Comscore Tracker

8 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan Liburan

#HaloJatim Gak cukup seminggu nih!

Jawa Timur memang merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia. Bahkan provinsi ini juga dikenal karena banyaknya kebudayaan, adat istiadat, hingga keindahan alamnya yang dapat membuat siapa pun kagum melihatnya.

Bagi kamu yang lagi bingung mau menghabiskan waktu liburan di mana, berikut ini beberapa destinasi wisata di Jawa Timur yang bakal bikin kamu ketagihan untuk kembali.

1. Gunung Meranti Banyuwangi

8 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan Liburanbisadibuka.blogspot.com

Pendakian baru yang berlokasi dekat dengan Gunung Raung dan Kawah Ijen ini membuat gunung ini memiliki keindahan alam yang masih alami. Namun di balik keindahannya, gunung ini masih jarang dijamah oleh pengunjung lho. Jadi buat kamu yang suka mendaki gunung, mungkin Gunung Meranti ini bisa dijadikan list pendakian selanjutnya.

2. Embung Estumulyo Nganjuk

8 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan LiburanDokumen pribadi

Embung adalah penampungan air hujan yang digunakan pada saat musim kemarau untuk tujuan imigrasi dan air bersih. Embung estumulyo ini berlokasi di Desa Bulurejo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

Tidak banyaknya pengunjung juga membuat keindahan alamnya masih terlihat alami. Untuk masuk ke lokasi ini tidak ada pungutan biaya, alias gratis. Meskipun gratis, namun keindahan alamnya juga tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya.

Baca Juga: Ini lho, 6 Suku Asli yang Akan Membuatmu Bangga Sebagai Wong Jatim!

3. Coban Talun Batu, Malang

8 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan Liburanbackpackerjakarta.com

Coban artinya adalah air terjun. Coban Talun merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang hits di Batu, Malang. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat tempat wisata ini menjadi populer.

Coban Talun ini berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Selain air terjunnya yang indah, pengunjung juga akan disuguhkan dengan objek wisata lainnya berupa pemandangan pegunungan di sisi barat Gunung Arjuno, wisata apel dan tanaman hias, serta adanya akomodasi berupa penginapan dan kuliner.

Untuk tiket masuk, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000/orang (belum termasuk biaya wahana/spot foto). Sedangkan untuk biaya wahana, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000/wahana.

4. Papuma Beach Jember

8 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan LiburanDok. pribadi

Papuma Beach merupakan pantai populer yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Pantai ini berlokasi di Jember, Jawa Timur. Papuma sendiri berasal dari singkatan "Pasir Putih Malikan".

Pantai ini memiliki perbukitan dan karang yang terkikis secara alami karena ombak air laut di bibir pantai. Pantai ini juga cocok untuk dijadikan lokasi outbond atau berkemah. Untuk akses lokasi menuju pantai Papuma sudah cukup mudah karena didukung oleh oleh infrastruktur jalan yang memadai.

5. House of Sampoerna Surabaya

8 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan LiburanDokumen Pribadi

Bagi kamu yang ingin menjelajahi Kota Pahlawan secara gratis, ada baiknya untuk berkunjung ke House of Sampoerna Surabaya. Selain dapat mengetahui sejarah Kretek Indonesia, para pengunjung juga dapat berkeliling Surabaya layaknya tour dengan disediakannya bus dan pemandu yang menjelaskan tempat-tempat yang dilewati.

Pengunjung juga dapat menikmati cafe yang menyuguhkan berbagai kopi dari Indonesia, art galeri, pembelian souvenir, dan spot-spot foto yang kece serta instagramable.

6. Pantai Pathok Gebang Tulungagung

8 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan Liburanilhamridhwan.blogspot.com

Pantai yang terkenal dengan shower alaminya ini memang mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawannya. Pantai ini berlokasi di kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini juga berdekatan dengan Pantai Sanggar dan Pantai Ngalur.

Lokasinya yang masih tersembunyi menjadikan pantai ini dikategorikan sebagai pantai yang masih perawan di Tulungagung. Keindahan pantai yang masih asri dan alami membuat pantai ini wajib untuk dikunjungi.

Dan lokasinya yang masih sulit dijangkau membuat pantai ini cocok untuk para pecinta petualangan. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk retribusi.

7. Pantai Sanggar Tulungagung

8 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan Liburanjejakpiknik.com

Pantai yang masih sunyi dan menawan juga ada dalam Pantai Sanggar. Pantai ini merupakan pantai yang masih alami, bersih, dan menyajikan panorama berupa hamparan pasir putih, deburan ombak pantai, dan angin yang berhembus mampu menyejukkan para wisatawan.

Pantai ini berlokasi di kecamatan Tanggung Gunung, kabupaten Tulungagung. Lokasi pantai ini juga tidak jauh dengan Pantai Pathok Gebang. Meskipun aksesnya yang sulit, namun indahnya pemandangan pantai Sanggar mampu membayar semua kelelahan selama perjalanan.

8. Pantai Ngalur Tulungagung

8 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan Liburanbakpia mutiara jogja

Sama seperti Pantai Sanggar dan Pantai Pathok Gebang, ada satu lagi pantai tersembunyi yang wajib kamu kunjungi di Tulungagung. Pantai Ngalur ini menyuguhkan pesona pantai yang masih alami.

Pengunjung yang datang ke pantai ini juga belum terlalu banyak. Hal ini dikarenakan aksesnya yang masih sulit serta pengunjung harus trekking melewati perbukitan. Belum adanya fasilitas yang menunjang membuat pantai ini dapat dikategorikan sebagai pantai yang masih perawan.

Jadi, mau ke mana dulu nih buat liburan weekend nanti?

Baca Juga: Ini lho, 5 Wisata Petik Buah Paling Asik di Jawa Timur

Sasmita Photo Writer Sasmita

Hanya ikan kecil yang masih hidup di kolam yang kecil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya