Comscore Tracker

Info Wisata Museum Cokelat Monggo Yogyakarta: Lokasi, Rute, dan Tips

Opsi wisata kuliner yang edukatif di kota pelajar #LokalIDN

Selain menjadi rumah bagi bakpia dan gudeg, di Yogyakarta juga terdapat lokasi produksi cokelat lokal bernama Museum Cokelat Monggo. Bukan museum biasa, tempat wisata edukasi satu ini terdiri dari kedai, museum, dan pabrik yang berfokus pada produk cokelat.

Selain menyuguhkan berbagai jenis produk cokelat, Museum Cokelat Monggo juga menawarkan beberapa aktivitas tur museum yang edukatif dan seru untuk dicoba. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan biaya

Info Wisata Museum Cokelat Monggo Yogyakarta: Lokasi, Rute, dan TipsMuseum Cokelat Monggo (Google Maps/Chocolate Monggo Museum Factory)

Lokasi: Jl. Tugu Gentong RT. 03 Sribitan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55184 Indonesia

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-18.00 WIB

Harga tiket: mulai dari Rp10.000 tergantung aktivitas tur

Harga cokelat: mulai dari Rp15.000 tergantung jenis produk

2. Rute menuju Museum Cokelat Monggo

Info Wisata Museum Cokelat Monggo Yogyakarta: Lokasi, Rute, dan TipsMuseum Cokelat Monggo (Google Maps/Chocolate Monggo Museum Factory)

Berlokasi cukup jauh dari pusat kota, rute menuju Museum Cokelat Monggo dari Titik Nol Kilometer Jogja memerlukan waktu sekitar 30 menit. Dengan jarak sekitar 12 km, perjalanan bisa ditempuh menggunakan transportasi online maupun kendaraan pribadi.

Dari Titik Nol Km, kamu bisa melewati rute Jalan Wates Ringroad Barat – Jalan Nasional III – Jalan Bangunjiwo hingga menemukan penunjuk arah menuju Museum Cokelat Monggo. Jika berangkat dari Monumen Tugu Jogja, rute dari Jalan Margo Utomo menuju Jalan Ringroad Barat bisa menjadi alternatif.

Baca Juga: 7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum Virtual

3. Fasilitas yang ada di Museum Cokelat Monggo

Info Wisata Museum Cokelat Monggo Yogyakarta: Lokasi, Rute, dan TipsMuseum Cokelat Monggo (Google Maps/Chocolate Monggo Museum Factory)

Meskipun produk Cokelat Monggo sudah ada sejak 2005, museum ini baru berdiri pada tahun 2017. Walau belum cukup lama didirikan, Museum Cokelat Monggo telah dilengkapi berbagai fasilitas sekaligus dalam satu area yang cukup luas.

Di area museum, terdapat beragam gambar dan infografik edukatif seputar cokelat yang dipajang dengan menarik di sepanjang dinding. Selain museum, di tempat ini terdapat kafe dan toko yang menyuguhkan berbagai hidangan dan produk cokelat lokal. Yang menarik, di area belakang bangunan juga terdapat pabrik untuk para pengunjung melihat langsung proses pembuatan cokelat.

4. Aktivitas yang bisa dilakukan di Museum Cokelat Monggo

Museum Cokelat Monggo menawarkan dua aktivitas tur museum yang dapat dipilih pengunjung, yaitu Chocolate Making Experience (membuat cokelat) dan Chocolate Tasting Experience (mencicipi aneka cokelat). Untuk pengalaman yang lebih asik, kamu bisa memilih kedua paket Creating & Tasting Experience secara sekaligus.

Pada aktivitas yang pertama, peserta akan diajak untuk membuat cokelat sendiri sesuai versi dan kreasi masing-masing. Sedangkan di aktivitas yang kedua, pengunjung akan diajak untuk mencicipi berbagai bahan baku cokelat dan minuman dengan persentase kakao yang berbeda-beda.

Selain kedua jenis aktivitas yang ditawarkan, kamu juga bisa mempelajari sejarah dan fakta tentang cokelat serta melihat langsung proses produksi cokelat di pabrik museum. Untuk yang ingin sekedar bersantai, kamu bisa berfoto di berbagai spot foto menarik sambil menikmati berbagai sajian menu dan pilihan cokelat dari kedai serta toko yang tersedia.

5. Tips berkunjung ke Museum Cokelat Monggo

Info Wisata Museum Cokelat Monggo Yogyakarta: Lokasi, Rute, dan TipsMuseum Cokelat Monggo (Google Maps/Chocolate Monggo Museum Factory)

Agar kunjunganmu lebih aman dan menyenangkan, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut:

  1. Karena belum bisa diakses langsung oleh transportasi umum, kamu bisa naik Trans Jogja dan berhenti di Halte Jalan Bibis Raya atau di Halte Jalan Wates Gamping, lalu melanjutkan dengan ojek atau transportasi online.
  2. Untuk kunjungan bersama rombongan dengan banyak orang, sebaiknya lakukan reservasi terlebih dahulu.
  3. Siapkan uang lebih jika ingin membeli varian cokelat sebagai oleh-oleh.
  4. Upayakan datang di hari biasa untuk menghindari keramaian di akhir pekan.
  5. Selalu taati standar dan protokol kesehatan yang berlaku.

Untuk penggemar cokelat yang ingin mencoba pengalaman baru sembari menambah wawasan, spot satu ini wajib untuk kamu kunjungi. Yuk, jelajahi manisnya sejarah cokelat lokal Indonesia di Museum Cokelat Monggo!

Baca Juga: 5 Ide Jajanan dari Pisang Cokelat, Gak Perlu Pakai Oven!

Nurul M Photo Verified Writer Nurul M

Berusaha menulis sesuai fakta. Mohon maaf jika terdapat misinformasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya