Comscore Tracker

5 Pantai Pasir Putih di Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Healing

Pemandangannya bikin hati adem!

Banyak orang bilang, berlibur ke Sumatra Utara gak akan afdal kalau kamu belum menginjakkan kaki di Danau Toba. Gak bisa dimungkiri, Danau Toba memang luar biasa. Saking memesonanya sampai membuat kita selalu ingin kembali.

Namun, pesona Danau Toba gak cuma berhenti di danaunya saja. Selain danau, tempat ini juga memiliki beberapa pantai pasir putih yang cantik. Healing di sini bakal menenangkan banget, deh.

1. Pantai Parbaba 

5 Pantai Pasir Putih di Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Healinggambar pemandangan Pantai Parbaba (instagram.com/fredyadventures)

Pantai Parbaba menjadi destinasi pertama yang harus kamu kunjungi begitu selesai memandangi indahnya Danau Toba. Berbeda dengan mayoritas pantai yang terik dan panas, suhu di pantai ini sangat sejuk.

Kamu juga akan disuguhi pemandangan perbukitan khas Toba dan Gunung Pusuk Buhit. Fasilitas di pantai ini juga juara, mulai dari toilet, restoran, tenda untuk bersantai, hingga vila untuk menginap. Belum lagi berbagai permainan seru yang bisa kamu coba, seperti banana boat dan jet ski.

Lokasi: Parbaba Dolok, Pangururan, Samosir, Sumatra Utara

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp5.000

2. Pantai Sigurgur 

5 Pantai Pasir Putih di Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Healinggambar pemandangan di Pantai Sigurgur (instagram.com/pantai_sigurgur)

Kamu yang suka hunting tempat estetik untuk Instagram wajib menyambangi pantai satu ini. Terletak di salah satu sisi Pulau Samosir, Pantai Sigurgur terkenal dengan berbagai spot keren untuk foto.

Di pantai ini, kamu bisa mencoba beberapa wahana permainan air yang sudah disediakan oleh pengelola, seperti jet ski atau berkeliling dengan perahu. Untuk menutup kunjunganmu, kamu bisa menyaksikan sunset yang spektakuler dari bibir pantai.

Lokasi: Desa Simarmata, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-22.00 WIB

Harga: gratis

3. Pantai Batu Hoda 

5 Pantai Pasir Putih di Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Healinggambar pemandangan di Pantai Batu Hoda (instagram.com/wonderlaketoba)

Pantai Batu Hoda terkenal dengan pemandangannya yang masih asri. Meski fasilitasnya lengkap, pihak pengelola ingin pengunjung yang datang tetap dekat dengan alam.

Nama Pantai Batu Hoda sendiri diambil dari sebuah patung kuda yang ada di salah satu sisi pantai. Konon, batu itu dulunya adalah seekor kuda betina yang bersikeras menunggu kuda jantan pasangannya. Namun, karena terlalu lama menunggu, kuda betina ini akhirnya berubah menjadi batu.

Kisah ini membuat Pantai Batu Hoda dianggap sebagai simbol kesetiaan. Banyak pengunjung menyatakan cinta kepada orang yang disukainya di pantai ini. Bahkan, gak sedikit dari mereka melamar kekasihnya di depan patung kuda betina. 

Lokasi: Desa Cinta Dame, Simanindo, Samosir, Sumatra Utara

Jam operasional: setiap hari pukul 09.30-18.00 WIB

Harga: Rp20.000

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Danau Toba, Danau Purba Raksasa di Sumatera Utara

4. Pantai Lumban Bulbul 

5 Pantai Pasir Putih di Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Healinggambar pemandangan di Pantai Lumban Bulbul (instagram.com/iwanvanwilan)

Kalau Pantai Sigurgur cocok buat anak muda, Pantai Lumban Bulbul lebih cocok untuk keluarga dan anak-anak. Dibandingkan dengan pantai lain, wilayah bibir pantai cukup dangkal, sehingga anak-anak bisa berenang bersama orangtua dengan menyewa pelampung.

Gak cukup sampai di situ, Pantai Lumban Bulbul juga menyediakan beberapa permainan anak, seperti jungkir-jungkit, ayunan, dan seluncuran agar anak-anak merasa betah. Sedangkan untuk pengunjung dewasa, mereka bisa berenang, berkeliling dengan kano, dan menyaksikan sunset.

Lokasi: Desa Lumban Bul-Bul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp5.000

5. Pantai Bebas Prapat 

5 Pantai Pasir Putih di Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Healinggambar pemandangan di Pantai Bebas Prapat (instagram.com/itdp.p3dp)

Sesuai namanya, pantai satu ini berada di Prapat, tepatnya di salah satu sisi jalur lintas Sumatra. Selain jadi tempat untuk bermain pasir, Pantai Bebas Prapat juga sering dijadikan tempat untuk pagelaran seni dan berbagai festival.

Sama seperti pantai lain di sekitarnya, kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan Danau Toba dan perbukitannya yang hijau.

Lokasi: Jalan Siantar, Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: gratis

Kamu sejak tadi mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa ada pantai di sekitar danau? Berbeda dengan pantai lainnya yang berbatasan dengan laut, pantai di sini merupakan pantai air tawar karena berbatasan langsung dengan Danau Toba. Pinggiran danau yang dipenuhi dengan pasir putih membuatnya jadi mirip dengan pantai.

Kamu memang gak bisa melihat lautan sepanjang mata memandang. Namun, sebagai gantinya, kamu akan menyaksikan pemandangan berupa Danau Toba yang biru dengan perbukitan hijau dan sunset yang sempurna.

Baca Juga: 9 Wisata Air Terjun di Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Healing

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya