Comscore Tracker

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai Penerbangan

Terbang hemat, liburan makin semangat…

Sebentar lagi tanggal merah berdatangan. Gak ada salahnya kamu rencanakan liburan dari sekarang. Nah, demi bisa liburan yang ramah di kantong, tentu kamu harus berburu tiket pesawat yang murah meriah. Untuk mendapatkannya, kamu harus tahu triknya. Gimana caranya? Berikut ini fakta-fakta yang harus kamu tahu sebelum beli tiket pesawat demi liburan yang murah meriah. 

1. Hari Minggu biasanya merupakan hari di mana harga tiket paling mahal.

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber Gambar: sinologyinstitute.com

Tiket penerbangan paling mahal adalah biasanya jatuh pada hari Jumat dan Minggu. Jika memang memungkinkan, hindarilah terbang di hari tersebut untuk mendapatkan harga terbaik.

2. Harga tiket akan berubah hingga tiga kali dalam sehari.

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber gambar: allergicliving.com

Tingkat terisinya kursi pesawat hingga banyaknya orang yang mengunjungi website maskapai untuk mengecek harga akan mempengaruhi harga tiket pesawat. Tidak heran saat pagi dan sore hari harga tiket akan mengalami perubahan.

3. Silahkan subscribe website dengan email-mu untuk mendapat penawaran harga terbaik.

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber gambar: wikihow.com

Saat kamu mengunjungi website maskapai biasanya akan ada penawaran untuk melanggankan email kamu. Kesempatan ini bisa kamu ambil karena maskapai akan memberikan reminder saat harga promo akan dibuka.

4. Penawaran diskon terbesar biasanya ada di hari Senin atau Selasa.

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber gambar: nerdwallet.com

Biasanya tiap maskapai akan mulai mengumumkan penawaran harga terbaik saat hari Senin sore hingga Selasa. Kamu bisa mulai mencari dan memesan tiket di waktu paling tepat pada saat ini.

5. Hari terbaik untuk membeli tiket adalah di hari Selasa dan Rabu.

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber Gambar: qz.com

Karena maskapai mulai mengumumkan harga tiket promo di hari Senin sore, maskapai lain biasanya akan mulai berlomba-lomba untuk memberikan penawaran pula. Hal ini juga dibuktikan dari penelitian Expedia bahwa harga tiket di hari selasa bisa turun hingga 28 dolar AS dibanding hari lainnya.

Baca juga: Sebelum Usiamu Mencapai 30 Tahun, Cewek Perlu Melakukan Solo Traveling karena 11 Alasan Ini

6. Jangan pernah memesan tiket di minggu yang sama dengan hari kamu terbang!

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber gambar: chickabouttown.com

Memesan tiket di minggu yang sama dengan waktu keberangkatan adalah kesalahan terbesar. Harga tiket akan berada di level tertingginya di waktu ini.

7. Waktu terbaik untuk membeli tiket adalah 6 hingga 8 minggu sebelum keberangkatan.

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber Gambar: cheapair.com
Dikutip dari cheapair.com, memesan tiket yang paling tepat adalah adalah 42 hingga 50 hari sebelum keberangkatan. Memesan terlalu jauh hari juga tidak sebaiknya dilakukan karena kemungkinan akan ada promo lainnya di kemudian hari yang justru malah membuat kamu menyesal.

Memesan satu hingga dua bulan sebelumnya disebut-sebut sebagai “prime booking window”. Memesan di waktu ini, selain tidak terlalu jauh dari rencana liburan juga tidak terlalu dekat yang harganya akan meningkat.

8. Namun jika kamu berencana melakukan traveling saat musim liburan, bisa terjadi beberapa pengecualian ya. 

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber Gambar: popsugar.com
Jika memang kamu merencanakan liburan pada masa libur sekolah atau akhir tahun, kamu bisa mulai mengecek dari jauh hari sehingga kamu bisa melakukan komparasi, terutama saat tiba-tiba ada promo dari maskapai. Kamu juga bisa memperbanyak referensi untuk tujuan liburan kamu, maskapai apa dan di bulan apa biasanya mereka menawarkan promo perjalanan.

9. Pertimbangkan bandara lain yang ada di kota tersebut.

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber Gambar: serendipitylabs.com

Suatu kota atau negara yang kamu kunjungi memiliki beberapa pilihan bandara. Karena terkadang harganya berbeda cukup jauh antara satu bandara dengan bandara lainnya. 

10. Saat mencari dan membeli tiket secara online, buka website dalam mode “incognito”.

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber Gambar: wikihow.com
Harga tiket online akan meningkat seiring traffic yang tinggi dari situs tersebut. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengecek situs website tersebut dalam mode incognito. Dengan cara itu, kamu seperti mengunjungi website tersebut secara sembunyi dan “tidak ketahuan”. Dengan begitu traffic yang mengunjungi website tersebut tidak akan terlihat ramai sehingga harga juga diharapkan tidak akan meningkat signifikan. 

11. Kamu ingin sekali melakukan traveling namun budget yang dimiliki sangat minim? WWOOF bisa menjadi pilihan alternatif.

11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai PenerbanganSumber Gambar: wwoof.ee
World Wide Opportunities on Organic Farms atau biasa disebut WWOOF adalah sebuah organisasi yang dapat memberikan kita akomodasi tempat tinggal kita selama di luar negeri dan itu semua FREE alias gratis! Kok, bisa?

Hal ini karena timbal balik yang harus kita lakukan adalah kita melakukan kegiatan volunteer di bidang pertanian organik. Pada dasarnya, selain mendapat tempat tinggal gratis, kita juga mendapat ilmu di bidang pertanian organik, kan? 

Jadi, sudah siap untuk terbang hemat untuk traveling bersama teman, keluarga atau sahabat terdekat? Jangan lupa oleh-olehnya untuk IDNtimes sepulang traveling ya! :)

Baca juga : Khusus Kamu yang Cinta Traveling, Kamu Kudu Mengambil Pekerjaan Ini Supaya Tetap Bisa Jalan-jalan​

Line IDN Times

Topic:

Just For You