

Ini 7 Cara Mudah Menjadi Viral dan Populer di TikToktapsmart.com

Tak hanya rutin membuat konten, kita juga harus terus berinteraksi dengan pengguna TikTok lain. Caranya mudah, cukup tonton video mereka, berikan suka (likes), dan meninggalkan komentar, seperti dikutip dari laman Instazood. Mengapa demikian?

Dengan ini, keberadaan kita akan disadari oleh TikToker lain dan mungkin mereka akan mampir ke profil kita untuk menonton video yang telah kita buat. Dan mungkin saja, kreator TikTok lain tertarik untuk berkolaborasi dengan kita.

Baca Juga: Cara Menemukan Hashtag Instagram yang Tepat, Postinganmu Akan Ramai

5. Fokus membuat konten yang spesifik, jangan terlalu lebar

Ini 7 Cara Mudah Menjadi Viral dan Populer di TikTokamp.thenational.ae

Hampir sama seperti YouTube, semakin spesifik konten, semakin loyal pengikut kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui konten apa yang hendak dibuat. Akan lebih baik untuk fokus di ceruk tertentu yang beresonansi dengan personal branding kita, saran laman Influencer MarketingHub.

Salah satu contohnya adalah Zach King (@zachking), seorang editor video profesional. Ia membuat konten TikTok tak jauh dari profesinya, misalnya membuat video ilusi optik yang bisa membuat kita terpana. Berkat kemampuannya, Zach berhasil mengumpulkan 50,7 juta pengikut di TikTok.

6. Manfaatkan hashtag agar videomu dilihat lebih banyak orang

Ini 7 Cara Mudah Menjadi Viral dan Populer di TikTokfilmora.wondershare.com

Sama seperti semua media sosial lain, hashtag atau tagar berperan penting supaya kontenmu lebih dikenal dan dilihat lebih banyak orang. Hashtag berfungsi supaya video kita lebih mudah ditemukan di ceruk yang relevan, jelas laman Instazood. Usahakan agar hashtag dan isi video relevan. Jangan asal menambahkan hashtag padahal tidak ada korelasinya.

Contoh hashtag yang basic adalah #exercise dan #fitness untuk konten yang berhubungan dengan kesehatan, #easyrecipe atau #homemaderecipe untuk konten yang berkaitan dengan masakan, hingga #crafts dan #5mincraft untuk konten tentang kerajinan tangan, saran laman Wondershare Filmora.

7. Jadilah sekreatif mungkin!

Ini 7 Cara Mudah Menjadi Viral dan Populer di TikTokblog.hubspot.de

Dan yang terakhir, jadilah sekreatif mungkin dan jangan takut terlihat aneh! Jika TikToker lain membuat dance cover dengan lagu A dan dengan koreografi yang sama, jangan takut untuk melawan arus dan tampil beda.

Laman Instazood menyarankan agar kita menonton beberapa video populer dari TikToker terkenal, lalu pikirkan cara kreatif untuk membuatnya tampil beda. Perkaya referensi, lalu eksekusi dengan gayamu sendiri. Semakin kreatif, semakin mudah kita mencapai ketenaran. And don't forget to have fun!

Nah, itulah sekilas 7 cara agar menjadi viral dan populer di TikTok yang bisa dicoba. Adakah saran lain darimu?

Baca Juga: 7 Cara Membuat Hashtag jadi Trending Topic di Twitter

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya