Comscore Tracker

5 Spot Ngopi di Kota Batu yang Suguhkan Konsep Unik dan Estetik

Karena ngopi bukan hanya soal rasa, tapi juga kenyamanan

Kota Batu sudah lama dikenal sebagai salah satu kota wisata di Jawa Timur. Tak heran jika Kota Batu selalu memunculkan inovasi unik di bidang wisata yang membuatnya tidak pernah bosan untuk dikunjungi.

Wisata kuliner khususnya yang berhubungan dengan tempat kopi menjadi salah satu yang berkembang pesat dalam berinovasi. Keberadaan sederet tempat ngopi ini seakan menjadi alasan baru bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu.

Dari sekian banyak tempat ngopi berkonsep unik nan estetik di Kota Batu, lima di antaranya sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Omah Koempoel

5 Spot Ngopi di Kota Batu yang Suguhkan Konsep Unik dan Estetikpotret Kedai Omah Koempoel (instagram.com/fifi_rachmawati)

Bagi kamu yang menginginkan suasana ngopi bernuansa adat Jawa, Omah Koempoel adalah tempatnya. Omah Koempoel memiliki konsep rumah adat Jawa seperti limasan dan joglo. Maka dari itu sebagian besar bangunan di sini berbahan kayu yang membuatnya tampak natural nan estetik.

Kedai yang berdiri sejak tahun 2016 ini beralamatkan di Jalan Sultan Hasan Halim, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu. Suasananya sangat hommy and cozzy sehingga cocok dijadikan pilihan sebagai tempat berdiskusi, kumpul bareng keluarga, atau hanya sekedar nongkrong bareng temen.

Omah Koempoel menawarkan menu kopi lokal khas Malang Raya yang wajib banget untuk dicoba. Selain itu juga ada minuman mix rempah-rempah serta beberapa pilihan menu cemilan dan makanan berat.

Omah Koempoel buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB sehingga fleksibel untuk dikunjungi kapan saja.

2. Awang-Awang Sky Lounge

5 Spot Ngopi di Kota Batu yang Suguhkan Konsep Unik dan Estetikpotret Awang-Awang Sky Lounge (instagram.com/exploremalang)

Awang-Awang Sky Lounge meruapakan salah satu tempat ngopi kekinian yang berlokasi di Jalan Sultan Agung, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Berkonsep rooftop dengan view Kota Batu 360 derajat, tempat ini pun langsung jadi salah satu tempat nongkrong favorit anak-anak muda.

Fasilitas yang dimiliki Awang-Awang Sky Lounge terbilang cukup lengkap. Bahkan, kafe ini juga menyediakan beberapa spot swafoto yang makin memanjakan pengunjung. Buka dari pukul 12.00 sampai 22.00 WIB, kafe yang tengah hits ini memang tidak pernah sepi dari pengunjung.

Menu yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari minuman, cemilan, hingga makanan berat yang harganya sangat bersahabat di kantong mahasiswa sekalipun. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Cafe Bertema Industrial di Malang, Cozy Banget!

3. D'goendoe Cafe

5 Spot Ngopi di Kota Batu yang Suguhkan Konsep Unik dan Estetikpotret D'Goendoe Cafe (instagram.com/dgoendoecafe)

Bayangkan gimana rasanya ngopi di tengah kebun apel. Suasana seperti itulah yang akan kamu rasakan jika mengunjungi D'goendoe Cafe yang terletak di Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Konsep unik kafe di tengah kebun apel tersebut memang cuma satu satunya di Kota Batu, bahkan mungkin di Indonesia. Tak heran jika D'goendoe Cafe menjadi tempat favorit buat nongkrong bagi banyak kalangan.

Tak hanya keberadaan kebun apel, D'goendoe Cafe juga dikeliling dengan hamparan pegunungan khas Kota Batu serta difasilitasi dengan beberapa pilihan spot nongkrong, spot foto instagramable, dan masih banyak lagi yang tentunya makin membuat pengunjung betah berlama -lama.

Buka setiap hari dari pukul 12.00 hingga 20.00 WIB, D'goendoe Cafe bisa dikatakan tidak pernah sepi dari pengunjung. Ada banyak menu yang ditawarkan, mulai dari milk tea, cappucino, green tea, bakso, ayam geprek, rawon, dan masih banyak lagi. 

4. Retrorika Coffee Bar & Resto

5 Spot Ngopi di Kota Batu yang Suguhkan Konsep Unik dan Estetikpotret Retrorika Coffee Bar and Resto (instagram.com/budalrek)

Retrorika menawarkan konsep kafe dengan nuansa klasik di dalamnya. Setiap sudut kafe ini "menyimpan" beragam aksesoris dan ornamen kuno yang seakan membawa kita ke suasana tempo dulu.

Tak hanya itu, kafe ini juga menerapkan konsep eco-friendly dengan meminimalisir penggunaan bahan yang sulit di daur ulang. Beragam jenis tanaman hias yang ditata sedemikian rupa di beberapa sudutnya juga membuat kafe ini tampak makin estetik.

Retrorika Cafe cukup mudah dijangkau karena lokasinya yang tak jauh dari Alun-alun Kota Batu, tepatnya di Jalan Mutmainah, Desa Bumiaji. Selain menawarkan aneka kopi, Retrorika Cafe juga menyediakan menu camilan dan makanan berat yang berkisar di harga mulai dari Rp8 ribu hingga Rp30 ribu saja.

5. Cafe Djoeragan

5 Spot Ngopi di Kota Batu yang Suguhkan Konsep Unik dan Estetikpotret Cafe Djoeragan (instagram.com/cafedjoeragan.id)

Meski baru diresmikan tahun 2020 kemarin, Cafe Djoeragan ternyata sudah menjadi tempat nongkrong favorit bagi banyak kalangan. Kafe yang terletak di Desa Sidomulyo, Kota Batu, ini mengusung dua nuansa, yaitu indoor dan outdoor.

Arsitektur yang didominasi dengan penggunaan kayu dan bambu membuat Cafe Djoeragan memiliki kesan natural yang kental. Pemandangan di sekitar kafe yang begitu indah khas pegunungan pun tentunya menjadikan ngopi time kamu jadi makin berkesan.

Berbicara soal menu, Cafe Djoeragan memiliki beragam sajian yang siap manjakan lidah setiap pengunjung yang datang. Mulai dari aneka kopi, teh, coklat, camilan hingga makanan berat. Untuk urusan harga, kafe yang buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam ini terbilang sangat terjangkau, mulai dari Rp4 ribu hingga Rp30 ribu saja, lho!

Selain jadi spot ngopi terfavorit, sederet rekomendasi kafe tersebtu juga sangat dekat dengan berbagai destinasi wisata yang ada di Kota Batu, lho! Jadi, kafe mana, nih, yang bakal kamu kunjungi ketika mampir di Kota Batu?

Baca Juga: 5 Penginapan di Kota Batu dengan Pemandangan Alam Menakjubkan

Hendra Nugroho Photo Verified Writer Hendra Nugroho

Ciao!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya