Comscore Tracker

6 Pantai Korea Selatan ini Memiliki Sunrise Festival Saat Tahun Baru

Menikmati matahari pertama di tahun yang baru

Momen pergantian tahun merupakan momen yang selalu dinanti untuk sebagian besar masyarakat dunia. Setiap lokasi yang merayakan momen pergantian tahun inipun saling berlomba-lomba menghadirkan beragam acara untuk memikat pengunjung. Tepat di tengah malam, pesta kembang api dan riuh suara terompet sepertinya adalah pemandangan yang wajib ada.

Tak berbeda jauh, warga Korea Selatan pun juga selalu antusias untuk merayakan momen setahun sekali ini. Hanya saja, kegiatan perayaan sebagian besar berpusat di pantai. Hal ini di karenakan masyarakat Korea Selatan memiliki budaya untuk menyaksikan matahari terbit untuk pertama kalinya di tahun yang baru. Berikut enam titik lokasi pantai yang bisa wisatawan kunjungi jika ingin merasakan momen pergantian tahun di Korea Selatan.

1. Seongsan, Jeju

6 Pantai Korea Selatan ini Memiliki Sunrise Festival Saat Tahun Barudongdong1202.tistory.com

Pulau Jeju seringkali disebut sebagai Balinya Korea. Sebagai lokasi wisata yang sangat populer baik untuk masyarakat lokal maupun wisatawan asing, Jeju seringkali menghadirkan beragam event untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Saat momen pergantian tahun, pantai Seongsan yang terletak di kota Sagwipo adalah lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Selain untuk menyaksikan sunrise, pengunjung juga akan disuguhi beragam pertunjukan berupa parade, kembang api, menikmati kuliner tteokguk, dan lain-lain.

2. Ganjeolgot, Ulsan

6 Pantai Korea Selatan ini Memiliki Sunrise Festival Saat Tahun Baruchulsa.kr

Ingin menikmati sunrise paling awal di daratan utama semenanjung Korea? Maka Ulsan adalah pilihan yang tepat karena terletak di ujung paling timur. Lokasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan adalah pantai Ganjeolgot yang berada di Daeseong-ri, Seosaeng-myeon, Ulju-gun, Ulsan.

Tepat di tengah malam, pengunjung akan disuguhi pesta kembang api yang meriah, menikmati tteokguk, dan lainnya. Disekitar pantai ini juga ada hutan pinus dan pantai berbatu yang bisa dijelajahi. Selain itu ada juga desa Onggi Wigogan yang siap menyambut hangat kehadiran para pengunjung.

3. Homigot, Pohang

6 Pantai Korea Selatan ini Memiliki Sunrise Festival Saat Tahun Barumcst.go.kr

Pantai Homigot yang ada di kota Pohang ini memiliki ciri khas berupa patung tangan menengadah. Dengan ikonnya yang sangat terkenal tersebut, Pantai Homigot selalu menjadi primadona masyarakat Korea Selatan untuk menyambut tahun baru sembari menikmati sunrise.

Sinar matahari terbit dari pantai ini terkenal berwarna keemasan yang sangat cantik untuk diabadikan. Berlatar patung tangan di pantai dan disinari oleh matahari pagi akan menjadikan foto-foto kalian semakin instagramable banget.

Baca Juga: 5 Tempat Berburu Kosmetik Paling Direkomendasikan di Korea Selatan

4. Jeongdongjin, Gangneung

6 Pantai Korea Selatan ini Memiliki Sunrise Festival Saat Tahun Barubrunch.co.kr

Jika membicarakan sunrise pertama di tahun baru, maka Pantai Jeongdongjin tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pantai yang terletak di taman sandglass kota Gangneung, provinsi Gangwon ini adalah salah satu lokasi yang paling populer dikunjungi wisatawan.

Pantai Jeongdongjin memiliki landmark berupa jam pasir raksasa. Uniknya, jam ini pasirnya akan habis jatuh setelah tepat satu tahun. Sehingga, selain menikmati sunrise pengunjung juga banyak yang mengabadikan momen jatuhnya pasir terakhir sekaligus momen pembalikan jam pasir.

5. Gyeongpo, Gangneung

6 Pantai Korea Selatan ini Memiliki Sunrise Festival Saat Tahun Barunews.kbiz.or.kr

Masih di kota Gangneung. Jika kalian merasa Jeongdongjin terlalu ramai, kalian bisa juga berkunjung ke Pantai Gyeongpo yang lokasinya tidak terlalu jauh. Meskipun di pantai ini tidak memiliki landmark jam pasir seperti halnya Jeongdongjin, namun pengunjung tetap akan terpuaskan oleh pesta kembang api maupun beragam program kegiatan dan acara budaya.Te

6. Hyangiram, Yeosu

6 Pantai Korea Selatan ini Memiliki Sunrise Festival Saat Tahun Baruenglish.visitkorea.or.kr

Terletak di Desa Impo dan Hyangiram heritage, kota Yeosu, provinsi Jeolla Selatan, Pantai Hyangiram juga tidak kalah indah untuk menikmati sunrise. Momen sunrise pada 1 Januari 2019 mendatang diperkirakan akan muncul pada pukul 07.36 pagi. Selain itu, di pantai ini juga ada parade lampion, parade musik folk, dan upacara lilin yang bisa diikuti oleh semua pengunjung saat moen pergantian tahun.

Bagaimana? Mau menikmati sunrise dari pantai yang mana nih tahun baru nanti?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Restoran Muslim-friendly Terbaik di Seoul, Korea Selatan

Atavya Photo Community Writer Atavya

I'm the star of my life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You