Comscore Tracker

Google+ Resmi Ditutup Setelah 7 Tahun karena Beberapa Alasan Utama Ini

Salah satunya karena bocornya data pengguna

Pada 8 Oktober 2018 lewat www.blog.google, Google secara sah mengumumkan kalau mereka akan menutup layanan media sosialnya yang bernama Google+. Dirilis 2011 lalu, awalnya media sosial ini cukup laris dengan adanya miliaran orang yang mendaftar.

Namun siapa sangka, 7 tahun kemudian akhirnya ia tutup usia. Walaupun diisuka pada awalnya akan menjadi saingan berat Facebook, ini alasan kenapa Google+ akhirnya di tutup.

1. Pengguna yang sangat sedikit

Google+ Resmi Ditutup Setelah 7 Tahun karena Beberapa Alasan Utama Inimashable.com

Sebagai sebuah media sosial, tentu seharusnya Google+ menjadi tempat dimana pengguna bisa melakuakan interaksi sosial. Namun, apa yang bisa dilakukan kalau pengguna di media sosial itu terlalu sedikit?

Bahkan, di tahun 2014 saja dikabarkan pengguna Google+ ada sekitar 100 juta orang namun yang secara rutin menggunakan media sosial itu dan juga meng-upload konten hanya sekitar 3,5 juta orang.

Baca Juga: Google Search Ulang Tahun ke-20, Yuk Coba 7 Fitur Keren Terbarunya!

2. Rata-rata pengguna hanya menggunakan Google+ kurang dari dua detik

Google+ Resmi Ditutup Setelah 7 Tahun karena Beberapa Alasan Utama Inipexels.com/pixabay

Yang lebih mencengangkannya lagi, Google Vice President of Engineering Ben Smith menyatakan kalau setiap sesi yang berjalan di Google+ rata-rata hanya berlangsung kurang dari dua detik. Bayangkan apa yang bisa dilakukan dalam dua detik? Bisa jadi, dua detik itu terjadi karena pengguna tidak sadar kalau mereka sedang masuk ke dalam media sosial Google+.

3. Data pengguna yang bocor

Google+ Resmi Ditutup Setelah 7 Tahun karena Beberapa Alasan Utama Inipexels.com/Tracy Le Bland

Penyebab utama dari ditutupnya media sosial Google+ adalah tenyata karena bocornya data. Jumlah datanya pun tidak main-main, yaitu sekitar 500ribu data pengguna. Lebih parahnya lagi, kebocoran data ini sebenarnya sudah terjadi sejak tiga tahun yang lalu yaitu sejak tahun 2015 namun Google baru mengumumkannya sekarang. Kebocoran ini memungkinkan ratusan aplikasi lainnya untuk mengakses informasi yang berada pada akun pribadi pengguna Google+.

Setelah pengumuman ini, perlahan-lahan Google akan mulai menutup Google+ selama delapan bulan kedepan dan Google+ akan benar-benar tiada pada Agustus 2019. Apakah kamu salah satu orang yang pernah menggunakan Google+? Kalau iya, siap-siap untuk berpisah ya.

Baca Juga: Ternyata 10 Fakta Menarik tentang Google Ini Gak Banyak Orang Tahu

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You