Comscore Tracker

5 Wisata Hutan Kera di Indonesia, Surganya Pencinta Hewan!

Tenang, kera-kera di sini sudah jinak, kok

Selain identik dengan pepohonan besar, lebat, dan tua, hutan juga dikenal melalui penghuninya. Bukan hantu, banyak hewan yang tinggal di hutan, salah satunya adalah kera.

Mengingat memiliki hutan cukup luas, gak heran kalau Indonesia punya banyak spesies kera. Namun, kamu gak harus masuk hutan kalau mau melihat kera. Pasalnya, di Indonesia ada beberapa hutan kera yang sudah disulap jadi destinasi wisata.

Salah satunya di Bali, berikut beberapa rekomendasi wisata hutan kera di Indonesia buat kamu pencinta hewan dengan pemandangan menakjubkan. Berani ke sini gak, nih?

1. Alas Kedaton Monkey Forest, Bali 

5 Wisata Hutan Kera di Indonesia, Surganya Pencinta Hewan!gambar kera di Alas Kedaton Monkey Forest Bali (instagram.com/utkarash516)

Alas Kedaton sebenarnya sebuah hutan seluas 10 hektare. Sebagian wilayah hutan disulap menjadi wisata sekaligus rumah bagi 2.000 ekor kera. Di bagian dalam ada Pura Dalem Kahyangan yang berasal dari zaman megalitikum.

Meski Alas Kedaton Monkey Forest menyenangkan dikunjungi kapan pun, tetapi waktu terbaik untuk berkunjung ke sini saat hari Selasa, 20 hari setelah Hari Raya Galungan. Di waktu tersebut, kamu bisa menyaksikan Upacara Ngerebeg, di mana warga setempat akan membawa aneka sesajen ke Pura Dalem Kahyangan dan melakukan sembahyang.

Lokasi: Jalan Raya Alas Kedaton, Kukuh, Tabanan, Tabanan, Bali, Indonesia

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WITA

Harga: Rp20.000-30.000

2. Punti Kayu, Palembang 

5 Wisata Hutan Kera di Indonesia, Surganya Pencinta Hewan!gambar pemandangan di Punti Kayu (instagram.com/man6ofloat)

Berada di tengah kota, Punti Kayu salah satu tempat wisata favorit warga Palembang. Gak seperti Alas Kedaton yang hanya memiliki monkey forest, di Punti Kayu, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru.

Mulai dari berkemah, menikmati wahana, menaiki jembatan gantung, melihat replika landmark dunia, sampai bersantai di hutan pinus, semua sangat seru dilakukan. Gak ketinggalan, kamu juga bisa melihat berbagai jenis hewan, seperti kera ekor panjang yang bergelantungan di antara pepohonan.

Lokasi: Jalan Kol. Burlian KM 6,5, Karya Baru, Alang-Alang Lebar, Palembang, Sumatra Selatan

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB

Harga: Rp20.000-30.000

3. Wisata Kera Plangon, Cirebon 

5 Wisata Hutan Kera di Indonesia, Surganya Pencinta Hewan!ilustrasi kera di Wisata Kera Plangon (unsplash.com/Jamie Haughton)

Kalau Palembang atau Bali terlalu jauh, kamu bisa berkunjung ke Cirebon. Di kota ini terdapat taman bernama Wisata Kera Plangon. Menariknya, meski kelihatannya banyak, tetapi jumlah kera di sini gak pernah lebih dari 99 ekor.

Selain bermain bersama kawanan kera, di sini, kamu juga akan menemukan dua makam. Keduanya adalah makam pangeran Kesultanan Cirebon di masa lalu. Makanya gak heran kalau di hari-hari tertentu makam ini bukan hanya dipadati turis, tetapi juga para peziarah.

Lokasi: Jalan Pangeran Cakrabuana, Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon,Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp3.000

Baca Juga: 10 Hutan Wisata Paling Instagramable di Indonesia, Pernah ke Sini?

4. Wisata Hutan Kera Nepa, Jawa Timur 

5 Wisata Hutan Kera di Indonesia, Surganya Pencinta Hewan!gambar seekor kera di Wisata Hutan Kera Nepa (instagram.com/kennethc__)

Gak mau kalah dari wilayah lain, Jawa Timur juga memiliki wisata hutan kera. Namanya Wisata Hutan Kera Nepa. Berlokasi di Desa Nepa, Kabupaten Sampang, wisata hutan kera ini merupakan salah satu destinasi favorit warga Jawa Timur.

Selain menyapa kera-kera lucu, kamu juga akan disuguhi pemandangan hutan indah dan memanjakan mata. Kamu juga boleh berinteraksi dengan kera-kera ini dengan memberi mereka makan berupa jagung mentah yang sudah tua.

Lokasi: Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-19.00 WIB

Harga: Rp3.000

5. Sangeh Monkey Forest, Bali 

5 Wisata Hutan Kera di Indonesia, Surganya Pencinta Hewan!gambar pura yang ada di Sangeh Monkey Forest di Bali (instagram.com/sudarma_55)

Di antara wisata hutan kera lainnya, Sangeh Monkey Forest di Bali jadi yang paling terkenal di kalangan wisatawan. Terdapat 600 ekor kera tinggal di Sangeh Monkey Forest. Mayoritas adalah spesies kera abu-abu.

Meski cukup banyak, kera-kera di sini cukup jinak bahkan bisa diajak berfoto bersama para pengunjung. Masyarakat Bali menganggap Sangeh Monkey Forest sebagai tempat suci, apalagi di bagian dalam hutan terdapat sebuah pura dari abad ke 17 yang masih digunakan hingga sekarang.

Lokasi: Jalan Brahmana, Sangeh, Abiansemal, Badung, Bali, Indonesia

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WITA

Harga: Rp10.000

Berkunjung ke wisata alam seperti pantai, air terjun, atau danau tentu sudah biasa. Namun, kalau berkunjung ke hutan dan berinteraksi langsung dengan kera-kera di dalamnya, tentu menghadirkan sensasi unik tersendiri. Wisata hutan kera mana yang pengin kamu kunjungi?

Baca Juga: 5 Wisata Hutan di Jawa Timur, Ada yang Terkenal Angker!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya