Comscore Tracker

8 Fakta Indahnya Pantai Nampu, Wisata Tersembunyi di Wonogiri

Yang mudik ke Wonogiri belum tentu tahu pantai ini nih

Indonesia ini memang hampir tidak bisa kehabisan pesona pantainya, apalagi di wilayah pesisir Jawa. Bahkan, gak sedikit ada pantai yang tersembunyi tapi indahnya bikin kita mau kembali lagi. Seperti Pantai Nampu yang terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Bagi yang berkampung halaman di Wonogiri pasti agak kaget begitu tahu kalau Wonogiri punya pantai. Tidak heran sih karena Wonogiri itu letaknya di dataran tinggi. Objek wisatanya pun tak jauh-jauh dari gunung, seperti air terjun atau waduk Gajah Mungkur. Kalau mau ke pantai pun biasanya akan pergi ke Pacitan, Jawa Timur.

Penasaran sebagus apa sih Pantai Nampu?

1. Perpaduan laut dan tebing

8 Fakta Indahnya Pantai Nampu, Wisata Tersembunyi di WonogiriIDN Times/Rahardian Shandy

Suasana di Pantai Nampu ini gak jauh berbeda dengan pantai di pesisir Yogyakarta yang penuh dengan tebing. Wajar memang karena Wonogiri itu berada di dataran tinggi. Jadi, untuk bisa menjangkau bibir pantai kita perlu menuruni puluhan anak tangga lebih dulu.

Kita juga bsia kok menikmati suasana pantai dari ketinggian. Karena ada beberapa warung di bagian atas yang bisa kita singgahi sebelum turun bermain air.

2. Pasir putih yang lembut

8 Fakta Indahnya Pantai Nampu, Wisata Tersembunyi di WonogiriIDN Times/Rahardian Shandy

Selain indah karena pemandangannya, pantai Nampu ini juga punya pasir putih yang lembut lho. Selain itu, di sini pantainya bersih karena jarang ada sampah. Wajar sih karena letak pantainya yang lumayan jauh dan agak sulit dijangkau. Nanti untuk rutenya kita bahas di bawah, ya!

3. Ombak laut yang gak terlalu besar

8 Fakta Indahnya Pantai Nampu, Wisata Tersembunyi di WonogiriIDN Times/Rahardian Shandy

Kebetulan saat penulis berkunjung ke sana cuaca sedang mendung dan sempat diguyur hujan. Tapi kondisi laut atau ombak di pantai ini cukup stabil dan gak terlalu besar. Bahkan, masih banyak anak-anak yang berenang di bibir pantai.

4. Gugusan batu karang yang menawan

8 Fakta Indahnya Pantai Nampu, Wisata Tersembunyi di WonogiriIDN Times/Rahardian Shandy

Di pantai ini kita bisa temukan banyak spot foto. Cocok buat kamu yang suka hunting foto. Salah satunya di sudut kanan pantai ini yang terdapat bebatuan karang. Tapi, tetap harus berhati-hati ya. Usahakan tetap gunakan alas kaki saat hunting foto karena di beberapa bebatuan dijadikan tempat tinggal bagi kepiting.

Baca Juga: Keindahan 5 Wisata Alam di Wonogiri Ini Bikin Malas Pulang, Nyenengin!

5. Batu-batu besar yang bagus jadi tempat foto

8 Fakta Indahnya Pantai Nampu, Wisata Tersembunyi di WonogiriIDN TImes/Rahardian Shandy

Masih di sudut yang sama dengan bebatuan karang, kamu bisa berselfie di antara bebatuan besar. Pasti hasilnya bagus kalau berfoto dengan latar bebatuan besar. Spot ini juga cocok sepertinya untuk foto prewedd nih.

6. Imbauan penting!

8 Fakta Indahnya Pantai Nampu, Wisata Tersembunyi di WonogiriIDN Times/Rahardian Shandy

Dan ini salah satu imbauan penting yang paling menarik perhatian! Jadi, ke mana pun kamu pergi jangan pernah buang sampah sembarangan ya! Lagi pula, salah satu hal yang bikin Pantai Nampu ini indah karena hampir gak ada sampah yang berserakan lho.

7. Tiket masuknya murah meriah

8 Fakta Indahnya Pantai Nampu, Wisata Tersembunyi di WonogiriInstagram/Discovery Wonogiri

Untuk masuk ke Pantai Nampu ini cukup murah. Per orang hanya dikenakan tiket Rp2.000,-, kemudian untuk parkir motor Rp2.000,- dan mobil Rp5.000,-. Harga tiket masih murah karena memang masih dikelola oleh warga setempat. Dan walaupun murah, jangan khawatir soal fasilitas umum karena di sini terdapat banyak toilet dan mushola juga.

8. Rute ke Pantai Nampu

8 Fakta Indahnya Pantai Nampu, Wisata Tersembunyi di WonogiriIDN Times/Rahardian Shandy

Untuk bisa menjangkau Pantai Nampu ini bisa terbilang cukup jauh karena harus keluar masuk desa. Selain itu, untuk menuju ke sini hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi karena memang akses jalannya yang sempit. Tapi jangan khawatir, karena seluruh jalannya sudah diaspal.

Selain itu, selalu ada pemuda-pemudi sekitar yang berjaga di setiap tikungan tajam maupun tanjakan curam. Jadi, usahakan untuk menyediakan banyak urang receh di mobil sebagai bentuk sumbangan, ya!

Nah, untuk rute, kalau dari Solo ambil arah menuju Kabupaten Wonogiri, lalu mengarah ke Baturetno atau bisa juga melalui jalur Pracimantoro. Kemudian jalan terus menuju perempatan Giribelah. Dari sana, jarak ke Pantai Nampu sekitar 25 kilometer. Tinggal ikuti jalan terus dan kamu akan melalui banyak desa sampai tiba di Pantai Nampu.

Sebetulnya rutenya tak terlalu sulit karena kita bisa melihat Pantai Nampu dari petunjuk jalan. Karena penulis pun baru memutuskan pergi ke pantai ini setelah melihat dari petunjuk jalan.

Jadi, sekarang sudah tahu 'kan kalau Wonogiri punya pantai yang bagus? Yuk, masukin list liburan atau masukan list kunjungan saat mudik!

Baca Juga: 7 Pantai Paling Hits di Situbondo yang Cocok untuk Liburanmu

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You